3 Cara Scan Lewat HP dengan Cepat dan Mudah, Gampang Banget!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 19 August 2020, 15:00
Cara scan lewat HP kini banyak dicari karena dokumen atau lamaran kerja yang perlu dibuat versi digitalnya. Simak langkah-langkahnya di sini.

Sebelumnya, Jaka sudah membahas cara membuat lamaran kerja tulis tangan yang mungkin bisa membantu kamu untuk melamar pekerjaan di tempat-tempat tertentu.

Sebab, saat ini masih ada beberapa perusahaan yang masih meminta calon karyawannya untuk menulis lamaran pekerjaan menggunakan tulisan tangan.

Nah, kali ini Jaka akan memberikan tips bagaimana cara scan lewat HP yang bisa kamu gunakan untuk scan lamaran kerja maupun dokumen lainnya.

Hal ini mungkin kamu butuhkan sebagai back up kalau kamu ingin menulis lamaran kerja baru dan mengirimkannya ke perusahaan lain. Ikuti tips ini ya!

Cara Scan Pakai HP

Apa itu scan? Scan adalah proses memindai dokumen untuk dijadikan data digital, geng. Dengan cara ini, kamu bisa memindai dokumen dan menyimpannya menjadi file di HP.

Selain scan dokumen online, di bawah ini Jaka juga akan menjelaskan cara scan barcode lewat HP yang saat ini sedang marak dilakukan sebelum kamu memasuki mall.

Nah, biar gak makin penasaran, langsung aja simak langkah-langkahnya pada penjelasan di bawah ini, yuk! Sudah siap, geng?

ADVERTISEMENT

Cara Scan Dokumen dengan HP Android

Untuk cara scan lamaran lewat HP, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau menggunakan aplikasi bawaan di HP milikmu.

Sebab, saat ini sudah ada beberapa HP yang dibekali fitur scanner bawaan sehingga kamu gak perlu lagi aplikasi tambahan, geng.

Cara scan ijazah lewat HP, maupun scan lamaran kerja dan dokumen lainnya ini bisa kamu lakukan dengan mudah, lho! Yuk, langsung aja simak tutorialnya di bawah ini!

1. Cara Scan Lamaran Lewat HP dengan Aplikasi

Pada tutorial pertama, Jaka akan membahas cara scan dokumen ke PDF di HP dengan bantuan aplikasi. Cara ini bisa kamu gunakan untuk scan lamaran kerja, raport, ijazah, dan lainnya.

Langkah 1: Download dan Instal Aplikasi CamScanner
CamScanner -Phone PDF Creator 5.17.7.20200311
Apps Photo & Imaging IntSig Information Co.,Ltd
DOWNLOAD

Langkah 2: Masuk ke Menu Start Scanning

Langkah 3: Siapkan Dokumen yang Akan Di-Scan
Langkah 4: Scan Dokumen Sesuai dengan Garis
Langkah 5: Pilih Filter yang Sesuai
Langkah 6: Pilih Format yang Diinginkan
Langkah 7: Selesai

2. Cara Scan Lamaran Lewat HP Tanpa Aplikasi

Sudah membuat lamaran kerja untuk melamar di aplikasi lowongan kerja, geng? Langsung saja pindai dokumenmu di HP.

Kalau HP milikmu sudah dibekali fitur scanner bawaan, maka kamu gak memerlukan aplikasi CamScanner atau aplikasi sejenis lainnya, geng.

Jadi, kamu bisa langsung membaca tutorial cara scan dokumen di HP tanpa aplikasi yang Jaka ulas lengkap di bawah ini.

Langkah 1: Buka Aplikasi Scanner Bawaan
Langkah 2: Pilih Menu Document
Langkah 3: Sesuaikan antara Guideline dan Dokumen
Langkah 4: Simpan Dokumen
Langkah 5: Selesai

Cara Scan Barcode Lewat HP Android

Selain cara scan di HP Samsung dan HP lainnya untuk memindai lamaran kerja, kamu juga perlu tahu bagaimana cara scan barcode lewat HP.

Tenang aja! Cara scan di Hp iPhone dan Android untuk memindai barcode atau QR Code sudah Jaka jelaskan pada artikel di bawah ini. Simak, yuk!

3 Cara Scan Barcode & QR Code Di HP Android, Bisa Tanpa Aplikasi!
Mau scan barcode di TV, YouTube, atau undangan? Nih, Jaka ulas kumpulan cara scan barcode dan QR code di HP Android dengan mudah dan bisa tanpa aplikasi, loh!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah tips dari Jaka tentang cara scan lewat HP. Semoga tips ini membantu kamu yang sedang sibuk mencari pekerjaan baru, ya!

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.

Baca juga artikel seputar Teknologi Rahasia atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mengubah Excel ke PDF di Android dan PC | Mudah & Gratis!

Cara Mengubah PDF ke PPT Gratis 2020 | Dijamin WORKS 100%!

Cara Mengganti Background PowerPoint di HP dan PC, Mudah!

Download PPT Keren Gratis dan Terbaik 2023, Sudah Jadi & Bisa Kustomisasi

Cara Mengubah Word ke JPG dengan Mudah | Windows & macOS!

Kembali Keatas