11+ Aplikasi E-Wallet Terbaik dan Terpopuler di Indonesia 2023, Dijamin Aman!

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Thursday, 21 December 2023, 22:30
Aplikasi dompet digital menawarkan kepraktisan dan keuntungan dalam berbagai bertransaksi. Berikut adalah rekomendasi e-wallet terbaik 2023!

Teknologi sudah mengubah cara masyarakat melakukan transaksi keuangan, salah satunya terlihat dari banyaknya aplikasi e-wallet terbaik yang bertebaran saat ini. Dengan layanan dompet digital, kamu pun tidak perlu lagi membawa uang tunai secara fisik, loh.

Tidak hanya kemudahan penggunaan, keamanan transaksi juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih aplikasi dompet digital seperti ini. Penting bagi pengguna untuk menjaga keamanan saat menggunakan aplikasi dompet digital manapun.

Ada beberapa aplikasi dompet digital terbaik yang terbukti aman dan dapat diandalkan seperti OVO, GoPay, dan DANA. Tapi tidak itu saja, kamu bisa simak deretan aplikasi e-wallet terbaik 2023 di bawah ini untuk mengetahui secara lengkap daftarnya!

1. NUcash

Sumber foto: IST - Aplikasi E-Wallet Terbaik

NUcash adalah aplikasi dompet digital dengan sejumlah fitur khusus yang identik untuk kalangan santri dan pondok pesantren. Aplikasi ini sendiri memang dikembangkan oleh para santri atau alumni pondok pesantren.

Aplikasi dompet digital ini memiliki perbedaan dengan dompet digital secara umum. Misalnya, ada fitur khusus untuk kalangan santri seperti sumbangan ke Pondok Pesantren, Masjid, dan Nahdlatul Ulama melalui program Koin NU.

Meski begitu, NUcash juga memiliki fitur transfer dan pembayaran yang biasanya ada di platform pembayaran digital umum seperti pembelian data, pulsa, BPJS, listrik, PDAM, dan lain sebagainya.

Aplikasi NUcash yang dikembangkan para santri ini merupakan jawaban atas revolusi keuangan digital yang telah berkembang. Kaum santri sudah selayaknya juga mengadaptasi salah satu bentuk dari revolusi ini lewat dompet digital tersebut.

ADVERTISEMENT
Detail NUcash
Developer PT Nusantara Nucash Utama
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Android Minimum 5.0 ke atas

>>>Download NUcash di sini<<<

2. OVO

Sumber foto: IST - Aplikasi E-Wallet Terbaik

OVO merupakan layanan E-Wallet paling populer di Indonesia. Hal ini gak mengherankan karena OVO sering memberikan promo dan cashback kepada para penggunanya.

Aplikasi pembayaran serba bisa ini cukup simpel, instan, aman, serta bisa digunakan untuk segala transaksi finansial kamu. Apalagi, kini OVO telah terintegrasi ke Grab dan aplikasi belanja online, Tokopedia. Transaksi dijamin makin untung dan praktis, deh!

OVO juga telah terdaftar dan diawasi OJK sebagai penyelenggara FinTech. Jadi, kamu tidak perlu khawatir menggunakan OVO.

Detail OVO
Developer PT Visionet Internasional
Ukuran 39MB
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 10.000.000+
Rating 3.9

>>>Download OVO di sini<<<

3. DOKU

Sumber foto: IST - Aplikasi E-Wallet Terbaik

Pelopor E-Wallet di Indonesia, DOKU Wallet, juga tidak kalah dengan aplikasi E-Wallet lainnya dari segi fitur. Dilengkapi dengan fitur link kartu kredit dan uang elektronik atau cash wallet, kamu dapat menggunakan DOKU untuk berbelanja online maupun offline di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan DOKU.

Melalui DOKU E-Wallet, kamu juga bisa melakukan tarik tunai, transfer ke rekening bank, dan juga transfer ke sesama DOKU. Salah satu dompet digital paling banyak dipakai ini terbilang aman selama kamu tidak memberitahukan DOKU ID dan password kamu kepada orang lain.

Detail DOKU
Developer PT. Nusa Satu Inti Artha (DOKU)
Ukuran 18MB
Android Minimum 4.4 ke atas
Install 1.000.000+
Rating 2.8

>>>Download DOKU di sini<<<

4. GO-PAY (GO-JEK)

Sumber foto: IST - Aplikasi E-Wallet Terbaik

Go-Jek juga mengeluarkan layanan E-Wallet bernama Go-Pay yang dapat digunakan untuk membayar transaksi yang berhubungan dengan layanan pada aplikasi, seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Tix, Go-Clean, Go-Pulsa, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat melakukan transaksi pembayaran dengan aplikasi ini di merchant-merchant online dan offline yang bekerja sama dengan GO-JEK.

Hal menarik dari fitur GO-PAY adalah GO-JEK memberikan berbagai promo khusus yang tentunya menarik dan beragam setiap kali kamu melakukan transaksi menggunakan GO-PAY. Untuk masalah keamanan, tentunya aplikasi dompet digital yang aman ini sudah terjamin baik untuk seluruh transaksi pembayaran, saldo, serta informasi pribadi kamu karena sudah terdaftar di OJK.

Detail GO-JEK
Developer PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa
Ukuran 99MB
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 50.000.000+
Rating 4.2

>>>Download GO-JEK di sini<<<

5. DANA

Sumber foto: IST - Aplikasi E-Wallet Terbaik

Aplikasi E-Wallet terbaik berikutnya adalah DANA. Platform pembayaran digital yang satu ini menawarkan beberapa keunggulan salah satunya adalah layanan dan dukungan transaksi sangat lengkap.

DANA dapat digunakan baik itu di gerai online maupun konvensional. Aplikasi ini mengusung konsep open platform agar bisa terhubung dengan layanan transaksi digital lain dari vendor yang telah bekerja sama seperti KFC, TIX.ID, Bukalapak, dan Samsung Pay.

Selain itu, dompet digital DANA juga menyediakan fasilitas pembayaran lewat QR code dengan mesin transaksi di outlet yang telah bekerja sama. Aplikasi besutan Espay ini juga telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI) dan telah memenuhi ketentuan serta persyaratan BI soal izin penggunaan uang elektronik, E-Wallet, Lembaga Keuangan Digital (LKD), dan transfer uang online.

Detail DANA
Developer PT Espay Debit Indonesia Koe
Ukuran 32MB
Android Minimum 4.4 ke atas
Install 10.000.000+
Rating 4.5

>>>Download DANA di sini<<<

6. Sakuku

Sumber foto: IST - Aplikasi E-Wallet Terbaik

Kalau kamu adalah nasabah bank BCA, pasti kamu sudah pernah mendengar Sakuku. Yup, Sakuku merupakan layanan dompet digital yang dirilis oleh BCA sendiri.

Banyaknya perusahaan yang menggunakan bank BCA untuk mentransfer gaji karyawannya bikin BCA tergerak untuk bikin layanan satu ini. E-Wallet terbaik milik BCA ini dibagi jadi 2 fokus utama, yaitu Sakuku dan Sakuku Plus. Kalau pakai Sakuku, maksimal saldo kamu harus 2 juta. Sementara di Sakuku Plus, kamu bisa simpan uang hingga 10 jutaan.

Detail Sakuku
Developer PT Bank Central Asia Tbk.
Ukuran Bervariasi
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 1.000.000+
Rating 4.2

>>>Download Sakuku di sini<<<

7. Jenius

Sumber foto: IST - Aplikasi E-Wallet Terbaik

Sebagai pendatang baru dalam layanan dompet digital di Indonesia, mau gak mau Jenius harus berinovasi agar bisa bersaing dengan para pendahulunya. Jenius yang merupakan produk dari Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) ditujukan kepada anak muda yang lebih suka transaksi cashless karena praktis dan juga aman.

Gak perlu khawatir, Jenius sudah terdaftar dalam OJK serta memiliki sertifikat keamanan dari LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Selain bisa bertransaksi cashless, Jenius juga memiliki fitur tabungan dan kartu kredit virtual yang bisa berlangganan Netflix dan Spotify hanya dengan kartu debit Jenius.

Detail Jenius
Developer BTPN
Ukuran Bervariasi tergantung perangkat
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 10.000.000+
Rating 3.7

>>>Download Jenius di sini<<<

8. LinkAja

Sumber foto: PT Fintek Karya Nusantara - Aplikasi E-Wallet Terbaik

Aplikasi dompet digital yang terakhir dalam daftar ini adalah LinkAja. Ya, LinkAja juga adalah penyelenggara FinTech pendatang baru.

Sama seperti OVO dan GO-Pay, kamu dapat menggunakan fitur pembayaran LinkAja di merchant offline yang sebelumnya menjadi rekanan BUMN dan Telkomsel. Selain itu, kemudahan aplikasi ini juga dapat dirasakan untuk membeli BBM (Bahan Bakar Minyak) di pom bensin, pengiriman uang (remitansi), pembelian pulsa dan internet, pembayaran listrik dan tagihan air PDAM.

Layanan lainnya yakni, pembelian paket TV kabel, bayar pembelian gear gaming, pembayaran BPJS Kesehatan, Asuransi Tokyo Marine, Jiwasraya hingga asuransi CAR. Ada juga fitur pembayaran cicilan ke multifinance, televisi berbayar iFlix, dan donasi.

Detail LinkAja
Developer PT Fintek Karya Nusantara
Ukuran 35MB
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 10.000.000+
Rating 4.5

>>>Download LinkAja di sini<<<

9. OCTO Mobile

Sumber foto: Google Play - Aplikasi E-Wallet Terbaik

OCTO Mobile adalah layanan perbankan online yang dikembangkan oleh PT. Bank CIMB Niaga, Tbk. Aplikasi yang dirilis sejak 21 Juni 2012 ini ditujukan khusus untuk nasabah CIMB Niaga.

Di sini, nasabah bisa mengelola transaksi mereka, mengecek saldo dengan mudah, melakukan tarik tunai tanpa kartu, bayar tagihan, dan lainnya. Ada layanan top up pulsa, token listrik, isi saldo dompet digital, dan beli paket internet. Kamu juga bisa mengumpulkan poin yang bisa ditukar dengan reward tertentu!

Investasi juga bisa dilakukan di sini. Kamu dapat membuka deposito, beli reksa dana, obligasi, dan SBN ritel. Pengelolaan portofolio investasimu dapat dimonitor langsung di aplikasi ini.

Detail OCTO Mobile
Developer PT CIMB Niaga, Tbk
Platform Android, iOS
Versi Terbaru
OS Minimal Android 8.0+

>>>Download OCTO Mobile di sini<<<

10. JakOne Mobile

Sumber foto: Bank DKI - Aplikasi E-Wallet Terbaik

Kemudian, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama JakOne Mobile yang dikeluarkan oleh Bank DKI. Ada banyak sekali kemudahan untuk bertransaksi dengan merchant yang bekerja sama dengan Bank DKI.

Selain itu, hadirnya sistem QR Code juga semakin mempermudah kamu dalam melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan uang cash sama sekali. Apalagi buat kamu yang merupakan warga DKI Jakarta, kamu bisa memanfaatkannya untuk membayar tagihan telepon, PDAM, pajak, hingga listrik.

Detail JakOne Mobile
Developer PT. Bank DKI
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 500.000+
Rating 3.5/5

>>>Download JakOne Mobile di sini<<<

11. PayTren

Sumber foto: Play Store - Aplikasi E-Wallet Terbaik

PayTren adalah aplikasi multiguna yang memungkinkanmu melakukan berbagai transaksi hanya dalam satu genggaman. Praktis dan mudah banget tentunya!

Di aplikasi ini, kamu bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, air, pembelian tiket kereta, hingga pembelian voucher game. Menariknya lagi, aplikasi ini kompatibel di semua jenis smartphone.

Selain menawarkan berbagai layanan yang mempermudah hidupmu, PayTren juga memberikanmu kesempatan untuk melakukan investasi syariah. Bahkan, kamu juga bisa melakukan bisnis dengan menjadi mitra bisnis PayTren.

Detail PayTren
Developer PT. VERITRA SENTOSA INTERNASIONAL
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Android Minimum 4.2 ke atas
Install 1.000.000+
Rating 4.2/5

>>>Download PayTren di sini<<<

12. i.saku

Sumber foto: i.saku - Aplikasi E-Wallet Terbaik

i.saku merupakan aplikasi dompet digital yang bekerja sama dengan perusahaan ritel ternama, Indomaret. Tentu saja, aplikasi ini akan sangat bermanfaat jika kamu hobi berbelanja kebutuhan di jaringan minimarket mereka.

Dengan menggunakan i.saku saat melakukan transaksi di Indomaret, kamu bisa mendapatkan berbagai potongan harga, lho. Selain itu, kamu pun bisa mengumpulkan cashback berupa poin yang nantinya dapat digunakan kembali saat berbelanja.

Detail i.saku
Developer PT Inti Dunia Sukses
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Android Minimum 4.4 ke atas
Install 5.000.000+
Rating 4.0/5

>>>Download i.saku di sini<<<

13. MotionPay

Sumber foto: Google Play - MotionPay

Motionpay APK adalah aplikasi dompet digital serbaguna. APK ini bisa menerima dana, menyimpan dana, dan melakukan transaksi pembayaran digital menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication) di Indonesia.

MotionPay memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan mudah dan cepat hanya dengan menyentuhkan ponsel cerdas atau kartu NFC ke mesin pembayaran.

Aplikasi besutan PT MNC Teknologi Nusantara ini juga mendukung pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit, serta menyediakan fitur transfer uang antar pengguna.

Detail MotionPay
Developer PT MNC Teknologi Nusantara
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 500.000+
Rating 3.4/5

>>Download MotionPay<<

Daftar Aplikasi E-Wallet Terbaik & Terpercaya 2023

Berikut ini adalah daftar aplikasi dompet digital terbaik dan paling aman yang bisa kamu gunakan di tahun 2023 ini, geng:

Akhir Kata

Itulah dia deretan aplikasi e-wallet terbaik di Indonesia tahun 2023. Aplikasi di atas dijamin aman dan terpercaya untuk kamu gunakan. Transaksi keungan dijamin lebih mudah, deh!

Kamu pakai yang mana, nih?

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar FinTech atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT

100+ Daftar Aplikasi Pinjam Uang Online Ilegal 2020, Jangan Tertipu!

Kembali Keatas