7 Aplikasi E-Wallet Terbaik di 2021 | Transaksi Praktis, Aman, dan Untung!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 10 Maret 2021, 12:00
Aplikasi E-Wallet atau dompet digital menawarkan kepraktisan dan keuntungan dalam bertransaksi. Berikut adalah 7 rekomendasi E-Wallet terbaik (Update 2021)

Aplikasi E-Wallet atau Dompet Digital memang sedang ngetren di kalangan millenial. Apalagi, E-Wallet seringkali memberikan promo, diskon, dan cashback besar-besaran kepada penggunanya.

Selain banyak promo-promo besar, E-Wallet juga menawarkan transaksi yang lebih aman dan praktis dibanding menggunakan uang cash.

Saat ini, sudah adda banyak aplikasi dompet digital yang ada di Indonesia. Gak cuma OVO dan GoPay saja, aplikasi berikut ini juga menawarkan kepraktisan dan keamanan yang sama, kok!

Dalam artikel ini, Jaka bakal mengulas tentang 7 aplikasi dompet digital/E-Wallet terbaik dan terpercaya di Indonesia. Kamu tinggal pilih saja mana yang paling pas dengan kebutuhanmu.

Check it out!

1. OVO

OVO merupakan layanan E-Wallet paling populer di Indonesia. Hal ini gak mengherankan karena OVO sering memberikan promo dan cashback kepada para penggunanya.

Aplikasi pembayaran serba bisa ini cukup simpel, instan, aman, serta bisa digunakan untuk segala transaksi finansial kamu.

ADVERTISEMENT

Apalagi, kini OVO telah terintegrasi ke Grab dan aplikasi belanja online, Tokopedia. Transaksi dijamin makin untung dan praktis, deh!

OVO juga telah terdaftar dan diawasi OJK sebagai penyelenggara FinTech. Jadi, kamu tidak perlu khawatir menggunakan OVO.

OVO memiliki dua fitur utama, yakni:

Detail OVO
Developer PT Visionet Internasional
Ukuran 39MB
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 10.000.000+
Rating 3.9

>>>Download OVO di sini<<<

2. DOKU

Pelopor E-Wallet di Indonesia, DOKU Wallet, juga tidak kalah dengan aplikasi E-Wallet lainnya dari segi fitur.

Dilengkapi dengan fitur link kartu kredit dan uang elektronik atau cash wallet, kamu dapat menggunakan DOKU untuk berbelanja online maupun offline di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan DOKU.

Melalui DOKU E-Wallet, kamu juga bisa melakukan tarik tunai, transfer ke rekening bank, dan juga transfer ke sesama DOKU.

Aplikasi ini terbilang aman selama kamu tidak memberitahukan DOKU ID dan password kamu kepada orang lain.

Dengan menggunakan DOKU, kamu akan memperoleh banyak kemudahan seperti:

Detail DOKU
Developer PT. Nusa Satu Inti Artha (DOKU)
Ukuran 18MB
Android Minimum 4.4 ke atas
Install 1.000.000+
Rating 2.8

>>>Download DOKU di sini<<<

3. GO-PAY (GO-JEK)

Go-Jek juga mengeluarkan layanan E-Wallet bernama Go-Pay yang dapat digunakan untuk membayar transaksi yang berhubungan dengan layanan pada aplikasi, seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Tix, Go-Clean, Go-Pulsa, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan transaksi pembayaran dengan aplikasi ini di merchant-merchant online dan offline yang bekerja sama dengan GO-JEK.

Hal menarik dari fitur GO-PAY adalah GO-JEK memberikan berbagai promo khusus yang tentunya menarik dan beragam setiap kali kamu melakukan transaksi menggunakan GO-PAY.

Untuk masalah keamanan, tentunya GO-PAY sudah terjamin baik untuk seluruh transaksi pembayaran, saldo, serta informasi pribadi kamu karena sudah terdaftar di OJK.

Jadi, kamu tidak perlu meragukan keamanannya!

Detail GO-JEK
Developer PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa
Ukuran 99MB
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 50.000.000+
Rating 4.2

>>>Download GO-JEK di sini<<<

4. DANA

Aplikasi E-Wallet terbaik berikutnya adalah DANA. Platform pembayaran digital yang satu ini menawarkan beberapa keunggulan salah satunya adalah layanan dan dukungan transaksi sangat lengkap.

DANA dapat digunakan baik itu di gerai online maupun konvensional. Aplikasi ini mengusung konsep open platform agar bisa terhubung dengan layanan transaksi digital lain dari vendor yang telah bekerja sama seperti KFC, TIX.ID, Bukalapak, dan Samsung Pay.

Selain itu, DANA juga menyediakan fasilitas pembayaran lewat QR code dengan mesin transaksi di outlet yang telah bekerja sama.

Aplikasi besutan Espay ini juga telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI) dan telah memenuhi ketentuan serta persyaratan BI soal izin penggunaan uang elektronik, E-Wallet, Lembaga Keuangan Digital (LKD), dan transfer uang online.

Kamu bisa unduh aplikasi DANA di JalanTikus, Google Play Store dan Apple App Store.

Detail DANA
Developer PT Espay Debit Indonesia Koe
Ukuran 32MB
Android Minimum 4.4 ke atas
Install 10.000.000+
Rating 4.5

>>>Download DANA di sini<<<

5. Sakuku

Kalau kamu adalah nasabah bank BCA, pasti kamu sudah pernah mendengar Sakuku. Yup, Sakuku merupakan layanan dompet digital yang dirilis oleh BCA sendiri.

Banyaknya perusahaan yang menggunakan bank BCA untuk mentransfer gaji karyawannya bikin BCA tergerak untuk bikin layanan satu ini.

E-Wallet terbaik milik BCA ini dibagi jadi 2 fokus utama, yaitu Sakuku dan Sakuku Plus. Kalau pakai Sakuku, maksimal saldo kamu harus 2 juta. Sementara di Sakuku Plus, kamu bisa simpan uang hingga 10 jutaan.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari Sakuku dan Sakuku Plus:

Detail Sakuku
Developer PT Bank Central Asia Tbk.
Ukuran 41MB
Android Minimum 4.4 ke atas
Install 1.000.000+
Rating 4.2

>>>Download Sakuku di sini<<<

6. Jenius

Sebagai pendatang baru dalam layanan dompet digital di Indonesia, mau gak mau Jenius harus berinovasi agar bisa bersaing dengan para pendahulunya.

Jenius yang merupakan produk dari Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) ditujukan kepada anak muda yang lebih suka transaksi cashless karena praktis dan juga aman.

Gak perlu khawatir, geng. Jenius sudah terdaftar dalam OJK serta memiliki sertifikat keamanan dari LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

Selain bisa bertransaksi cashless, Jenius juga memiliki fitur tabungan dan kartu kredit virtual yang bisa berlangganan Netflix dan Spotify hanya dengan kartu debit Jenius.

Berikut adalah fitur unggulan dari Jenius:

Detail Jenius
Developer BTPN
Ukuran Bervariasi tergantung perangkat
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 5.000.000+
Rating 3.7

>>>Download Jenius di sini<<<

7. LinkAja

Aplikasi dompet digital yang terakhir dalam daftar ini adalah LinkAja. Ya, LinkAja juga adalah penyelenggara FinTech pendatang baru.

Sama seperti OVO dan GO-Pay, kamu dapat menggunakan fitur pembayaran LinkAja di merchant offline yang sebelumnya menjadi rekanan BUMN dan Telkomsel.

Selain itu, kemudahan aplikasi ini juga dapat dirasakan untuk membeli BBM (Bahan Bakar Minyak) di pom bensin, pengiriman uang (remitansi), pembelian pulsa dan internet, pembayaran listrik dan tagihan air PDAM.

Layanan lainnya yakni, pembelian paket TV kabel, bayar pembelian gear gaming, pembayaran BPJS Kesehatan, Asuransi Tokyo Marine, Jiwasraya hingga asuransi CAR.

Ada juga fitur pembayaran cicilan ke multifinance, televisi berbayar iFlix, dan donasi.

Detail LinkAja
Developer PT Fintek Karya Nusantara
Ukuran 35MB
Android Minimum 5.0 ke atas
Install 10.000.000+
Rating 4.5

>>>Download LinkAja di sini<<<

Keuntungan Menggunakan E-Wallet

Menggunakan E-Wallet untuk melakukan transaksi pembayaran memiliki banyak keuntungan, lho. Apa saja keuntungannya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Praktis dan Efisien

Dengan menggunakan E-Wallet kamu tidak perlu lagi pergi ke ATM, bank, dan membawa-bawa uang dan kartu yang membuat dompet tebal.

Cukup dengan handphone dan koneksi internet kamu sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi.

Seperti berbelanja di aplikasi belanja online, melakukan pembayaran di restoran, dan masih banyak lagi.

2. Banyak Promo, Diskon, dan Cashback

E-Wallet juga sering, lho, menghadirkan banyak promo, diskon, dan cashback.

Cashback-nya ada yang sampai 60%!

Jadi, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi E-Wallet.

3. Aman

Saat ini, Bank Indonesia (BI) bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi dengan ketat penyelenggara FinTech.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir. Kalau ada apa-apa kamu bisa laporkan FinTech yang bersangkutan kepada BI dan OJK.

Di sisi lain, saldo E-Wallet kamu juga aman, kok. Kalau misalnya handphone kamu hilang, belum tentu saldo kamu raib juga.

Karena kebanyakan aplikasi E-Wallet saat ini sudah dilengkapi dengan metode keamanan fingerprint, dan PIN.

Akhir Kata

Itulah dia 7 aplikasi E-Wallet terbaik di Indonesia. Dari kelima aplikasi tersebut, kamu menggunakan E-Wallet yang mana?

Baca juga artikel seputar FinTech atau artikel menarik lainnya dari Andini Anissa.

ARTIKEL TERKAIT

GO-PAY vs OVO: Siapakah Raja FinTech Indonesia?

Penjelasan Lengkap Apa Itu Fintech, Manfaat, dan Jenisnya | Biar Makin Paham!

Ini Daftar 54 Fintech yang Sudah kantongi Izin dari Bank Indonesia | Maret 2019

100+ Daftar Aplikasi Pinjam Uang Online Ilegal 2020, Jangan Tertipu!

Jangan Salah! Ini Bedanya E-Wallet dan E-Money

5 Produk E-Money Terpopuler dari Berbagai Bank di Indonesia

undefined
Kembali Keatas