Apa itu NFC? Inilah Penjelasan, Fungsi, dan Cara Pakainya di HP

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 15 Juli 2021, 11:00
Fungsi NFC pada HP bermacam-macam, mulai dari mengecek saldo kartu elektronik hingga mengisinya sampai full. Simak ulasan selengkapnya di sini!

Fungsi NFC pada HP bisa dibilang cukup beragam dan pastinya bermanfaat. Mulai dari kebutuhan transaksi keuangan hingga transfer file, semuanya bisa dilakukan dengan bantuan teknologi satu ini.

Untungnya, fitur NFC saat ini sudah cukup umum ditemukan pada sejumlah smartphone terbaru dengan harga terjangkau, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan pengguna.

Namun, apakah kamu masih belum mengetahui apa itu NFC pada HP beserta fungsi-fungsi lainnya?

Kalau gitu, lebih baik kamu baca pembahasan Jaka mengenai kegunaan NFC pada HP, cara kerja, dan kelebihan serta kekurangannya berikut ini.

Apa itu NFC?

Apa itu NFC pada HP? NFC adalah singkatan dari Near-field Communication. Fitur komunikasi nirkabel ini pertama kali dipatenkan oleh Charles Walton pada tahun 1983.

Sumber foto: Arti NFC (via JalanTikus)

Secara singkat, NFC adalah suatu fitur protokol komunikasi jarak pendek yang membuat dua alat elektronik bisa tersambung dan bertukar data satu sama lain.

NFC dikembangkan dari RFID (Radio Frequency Identification). Antena yang digunakan NFC lebih pendek daripada gelombang sinyal operator untuk mencegah adanya intervensi.

ADVERTISEMENT

Sebagai informasi, HP Android pertama yang menyediakan fitur NFC adalah Samsung Nexus S yang dirilis pada tahun 2010.

Seringkali, NFC sudah terinstal pada smartphone keluaran terbaru. Dengan demikian, kamu bisa memindahkan data secara cepat dalam jarak dekat tanpa perlu menggunakan kabel ataupun Bluetooth.

Semoga penjelasan di atas bisa memuaskan pertanyaan apa itu NFC ya!

Cara Menggunakan NFC

Untuk mengetahui apakah smartphone-mu memiliki fitur NFC atau tidak, coba deh cek di Settings > Wireless & Networks. Kamu bisa melihat ada menu NFC jika smartphone-mu memilikinya.

Mau NFC di HP Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, atau bahkan Realme, langkah-langkahnya sama saja. Cara menggunakan NFC tergantung perangkatnya.

Misalkan saja untuk e-money, kamu tinggal menempelkannya di bagian belakang HP dan akan secara otomatis terdeteksi.

Lantas, bagaimana cara menggunakan NFC pada perangkat iPhone?

NFC di iPhone pertama kali ada di generasi iPhone 6 untuk mendukung Apple Pay. Waktu itu, NFC yang ada di Apple belum bisa membaca ataupun mengirim data. Fitur tersebut baru hadir pada iPhone 7 ke atas.

Bagaimana Cara Kerja NFC?

NFC dapat beroperasi pada radius 4 cm, sehingga perangkat NFC yang akan disambungkan harus berada pada jarak yang sangat dekat.

Sumber foto: Cara Kerja NFC (via Android Authority)

Cara kerjanya sendiri dengan mentransmisikan atau menerima data melalui gelombang radio. Hal ini berbeda dengan Bluetooth yang bekerja menggunakan induksi elektromagnetik.

Perangkat NFC sendiri terbagi menjadi dua, yakni aktif dan pasif. Smartphone yang kamu gunakan termasuk ke dalam perangkat aktif karena mampu mengirim dan menerima data.

Sebaliknya, perangkat pasif hanya mampu mengirimkan informasi semata sehingga tidak membutuhkan daya. Contoh yang paling mudah adalah e-money dan eKTP.

Sebagai perangkat aktif, smartphone memiliki ketiga mode NFC, yakni:

Kelebihan dan Kekurangan NFC

Kamu pernah transfer lagu menggunakan infrared? Jika iya, artinya harusnya kamu sekarang sudah punya istri dan anak satu. Sama seperti infrared, NFC adalah alat untuk melakukan transfer data.

Sumber foto: Kelebihan & Kekurangan NFC (via AndroidPIT)

Jika dibandingkan dengan para sesepuhnya, NFC jelas memiliki beberapa kelebihan. NFC tidak membutuhkan daya yang besar saat fitur ini digunakan. Kecepatan tersambungnya perangkat juga sangat cepat, kurang dari 10 detik.

Meskipun termasuk teknologi mutakhir, NFC juga memiliki kekurangan. Jika dibandingkan Bluetooth, kecepatan transfer NFC lebih lambat.

Selain itu, belum semua smartphone memiliki fitur ini sehingga kurang praktis. Bandingkan dengan Bluetooth yang ada di setiap smartphone.

Buat kamu yang ingin membeli handphone dengan fitur NFC, bisa membaca artikel Jaka berikut:

7 Rekomendasi HP NFC Paling Murah, Lengkap Harga Dan Spesifikasi!
Ini daftar HP NFC murah yang bisa jadi pertimbangan kamu. Simak rekomendasi HP NFC paling murah di artikel ini!
LIHAT ARTIKEL

Fungsi NFC

Sebagai salah satu metode untuk menghubungkan dua perangkat, ada banyak sekali kegunaan NFC yang harus kami ketahui, geng!

Nggak cuma untuk cek saldo kartu uang elektronik saja, masih ada banyak kegunaan NFC yang wajib kamu manfaatkan karena sangat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Lagi pula, HP dengan fitur NFC juga kini sudah semakin terjangkau hargnya, sehingga bisa lebih mudah dijangkau setiap kalangan.

1. Menyambungkan Handphone ke Perangkat Lain

Sumber foto: Kegunaan NFC (via Android Authority)

Secara umum, fungsi utama NFC pada HP adalah untuk menghubungkan dua perangkat secara dua arah serta menerima dan mengirim informasi. Koneksi tersebut tidak bergantung kepada jaringan Wi-Fi ataupun LTE.

Berbeda dengan Bluetooth yang harus melakukan pairing terlebih dahulu, NFC hanya tinggal tempel agar bisa tersambung.

Praktisnya koneksi NFC tersebut dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti menghubungkan smartphone ke wireless router, headset, ataupun speaker yang sudah dilengkapi NFC.

2. Transfer File

Sumber foto: Kegunaan NFC (via NFC Forum)

Fungsi yang berikutnya adalah mentransfer file yang ada di smartphone kamu ke smartphone teman kamu hanya dengan menempelkan kedua smartphone tersebut.

Kamu bisa mengirim nomor telepon, gambar, dokumen, dan lain sebagainya dengan cepat dan mudah. Perlu diingat, kecepatannya lebih lambat dibandingkan transfer menggunakan Bluetooth.

Namun, selain smartphone kamu yang punya NFC, smartphone teman kamu pun juga harus mempunyai fitur ini.

3. Untuk Pembayaran Cashless

Sumber foto: Kegunaan NFC Pada Samsung (via News Track English)

Di era di mana istilah cashless semakin kencang digaungkan, kehadiran NFC yang bisa menjadi alat pembayaran yang sangat praktis.

Kamu hanya perlu menempelkan smartphone-mu ke alat tertentu. Nantinya, NFC akan memberikan data yang dibutuhkan sehingga proses pembayaran bisa diproses dengan cepat.

Samsung Pay, Apple Pay, Google Pay, semuanya memanfaatkan teknologi NFC sebagai metode pembayaran. Sayangnya, penggunaan NFC di Indonesia sendiri belum terlalu maksimal sehingga kita belum bisa menggunakan fitur-fitur tersebut.

Saat ini, penggunaan NFC di Indonesia baru sekadar bisa digunakan untuk mengecek saldo dan top-up e-wallet oleh beberapa bank pemerintah dan swasta saja.

4. NFC Tag

Sumber foto: NFC di HP (via Futurezone)

NFC Tag merupakan sebuah tag atau stiker kecil yang mengandung chip NFC. Biasanya, tag ini berisikan alamat web ataupun tindakan tertentu di HP seperti menyalakan WiFi atau membuka aplikasi tertentu.

Kelebihan NFC Tag adalah kamu tidak perlu aplikasi tambahan seperti QR Code. Kamu cukup menempelkan HP-mu ke tag tersebut untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

NFC Tag sendiri sudah dimanfaatkan untuk beberapa sektor, seperti pada toko-toko ataupun perusahaan untuk menunjukkan detail harga dan barang, dan juga menandai lokasi.

5. Akses Informasi Smart Card

Sumber foto: NFC di Smartphone (via Yellow Objects)

Fungsi NFC yang berikutnya adalah kemampuannya membaca data, termasuk smart card yang semakin banyak jenisnya.

Nantinya, kamu bisa mengecek sekaligus mengisi saldo untuk e-Money ataupun kartu e-Toll. Caranya pun sangat mudah dan praktis. Kamu cukup menempelkan kartu ke bagian belakang smartphone, lalu isi saldo sesuai yang kamu inginkan.

Perangkatmu akan mendeteksi secara otomatis dan menyarankan aplikasi apa yang bisa digunakan untuk mengakses informasi kartu tersebut.

6. Membuka Aplikasi Secara Otomatis

Sumber foto: Maka RFID

Jika kamu memiliki NFC tag di rumahmu, kamu juga bisa membuka dan mengaktifkan aplikasi-aplikasi tertentu secara otomatis, loh!

Misalnya NFC tag yang diprogram untuk memutar musik. Tag card tersebut dapat membantumu mengaktifkan aplikasi musik favoritmu cukup dengan sekali tap saja!

7. Menandai Lokasi Suatu Tempat

Sumber foto: Avery Dennison

NFC sudah mendukung fitur tagging lokasi canggih, yakni LBS ( Location Based Service ). Jadi, kamu bisa menandai lokasi tertentu dengan menempelkan NFC tag khusus.

Fitur ini juga memungkinkan kamu untuk check-in dan check-out di suatu tempat. Misalnya di perkantoran yang sudah support absen menggunakan NFC. Nah, kira-kira kantor-mu sudah pakai NFC belum?

8. Unlock Mobil & Kamar Hotel

Sumber foto: Smart Industry

Yang paling baru, teknologi NFC sedang dikembangkan setingkat lebih tinggi, yakni untuk membuka kunci mobil ataupun pintu hotel secara singkat dan cepat.

Caranya pun tak kalah mudah. Hanya perlu aktifkan NFC, lalu dekatkan perangkat pada pintu mobil atau hotel, maka bakal terbuka secara otomatis tanpa kunci manual, remote, atau kartu akses.

Teknologi ini sendiri mulai digunakan pada BMW seri 5 2021, yang bisa berhasil berkat kerja sama dengan raksasa teknologi Apple.

Akhir Kata: NFC Memiliki Fitur yang Memudahkan Kegiatan, Tapi Belum Populer di Indonesia

Itulah geng pengertian dan fungsi NFC yang perlu kamu ketahui. Ternyata, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan NFC, ya!

Sudah jelas dong penjelasan Jaka mengenai apa itu NFC dan penggunaannya di Indonesia saat ini?

Nah, setelah membaca artikel ini, kamu mulai dapat memanfaatkan fitur NFC yang ada di smartphone kamu dengan lebih optimal lagi!

Baca juga artikel seputar NFC atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Prima Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar HP dengan Fitur NFC Murah Terbaik 2021 | Mulai Rp1 jutaan!

Rekomendasi 7 HP Xiaomi Dengan Fitur NFC Terbaik 2019

Cara Top Up DANA Paling Mudah Via ATM, M-Banking, dan Alfamart

Cara Transfer OVO ke OVO & ke Rekening Bank Terlengkap dan Terbaru

5 Teknologi Transfer Data Terbaik di HP | Punya Kecepatan 20MB Per Detik!

5 Alasan iPhone Gak Bisa Transfer File Menggunakan Bluetooth | Jebakan Batman?

undefined
Kembali Keatas