12 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di 2021 | Biar Kamu Gak Boncos!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 04 Maret 2021, 09:00
Aplikasi pengatur keuangan bisa membantu mengelola keuanganmu supaya tidak boros. Yuk, cek aplikasi pengatur keuangan terbaik di sini! (Update 2021)

Kamu sering lupa menghabiskan uangmu untuk apa saja? Rasanya, baru saja gajian, eh, dompet tiba-tiba menipis lagi. Kalau begitu, kamu butuh aplikasi pengatur keuangan.

Banyaknya promo yang ditawarkan aplikasi belanja online maupun merchant di mall sering kali membuat kita tergiur.

Meskipun mendapatkan potongan harga, tapi jika kamu berbelanja dalam jumlah banyak tentu saja tetap boros. Padahal, uang yang kamu miliki bisa ditabung untuk kebutuhan yang lebih besar.

Selain itu, kini kamu bisa mendapatkan uang dengan mudah dan tanpa modal melalui aplikasi penghasil uang.

Nah, agar uang yang sudah didapatkan tidak cepat habis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pengatur keuangan. Fitur-fiturnya sangat bermanfaat untuk mengatur rencana pengeluaran, loh.

Check it out!

1. AndroMoney (Expense Track)

Sumber foto: Play Store

Aplikasi pertama yang bisa kamu pakai adalah AndroMoney. Aplikasi ini mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

ADVERTISEMENT

Fitur-fitur yang dimiliki oleh AndroMoney adalah mendukung beberapa akun dalam satu aplikasi, penyimpanan cloud, dukungan mata uang yang lengkap, dan masih banyak lagi.

Kalau malas ribet, kamu bisa sekadar melihat ringkasan pengeluaran dan pemasukanmu. Selain di HP Android, AndroMoney juga tersedia di iOS dan web.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail AndroMoney
Developer Andro
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 22MB
Download 1.000.000+
Rating (Google Play) 4.7/5.0

Download aplikasi AndroMoney di sini:

2. Money Manager Expense & Budget

Sumber foto: Play Store

Money Manager Expense & Budget merupakan aplikasi lain yang dapat membantu mengatur keuangan pribadimu. Kamu tinggal mencatat transaksi harianmu dan melihat laporan keuangannya.

Aplikasi ini cocok untuk kebutuhan akuntasi. Kamu bahkan bisa menghubungkan kartu debit ke dalam akunmu, sehingga semua data akan tersinkronisasi secara otomatis.

Tenang saja, aplikasi ini dilengkapi dengan kode sandi yang aman. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, tapi tersedia versi berbayar untuk menghilangkan iklan.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Money Manager Expense & Budget
Developer Realbyte Inc.
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 16MB
Download 5.000.000+
Rating (Google Play) 4.4/5.0

Download aplikasi Money Manager Expense & Budget di sini:

3. Money Lover: Expense Manager & Budget Tracker

Sumber foto: via Play Store

Mencatat transaksi jadi lebih mudah berkat Money Lover. Aplikasi ini dapat membantu kamu melacak keuangan yang keluar maupun masuk, sehingga akan terlihat jelas kamu menggunakan uang untuk apa saja.

Selain itu, kamu juga bisa membuat rancangan anggaran, sehingga akan muncul peringatan jika pengeluaran sudah melewati batas angka tertentu.

Fitur-fitur lainnya adalah Budget, Savings, dan Events yang berfungsi mengatur pengeluaran dalam sebulan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti makan, transportasi, dan hiburan.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Money Lover
Developer Finsify
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 23MB
Download 5.000.000+
Rating (Google Play) 4.6/5.0

Download aplikasi Money Lover di sini:

4. Monefy - Money Manager

Sumber foto: via Play Store)

Mengelola keuangan mungkin masih menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Oleh karena itu, tampilan yang eye-catching, tapi simpel menjadi salah satu keutamaan dalam aplikasi pengatur keuangan.

Kelebihan ini dapat kamu temukan pada Monefy. Tampilan antarmukanya sederhana dan intuitif, sehingga menjadi andalan banyak pengguna.

Alasan lain mengapa kamu harus menggunakan Monefy adalah ada banyak informasi terperinci dari daftar catatan, pilihan kategori yang beragam, dan bisa sinkronisasi data dengan semua perangkatmu.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Monefy
Developer Aimbity AS
OS Minimal Berariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 5.000.000+
Rating (Google Play) 4.6/5.0

Download aplikasi Monefy di sini:

5. Wallet: Money, Budget, Finance & Expense Tracker

Sumber foto: Play Store

Ingin aplikasi keuangan yang serba lengkap? Kalau begitu, kamu perlu mencoba aplikasi Wallet yang dirilis oleh BudgetBakers.com.

Serunya, melacak pengeluaran bisa dilakukan secara real time karena aplikasi ini dapat disinkronisasi dengan akun bankmu.

Laporan keuangan hadir dalam bentuk grafik yang menarik dan mudah dipahami. Kamu juga bisa membuat beberapa akun sekaligus dalam satu aplikasi.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Wallet: Money, Budget, Finance & Expense Tracker
Developer BudgetBakers.com
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 29MB
Download 1.000.000+
Rating (Google Play) 4.6/5.0

Download aplikasi Wallet di sini:

6. Mint: Budget, Bills, & Finance Tracker

Sumber foto: Play Store

Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi investasi, maka kamu akan suka dengan Mint. Pasalnya, aplikasi ini dapat mencatat portofolio investasimu.

Selain itu, kamu bisa mencatat tagihan bulanan, pinjaman kredit, dan giro. Kategorisasi yang tersedia juga lengkap, misalnya pengeluaran untuk makan bisa dimasukkan ke dalam kategori Food & Dining.

Keuanganmu juga bisa ditampilkan dalam bentuk grafik dan bagan yang dapat mempermudah pemeriksaan kondisi keuangan. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Mint: Budget, Bills, & Finance Tracker
Developer Intuit Inc
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 60MB
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.5/5.0

Download aplikasi Mint di sini:

7. Money Manager: Expense Tracker, Free Budgeting App

Sumber foto: Play Store

Aplikasi pengatur keuangan selanjutnya adalah Money Manager. Tidak hanya mencatat pengeluaran, kamu juga bisa melihat laporan penggunaan kartu kredit maupun debit.

Money Manager memiliki desain yang sederhana dan mudah digunakan. Kamu hanya perlu beberapa detik untuk mencatat transaksi keuanganmu.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan grafik pengeluaran dan pemasukan. Tidak ada iklan dan batasan fitur juga membuatnya menjadi salah satu yang terbaik.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Money Manager
Developer Money Manager, Expense Tracker, Currency Exchange
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 4.9MB
Download 1.000.000+
Rating (Google Play) 4.5/5.0

Download aplikasi Money Manager di sini:

Lainnya . . .

8. Catatan Keuangan Harian

Dirilis oleh PT Beegroup Financial Indonesia, Catatan Keuangan Harian dapat memberikan kemudahan dalam mencatat laporan bulanan keuanganmu.

Pada aplikasi ini, terdapat beberapa fitur yang mendukung kenyamanan dalam mengatur keuangan, seperti pencatatan pengeluaran, pemasukan, dan perhitungan selisih.

Bagi kamu yang butuh back up data, kamu bisa mengirim laporan keuangan dari aplikasi Catatan Keuangan Harian ke MS Excel. Nantinya, kamu juga bisa mengubah file Excel menjadi PDF supaya lebih enak dibaca.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Catatan Keuangan Harian
Developer PT Beegroup Financial Indonesia
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 4.1MB
Download 1.000.000+
Rating (Google Play) 4.6/5.0

Download aplikasi Catatan Keuangan Harian di sini:

9. Finansialku - Asisten Keuangan Pribadi

Sebagai aplikasi pengatur keuangan yang sudah mendapatkan sertifikat CFP (Certified Financial Planner), Finansialku dijamin aman dan terpercaya.

Ada opsi untuk menghubungkan rekening dengan aplikasi, sehingga kamu bisa menentukan budget berdasarkan tabungan yang kamu miliki.

Tidak hanya mencatat pengeluaran dan pemasukan, kamu juga bisa konsultasi soal keuangan dengan financial planner dari Finansialku, sehingga aplikasi ini memiliki banyak manfaat.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Finansialku - Asisten Keuangan Pribadi
Developer PT. Solusi Finansialku Indonesia
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 58MB
Download 100.000+
Rating (Google Play) 4.2/5.0

Download aplikasi Finansialku - Asisten Keuangan Pribadi di sini:

10. Cash Droid

Aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah Cash Droid. Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana yang mampu menunjukkan grafik keuangan dengan simpel.

Salah satu alasan Cash Droid layak disebut sebagai salah satu yang terbaik adalah tampilan grafiknya mampu menganalisis keuangan dan file CSV impor (untuk versi Cash Droid Pro).

Mirip dengan AndroMoney, aplikasi ini juga mampu mengelompokkan berbagai macam pemasukan dan pengeluaran. Contohnya, pembayaran asuransi dan tagihan bulanan dikelompokkan ke dalam kategori pengeluaran.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Cash Droid
Developer The Dino
OS Minimal Android 2.1 ke atas
Ukuran 2.3 MB
Download 100.000+
Rating (Google Play) 4.1/5.0

Download aplikasi Cash Droid di sini:

11. 1Money

Di nomor 11, Jaka merekomendasikan kamu untuk mencoba aplikasi pengelola keuangan yang bernama 1Money. Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan gabungan dari Monefy dan juga Money Lover.

Untuk memudahkan penggunaan, 1Money memiliki desain interface yang user-friendly banget. Namun, jangan meragukan kompleksitas fitur yang dimiliki aplikasi ini, geng.

Fitur-fitur yang dimiliki kurang lebih mirip dengan aplikasi yang sudah Jaka bahas sebelumnya. Hanya saja, kamu perlu meng-upgrade ke akun premium untuk mengatur lebih banyak kategori keuangan.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail 1Money
Developer PixelRush
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 13 MB
Download 1.000.000+
Rating (Google Play) 4.7/5.0

Download aplikasi 1Money di sini:

12. Teman Bisnis

Nah, kalau kamu sedang memulai peruntungan sebagai pebisnis, kamu bisa mencatat dan mengelola keuangan kamu melalui aplikasi Teman Bisnis, geng.

Teman Bisnis mampu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kamu dari beragam sumber yang juga bisa dikelompokkan dalam beberapa kategori.

Kalau kamu sedang kredit atau utang sesuatu, Teman Bisnis juga punya fitur untuk mencatatnya, lho. Bahkan bisa menghitung otomatis keuntungan, kerugian, utang piutang, dan arus kas.

Kelebihan:

Kekurangan:

Detail Teman Bisnis
Developer Badr Interactive
OS Minimal Android 4.2 ke atas
Ukuran 13 MB
Download 100.000+
Rating (Google Play) 4.3/5.0

Download aplikasi Teman Bisnis di sini:

BONUS: 8 Aplikasi Investasi Untuk Pemula Terbaik, Mudah dan Terpercaya!

Nah, kalau pengeluaran dan pemasukan kamu tercatat dengan baik, kondisi keuangan kamu lama kelamaan bakal makin terkontrol, geng.

Kalau dirasa cash flow kamu sudah stabil, gak ada salahnya untuk mencoba menabung saham. Apalagi, saat ini sudah banyak banget aplikasi investasi terbaik yang cocok untuk pemula.

Nah, kalau pengen tahu apa saja aplikasi investasi untuk pemula yang aman dan terpercaya, kamu bisa simak artikel di bawah ini:

8 Aplikasi Investasi Untuk Pemula Terbaik, Mudah Dan Terpercaya!
Mau dapat return tinggi dengan investasi saham, reksa dana, atau emas? Berikut daftar aplikasi investasi terbaik online 2022 yang sudah terdaftar di OJK.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu dia beberapa aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa kamu download. Harapannya, aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih baik, sehingga pada akhirnya bisa lebih hemat.

Kalau kamu mencari aplikasi pengatur keuangan PC, kamu bisa membuka situs resmi aplikasi-aplikasi di atas karena kebanyakan sudah mendukung multi-platform.

Meski sudah dibantu aplikasi, namun yang paling utama adalah niat yang kuat dari dalam diri untuk menahan pengeluaran yang tidak urgent. Kamu harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT

10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Mudah, Cepat, & Banyak!

15+ Situs Penghasil Uang Tercepat dan Terpercaya, Auto Kaya Sambil Rebahan!

10 Jenis Video yang Paling Laku dan Paling Banyak Menghasilkan Uang di YouTube, YouTubers Masuk!

10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!

10 Aplikasi Pengukur Suhu (Termometer), untuk Suhu Tubuh & Ruangan!

17 Aplikasi & Game Penghasil Pulsa Tercepat, No Tipu-Tipu!

undefined
Kembali Keatas