Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp, Cuma Sekali Klik!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 03 November 2020, 07:00
Cara memblokir panggilan WA bisa dilakukan lewat beberapa metode. Simak cara menonaktifkan panggilan WA tanpa aplikasi dan dengan aplikasi di sini!

Cara memblokir panggilan WA (WhatsApp) menjadi salah satu solusi yang paling ampuh untuk menghindari panggilan masuk dari orang-orang yang nggak kamu inginkan.

Apalagi kalau kontak tersebut merupakan orang yang nggak terlalu dekat, dan kamu hanya ingin berkomunikasi via chatting saja. Daripada langsung blokir kontak, kamu bisa memilih opsi ini, geng.

Sayangnya, masih banyak pengguna aplikasi chatting satu ini yang belum mengetahui bagaimana cara melakukannya. Kamu juga termasuk salah satunya?

Kalau gitu, mending simak pembahasan Jaka tentang cara blokir telepon WA selengkapnya berikut ini.

Cara Blokir Panggilan Masuk di Aplikasi WhatsApp

WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi chatting yang menawarkan fitur lengkap. Bukan hanya untuk chatting berbasis teks dan emoji saja, kini kamu bisa melakukan panggilan suara atau video berempat sekaligus.

Meskipun begitu, cara blokir panggilan WA di keadaan tertentu banyak yang belum mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan seperti apa.

Buat kamu yang mau tahu cara memblokir atau menonaktifkan panggilan masuk dari kontak WhatsApp, kali ini Jaka bakalan bahas cara-caranya kumplit dengan contoh dan gambarnya.

ADVERTISEMENT

Cara Memblokir Panggilan WhatsApp untuk Seluruh Kontak

Cara blokir telepon WA pertama yang akan Jaka bagikan ini adalah cara memblokir panggilan WhatsApp dari seluruh kontak yang kamu punya.

Meskipun memblokir panggilan telepon, kamu masih bisa dengan bebas mengakses internet dan fitur WhatsApp lainnya terutama fitur chatting.

Penasaran gimana caranya? Tanpa lama-lama lagi, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk bisa blokir panggilan WA di HP Android kamu.

Langkah 1 - Download GBWhatsApp

GBWhatsapp 13.10.2
Apps Social & Messaging GBWhatsapp
DOWNLOAD

Pastikan kamu sudah mem-backup dan uninstall aplikasi WhatsApp biasa dan melakukan langkah restore pada GBWhatsApp yang bisa kamu baca di sini: Cara Backup Chat WhatsApp dan Langkah Mudah Mengembalikannya.

Langkah 2 - Masuk ke GB Settings

Jika semua langkah sudah selesai, tinggal tap ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudian kamu pilih menu GB Settings.

Langkah 3 - Pilih 'Other MODS'

Dengan menggunakan fitur ini, kamu akan secara otomatis memblokir semua panggilan WhatsApp yang masuk ke HP Android kamu.

Cara blokir panggilan WhatsApp ini cocok kamu gunakan kalau memang sedang ingin menyendiri atau sedang ingin fokus bekerja atau belajar, supaya bebas dari gangguan yang tidak perlu.

Cara Memblokir Panggilan WhatsApp untuk Kontak Tertentu

Selain bisa blokir panggilan WA dari seluruh kontak yang kamu punya, GBWhatsApp juga memungkinkan kamu untuk memblokir panggilan dari kontak tertentu saja.

Fitur ini bisa kamu manfaatkan ketika ingin menghindari mantan yang posesif dan orang-orang menjengkelkan sejenis lainnya.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, geng. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti dalam rangkaian cara memblokir panggilan WA dari kontak tertentu saja.

Langkah 1 - Bukat chat yang ingin diblokir panggilannya

Langkah 2 - Pilih Custom Notifications

Langkah 3 - Aktifkan Disable Voice Calls

Dengan begini kamu nggak perlu khawatir diteror lagi sama orang-orang yang ada di kontak WhatsApp kamu. Panggilan mereka otomatis diblokir tanpa mereka ketahui.

Fitur menarik dari WhatsApp Mod GBWhatsApp ini sebetulnya hanya salah satu dari banyak fitur canggih lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Kamu bisa juga untuk memodifikasi last seen, mengganti tema, hingga mengirim pesan terjadwal melalui aplikasi canggih yang satu ini.

Cara menggunakan GBWhatsApp pun tergolong cukup mudah karena antar muka aplikasi ini dibuat mirip dengan aplikasi originalnya.

Cara Memblokir Panggilan WA yang Tidak Dikenal

Pernah menerima telepon WA dari nomor yang nggak kamu kenal? Merasa terganggu dan ingin tahu bagaimana cara membuat panggilan WhatsApp ditolak secara otomatis?

Tenang! Cara sadap WhatsApp saja Jaka punya, apalagi persoalan kecil seperti ini. Nah, kalau kamu penasaran ingin tahu caranya, mending langsung simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1 - Buka chat WA dari nomor tak dikenal

Langkah 2 - Blokir kontak

Sudah selesai deh! Sampai di tahap ini kamu pun nggak akan lagi diganggu oleh panggilan masuk ataupun chat dari nomor nggak dikenal tersebut.

Sementara itu, jika suatu saat kamu ingin membuka kembali blokiran tersebut, caranya pun gampang banget, geng. Kamu bisa baca artikel Jaka berikut untuk tahu langkah-langkah selengkapnya.

Cara Membuka Blokir WA Orang Yang Memblokir Kita Tanpa Ganti Nomor
Cara membuka blokir WA orang yang memblokir kita emang mungkin untuk dilakukan? Simak tutorial cara buka blokir WA orang yang mmeblokir kita di sini!
LIHAT ARTIKEL

Cara Memblokir Panggilan WA di iPhone

Nggak cuma di Android saja, WhatsApp iPhone juga memungkinkan kamu untuk memblokir panggilan masuk dari kontak tertentu yang kamu inginkan, geng.

Tetapi, di iOS kamu terpaksa harus memblokir kontak orang tersebut alih-alih hanya fitur panggilan telepon WA-nya saja. Dengan kata lain, kamu pun nggak akan bisa chatting, video call, ataupun melihat status WA orang tersebut.

Kalau masih belum tahu caranya, berikut Jaka kasih langkah-langkah cara memblokir panggilan WA di iPhone selengkapnya.

Langkah 1 - Buka chat dari kontak yang ingin diblokir

Sumber foto: igeeksblog

Langkah 2 - Blokir panggilan WA sekaligus kontak

Sumber foto: igeeksblog

Cara Memblokir Panggilan WA dengan Menonaktifkan Notifikasi

Masih mencari alternatif cara menonaktifkan panggilan WA tanpa aplikasi? Kamu bisa coba cara yang satu ini, geng.

Trik ini sebenarnya nggak benar-benar membuat kamu bisa memblokir panggilan masuk WA, melainkan hanya menghilangkan notifikasi setiap kali ada panggilan telepon WA yang masuk.

Oleh karena itu, sebelum melakukannya sebaiknya kamu pertimbangkan terlebih dulu karena nantinya kamu pun nggak akan mendapat notifikasi panggilan dari kontak WhatsApp lainnya di HP-mu.

Tapi, kalau itu nggak masalah, kamu bisa simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1 - Buka Pengaturan HP

Langkah 2 - Atur notifikasi panggilan

Langkah 3 - Matikan notifikasi

Cara Blokir Panggilan WA Menggunakan "Do Not Disturb"

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur "Do Not Disturb" untuk alternatif cara memblokir panggilan masuk WhatsApp yang tidak dikenal ataupun sebaliknya.

Fitur ini biasanya ditemukan pada HP iPhone, yang bisa kamu aktifkan melalui halaman Settings. Kalau belum paham, kamu bisa perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah 1 - Buka menu 'Do Not Disturb'

Sumber foto: Apple Support

Langkah 2 - Aktifkan melalui Control Center

Sumber foto: Business Insider

Akhir Kata

Nah itulah cara mudah memblokir dan menonaktifkan panggilan masuk di WhatsApp. Mudah sekali, kan? Dengan begini kamu nggak perlu khawatir lagi keganggu deh!

Cara ini juga bisa jadi detox media sosial efektif yang bisa kamu lakukan. Sekali-kali, rasakan manfaat membebaskan diri dari cengkraman sosial media dengan hal semacam ini.

Punya tips dan trik WhatsApp lainnya yang harus Jaka bahas? Yuk share pada kolom komentar di bawah ini. Nggak perlu malu-malu ya.

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

10 Aplikasi Stiker WA Terbaik 2021, Bisa Bikin Stiker Sendiri!

14 WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik dan Terbaru 2021, Anti Banned!

100+ Status WhatsApp Keren, Bijak, Lucu & Terbaru 2021 (Paling Update!)

100% Ampuh! Begini Cara Nonton Status WhatsApp Tanpa Diketahui

Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus di 1 HP, Ga Usah Beli HP Baru!

5 Alasan Harus Uninstall WhatsApp di Tahun 2020, Menjadi Sumber Berita Hoax?

Kembali Keatas