Cara Membuat Google Form di HP & Melihat Hasilnya, Bisa Bikin Kuis!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 15 Oktober 2020, 07:00
Cara membuat Google Form di HP tanpa ribet? Gampang kok! Simak cara buat forms Google selengkapnya di sini. Bisa bikin kuesioner dan kuis ulangan di HP!

Cara membuat Google Form di HP iPhone ataupun Android kini semakin banyak dicari oleh berbagai kalangan. Seperti misalnya mahasiswa hingga pekerja kantoran karena fungsinya yang memang sangat membantu.

Kamu nggak perlu lagi membuat sampel penelitian khususnya kuesioner di kertas dan membagikannya langsung ke orang-orang. Karena dengan Google Form semuanya bisa dilakukan lewat smartphone ataupun laptop.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membuat soal di Google Form ini nih, geng. Kamu termasuk salah satunya?

Kalau gitu, mending kamu langsung saja simak pembahasan Jaka tentang cara membuat Google Form di HP selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Formulir Google Form di HP iPhone/Android

Sebelumnya, Jaka sudah pernah membahas cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Praktis melalui komputer atau PC. Nah buat kamu-kamu yang sangat mobile alias kerap bekerja kemana-mana, kamu kini bisa mengerjakan Google Form langsung di HP.

Dengan HP, kamu tidak perlu repot-repot membawa laptop yang berat kemama-mana. Bahkan, kamu dapat mengetahui cara membuat Google Form di HP Android atau iPhone paling mudah, cepat, dan efektif.

Tanpa perlu berlama-lama, simak ulasan Jaka berikut ini!

ADVERTISEMENT

Cara Membuat Google Form di HP Tanpa Aplikasi

Buat kamu yang malas untuk membuat forms Google menggunakan aplikasi tambahan karena bikin HP lemot, kamu bisa kok langsung membuatnya di situs resmi Google Formulir.

Caranya pun gampang banget dan mirip seperti ketika kamu melakukan cara membuat Google Form di laptop, geng.

Oh ya, langkah-langkah yang akan Jaka jelaskan di bawah juga bisa dilakukan baik oleh kamu yang mencari cara membuat Google Form di HP iPhone ataupun Android.

Nah, daripada penasaran mending langsung saja lihat langkah-langkah cara bikin Google Form di HP tanpa aplikasi berikut ini.

Langkah 1 - Kunjungi situs Google Formulir

Langkah 2 - Edit isi formulir

Langkah 3 - Tambah pertanyaan baru

Langkah 4 - Submit formulir

Langkah 5 - Melihat tanggapan

Cara Membuat Google Form di HP Android Dengan Aplikasi

Cara membuat Google Form di HP dengan aplikasi itu sebenarnya hampir mirip dengan ketika kamu membuatnya langsung melalui situs resmi Google Form. Nggak repot sama sekali kok!

Yang penting, pastikan sambungan internetmu kencang dan berkualitas agar bisa membuat GForm dengan lancar.

Selain itu cara ini juga bisa menjadi alternatif ketika kamu malas membuatnya lewat situs Google Form karena user interface-nya yang rumit misalnya.

Makanya kali ini Jaka akan berikan langkah-langkah cara buat Google Form di HP menggunakan aplikasi FormsApps. Langsung saja disimak beberapa langkah ini, ya!

Langkah 1 - Install Aplikasi

FormsApp for Google Forms 5.5.5
Apps Productivity SurveyHeart
DOWNLOAD

Langkah 2 - Login akun Gmail

Langkah 3 - Mulai Membuat Formulir

Langkah 4 - Edit Isi Formulir

Langkah 5 - Buat pertanyaan

Langkah 6 - Bagikan link formulir

Selesai! Seperti itulah cara membuat Google Form dari HP Android menggunakan aplikasi FormsApp.

Cara Melihat Hasil Google Form di HP

Nah, keuntungan melalui aplikasi ini, kamu juga bisa langsung melihat hasil dari Google Form dengan mudah. Caranya juga sangat sederhana. Berikut cara melihat hasil Google Form di HP Android!

Langkah 1 - Pilih formulir

Langkah 2 - Lihat hasil survei

Langkah 3 - Download hasil survei

Lalu bagaimana kalau ingin mencetak formulir Google Form menjadi hard copy? Caranya simpan respon ke dalam bentuk PDF.

Cara Membuat Kuis di Google Form dari HP

Selain sering digunakan untuk membuat survei penelitian, kamu juga bisa lho menggunakan forms Google untuk membuat sebuah kuis, geng.

Buat guru-guru yang bingung memikirkan media untuk siswa ulangan online, bisa juga nih menggunakan fitur kuis di G Form ini.

Daripada penasaran, mending langsung saja simak langkah cara membuat soal di Google Form beserta jawabannya berikut ini.

Langkah 1 - Buat soal pertanyaan

Langkah 2 - Ubah soal menjadi format kuis

Langkah 3 - Berikan jawaban kuis

Langkah 4 - Submit kuis

Sudah selesai deh! Gampang banget, kan? Buat seru-seruan banreng teman atau kamu mau bikin giveaway tapi bingung bagaimana caranya, kamu bisa coba bikin kuis di Google Form.

Akhir Kata

Itu tadi tips bagaimana cara membuat Google Form di HP Android atau iPhone menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi dari Jaka. Gimana, nggak repot sama sekali kan, geng?

Dengan menggunakan Google Form ini otomatis pekerjaan yang berkaitan dengan mengumpulkan sampel data atau survei pun akan lebih mudah dan praktis. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel seputar Google Form atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT

3 Cara Scan Lewat HP dengan Cepat dan Mudah, Gampang Banget!

3 Cara Download Dokumen di DocDownloader, Bisa untuk Scribd & Slideshare!

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word, Bikin Dokumen Makin Rapi!

Cara Memperbesar Ukuran PDF | Buat Penuhi Syarat Dokumen CPNS

5 Cara Menghapus Halaman di Word (Laptop & Android) | Paling Praktis!

Cara Membuat Watermark di Word | Nggak Ribet! Cocok Buat Skripsi

undefined
Kembali Keatas