20 Aplikasi Edit Video di Android, iOS, & PC Terbaik 2022 dengan Fitur Terlengkap!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 19 April 2022, 20:00
Tak perlu jago ngedit? Ini 20 aplikasi edit video di HP Android dan iOS terbaik & terbaru 2022 dengan fitur terlengkap!

Aplikasi edit video terbaik bisa menyulap kamu menjadi seorang video editor profesional. Meski hanya melalui HP Android atau iOS, kamu bisa menghasilkan konten video ciamik untuk diunggah ke media sosial.

Yup, kamu mungkin sebelumnya pernah mendengar aplikasi edit video PC dan laptop seperti Adobe Premiere Pro, kan? Aplikasi tersebut memang sangat populer, geng.

Sayangnya, untuk mengoperasikan Adobe Premiere Pro membutuhkan perangkat dengan spek yang lumayan tinggi. Tapi, sekarang nggak perlu khawatir lagi sebab ada aplikasi edit video terbaik tanpa watermark yang bisa kamu coba di sini.

Terlebih, sejumlah aplikasi edit video gratis ini sudah diseleksi dan dikumpulkan langsung oleh tim JalanTikus khusus untuk kamu, lho. Penasaran apa saja rekomendasinya? Yuk, simak selengkapnya di bawah!

1. Lightworks

Lightworks adalah aplikasi yang perlu kalian coba. Pasalnya, platform yang satu ini bisa menghasilkan video berkualitas tinggi Full HD tanpa proses sulit.

Lightworks memiliki segudang fitur menarik yang bisa membantu proses editing video. Mulai dari fitur Effect, Timeline, dan puluhan fitur menarik lainnya tersedia di sini.

Aplikasi ini cukup banyak digunakan dan disukai karena gratis didapatkan. Setelah diedit, kamu bisa dengan mudah membagikan video ke media sosial sepeti pada TikTok.

ADVERTISEMENT

Kelebihan Lightworks:

Kekurangan Lightworks:

Detail Lightworks
Developer Pz Production
OS Minimal Android 7.0 ke atas
Ukuran 76MB
Download 10.000 ke atas
Rating 3.2/5 (Google Play)

Download Lightworks di sini.

Lightworks APK Latest Version
Apps Video & Audio
DOWNLOAD

2. Alight Motion Pro

Alight Motion Pro merupakan aplikasi edit video terbaik 2022 yang digunakan untuk membuat motion-designing secara cepat dan mudah.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan melalui smartphone maupun tablet. Kamu juga bisa menyesuaikan warna, menambahkan gambar dan audio, serta mengekspor proyeknya menjadi MP4 atau GIF.

Hanya saja, Alight Motion Pro merupakan aplikasi berbayar. Oleh sebab itu, tentu saja fitur yang dimiliki jauh lebih lengkap dibandingkan versi gratis.

Tenang saja, buat kamu yang pengen nyobain semua fitur Alight Motion Pro, Jaka telah menyediakan versi MOD agar kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Download Alight Motion Pro MOD APK 3.3.4 | Free & No Watermark!
Kamu suka edit atau bikin video animasi estetik? Itu artinya kamu harus download Alight Motion Pro MOD APK terbaru 2022 dengan ragam fitur premium gratis!
LIHAT ARTIKEL

Kelebihan Alight Motion Pro:

Kekurangan Alight Motion Pro:

Detail Alight Motion Pro
Developer Alight Creative, Inc.
OS Minimal Android 6.0 ke atas
Ukuran 28MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)

Download Alight Motion Pro di sini.

Alight Motion Pro MOD APK 3.5.0
Apps Video & Audio Nordeus
DOWNLOAD

3. VN Video Editor Maker - VlogNow

Kamu juga bisa mendapatkan aplikasi VN Video Editor Maker alias VlogNow yang bisa dibilang powerful dan punya user interface yang profesional.

Aplikasi edit video tanpa watermark ini bisa digunakan baik untuk editor pemula atau profesional dengan berbagai macam tools gratis, geng.

Salah satu fitur unggulan dari VN Video Editor adalah kemampuan untuk memberikan filter atau FX yang bisa kamu atur sendiri, geng.

Jadi buat kamu yang mau melakukan color grading seperti pada Adobe Premiere Pro, aplikasi VN bisa memberikan keleluasaan pengaturan cuma lewat jari kamu.

Terlebih aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis dan tetap mendapat dukungan langsung dari developernya melalui channel Telegram resmi.

Kelebihan VN Video Editor Maker:

Kekurangan VN Video Editor Maker:

Detail VN Video Editor Maker - VlogNow
Developer Ubiquiti Labs, LLC
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 93MB
Download 500.000 ke atas
Rating 3.9/5 (Google Play)

Download VN Video Editor Maker - VlogNow di sini.

VN Video Editor 1.14.0
Apps Video & Audio Ubiquiti Labs, LLC
DOWNLOAD

4. KineMaster

Selanjutnya ada KineMaster yang merupakan salah satu aplikasi paling populer di kalangan para pengguna perangkat mobile.

Selain fitur standar seperti potong dan tempel, kamu juga bisa mendapatkan fitur lain seperti chroma key yang banyak digunakan oleh para YouTuber gaming.

KineMaster menyediakan opsi gratis dan berbayar pada aplikasinya. Pada opsi berbayar tentu fitur yang diberikan akan lebih lengkap dan watermark KineMaster yang bisa kamu hilangkan.

Sementara untuk para pengguna gratis, mending siap-siap akan hadirnya watermark pada video setiap kali kamu meng-export-nya, nih.

Tentu saja watermark tersebut akan mengurangi estetika videomu. Gak heran banyak orang yang mencari cara menghilangkan watermark KineMaster.

Kelebihan KineMaster:

Kekurangan KineMaster:

Detail KineMaster - Video Editor
Developer KineMaster Corporation
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 87MB
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.4/5 (Google Play)

Download KineMaster di sini.

KineMaster - Video Editor 4.12.3.15162.GP
Apps Video & Audio KineMaster Corporation
DOWNLOAD

5. FilmoraGo

Editor video lainnya yang bisa kamu temukan di Android dan iPhone bernama FilmoraGo yang dikembangkan oleh developer Wondershare.

Aplikasi edit video iPhone yang juga populer di Android ini menyediakan fitur editing dasar. Kamu bisa mengedit video dalam rasio 16:9 untuk YouTube atau rasio 1:1 untuk posting feed Instagram.

Walaupun ada beberapa opsi berbayar, aplikasi edit video ini tetap nyaman kamu gunakan pada versi gratis dan bebas dari watermark, lho. Ajib banget, kan?

Selain itu, buat kamu yang mencari aplikasi edit video Windows 10, FilmoraGo juga tersedia dalam versi dektop dengan nama Filmora, geng.

Kelebihan FilmoraGo:

Kekurangan FilmoraGo:

Detail FilmoraGo - Free Video Editor
Developer Wondershare Software (H.K.) Co., Ltd.
OS Minimal Android 4.2 ke atas
Ukuran 35MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.0/5 (Google Play)

Download FilmoraGo di sini.

FilmoraGo - Free Video Editor 3.1.4
Apps Video & Audio Wondershare Software
DOWNLOAD

6. PowerDirector

Kalau kamu mau aplikasi edit video YouTuber, ada pula PowerDirector yang punya tampilan semi profesional yang hadir pada perangkat mobile.

Aplikasi edit video di HP terbaik ini memang sudah direkomendasikan banyak content creator, seperti pada channel MYtakesilo.

User interface-nya cukup umum dengan fitur editing menggunakan konsep timeline. Kamu dapat menyisipkan video, efek, stiker, dan dua timeline audio sekaligus.

Buat kamu para YouTuber pemula yang lagi cari aplikasi edit video Android gratis, PowerDirector boleh Jaka rekomendasikan, geng.

Kelebihan PowerDirector:

Kekurangan PowerDirector:

Detail PowerDirector - Video Editor & Video Maker
Developer CyberLink Corp
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 59MB
Download 50.000.000 ke atas
Rating 4.4/5 (Google Play)

Download PowerDirector di sini.

PowerDirector - Video Editor App, Best Video Maker 6.6.1
Apps Video & Audio Cyberlink
DOWNLOAD

7. Inshot

Aplikasi edit video terbaik Android lainnya adalah InShot. Fitur editing di dalamnya terbilang cukup sederhana sehingga cocok digunakan oleh para pemula.

InShot memungkinkanmu untuk memotong, menyusun, dan menambahkan musik pada video. Ada juga fitur input teks, emoji, dan efek yang membuatnya tambah menarik.

Aplikasi ini juga sangat cocok untuk editing video ringan pada Instagram, baik untuk kebutuhan posting Instagram Feed maupun Instagram Stories.

Kelebihan InShot:

Kekurangan InShot:

Detail InShot - Free Video Editor
Developer InShot Inc.
OS Minimal Android 4.3 ke atas
Ukuran 36MB
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.8/5 (Google Play)

Download InShot di sini.

Inshot Pro 1.589.226
Apps Video & Audio
DOWNLOAD

8. Adobe Premiere Rush

Siapa yang nggak mengenal software bernama Adobe Premiere Pro sebagai salah satu aplikasi edit video terbaik PC ataupun laptop?

Adobe Premiere Rush yang hadir di smartphone Android pun menawarkan fitur editing otomatis dari galeri foto maupun video yang kamu miliki.

Kamu juga bisa mengedit secara manual dengan menyisipkan berbagai alat, efek, dan musik yang tersedia. Pokoknya ringan kalau untuk kebutuhan media sosial, deh!

Kelebihan Adobe Premiere Rush:

Kekurangan Adobe Premiere Rush:

Detail Adobe Premiere Rush
Developer Adobe
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 59.1MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 3.4/5 (Google Play)

Download Adobe Premiere Rush di sini.

Adobe Premiere Rush Video Editor 1.5.19.3417
Apps Video & Audio
DOWNLOAD

9. Quik

Apakah kamu salah satu pengguna action camera GoPro untuk merekam aktivitas ekstrem? Aplikasi bernama Quik ini bisa kamu gunakan, geng.

Bisa terhubung dengan smartphone, di sini kamu bisa menambahkan hingga 50 foto dan video sehingga Quik langsung mengedit video pendek secara otomatis untuk dibagikan ke media sosial.

Aplikasi pengedit video vlog ini juga menyediakan banyak kumpulan filter yang dapat kamu gunakan untuk membuat tampilan video kamu makin ciamik.

Kelebihan Quik:

Kekurangan Quik:

Detail Quik - GoPro Video Editor
Developer GoPro
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 99MB
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.7/5 (Google Play)

Download Quik di sini.

Quik Free Video Editor for photos, clips, music 5.0.7.4057-000c9d4b4
Apps Video & Audio GoPro Inc
DOWNLOAD

10. VivaVideo

Lalu kalau kamu mau download aplikasi edit video offline gratis, ada juga VivaVideo yang sudah banyak direkomendasikan oleh pengguna di seluruh dunia.

VivaVideo menyediakan lebih dari 200 filter yang bisa kamu gunakan dengan user interface berbasis storyboard dalam melakukan proses editing.

Ada pula berbagai efek menarik, input teks, dan mendukung video fast atau slow motion untuk keperluan Instagram, YouTube, hingga TikTok yang populer saat ini.

Kelebihan VivaVideo:

Kekurangan VivaVideo:

Detail VivaVideo: Free Video Editor
Developer QuVideo Inc.
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play)

Download VivaVideo di sini.

VivaVideo - Video Editor & Video Maker 8.0.4
Apps Video & Audio QuVideo Inc.
DOWNLOAD

Aplikasi Edit Video Terbaik Lainnya

11. VideoShow

Meski performa dan fiturnya belum sebanding dengan aplikasi semacam PowerDirector atau KineMaster, namun VideoShow ini patut juga kamu coba.

Sebab, aplikasi ini membuat kamu terbebas dari gambar watermark yang mengganggu dan biasa terletak di sudut video ini, geng.

VideoShow memberikan sejumlah fitur standar dengan tambahan berbagai macam stiker, teks, efek, dan tema yang dapat kamu pilih dengan sangat mudah.

Kelebihan VideoShow:

Kekurangan VideoShow:

Detail VideoShow - Free Video Editor with Music
Developer VideoShow EnjoyMobi Inc.
OS Minimal Android 4.0.3 ke atas
Ukuran 24MB
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.6/5 (Google Play)

Download VideoShow di sini.

VideoShow Video Editor, Video Maker, Photo Editor 8.6.8rc
Apps Video & Audio VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc
DOWNLOAD

12. iMovie

Sebagai aplikasi edit video iPhone yang datang dari Apple sendiri, iMovie punya fitur yang tergolong canggih untuk sebuah perangkat mobile.

Di sini kamu bisa melakukan pengeditan pada video hingga resolusi 4K dengan berbagai macam template dan tema yang disediakan di dalamnya.

Ada sekitar 14 template video, 8 tema unik, dan 10 jenis filter yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu, geng. Selain untuk iPhone, iMovie juga tersedia di iPad dan MacBook.

Kelebihan iMovie:

Kekurangan iMovie:

Detail iMovie
Developer Apple Inc.
OS Minimal iOS 13.4 ke atas
Ukuran 619.3MBMB
Rating 3.9/5 (App Store)

iMovie via App Store

13. Funimate

Seperti namanya, Funimate memang merupakan sebuah aplikasi edit video lucu yang memberikan berbagai kemudahan pada penggunanya.

Untuk mengedit video pun terbilang cukup mudah dan simpel karena Funimate menyediakan lebih dari 15 filter video yang dapat kamu terapkan secara gratis.

Funimate memang nggak menawarkan fitur editing profesional dengan banyak tools. Namun, aplikasi ini cocok buat kamu yang mau senang-senang dengan posting video seperti untuk Instagram Stories.

Kelebihan Funimate:

Kekurangan Funimate:

Detail Funimate - Effect Video Editor
Developer AVCR Inc.
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 98MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.4/5 (Google Play)

Download Funimate di sini.

Funimate Pro Mod 7.1.5.3
Apps Entertainment
DOWNLOAD

14. Magisto

Video editor terbaik yang terakhir adalah Magisto yang secara fungsinya bukan ditujukan buat kamu yang membutuhkan aplikasi profesional.

Magisto dapat digunakan lewat tiga cara mudah, yakni pilih gambar atau video, pilih musik latar, dan tambahkan judul tanpa watermark saat kamu export.

Aplikasi yang satu ini tentu cocok buat anak media sosial yang nggak punya waktu banyak dalam mengedit sebuah video.

Kelebihan Magisto:

Kekurangan Magisto:

Detail Magisto - Video Editor & Presentation Maker
Developer Magisto by Vimeo
OS Minimal Android 6.0 ke atas
Ukuran 8.1MB
Download 50.000.000 ke atas
Rating 3.8/5 (Google Play)

Download Magisto di sini.

Magisto - Video Editor & Music Slideshow Maker 4.58.0.20174
Apps Video & Audio Magisto
DOWNLOAD

15. Venlow

Pernah mendengar Venlow? Aplikasi ini biasanya dipakai buat para pengguna yang ingin WhatsApp Story atau IG Story nya berkualitas bagus dan tidak nge-blur.

Caranya adalah dengan meng-encoding video yang diunggah. Alhasil, biarpun ukuran video menjadi kecil, namun kualitasnya tetap tinggi sehingga gambar terlihat jernih dan tajam.

Tampilan Venlow sendiri sangat simpel dan bisa digunakan siapapun. Dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, Venlow bisa jadi aplikasi andalanmu.

Kelebihan Venlow:

Kekurangan Venlow:

Detail Venlow
Developer Irshad P
OS MInimal 7.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran 128MB
Download 100.000+
Rating (Google Play) 4.6/5.0

Download Venlow di sini.

Venlow MOD APK 0.8.2
Apps Utilities
DOWNLOAD

16. Film Maker Pro

Film Maker Pro adalah aplikasi editing video yang cocok digunakan untuk pemula ataupun profesional. Aplikasi android ini menawarkan serangkaian fitur editing ala film Hollywood sekaligus fitur editing sederhana seperti slide show.

Film Maker Pro menyediakan berbagai template video untuk intro Youtube, musik gratis, template tulisan yang beragam, serta dan menyediakan efek Shake & Glitch yang terkenal di Instagram dan TikTok sehingga cocok sekali digunakan oleh konten kreator pemula.

Kelebihan Film Maker Pro:

Kekurangan Film Maker Pro:

Detail Film Maker Pro - Movie Maker & Video Editor
Developer cerdillac
OS MInimal 5.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran 34MB
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.6/5.0

Download Film Maker Pro di sini.

17. Cyberlink PowerDirector

Cyberlink PowerDirect atau yang akrab disebut PowerDirector - Video Editor adalah aplikasi editing video berikutnya yang Jaka rekomendasikan untukmu.

Dirilis oleh Cyberlink Corp, aplikasi edit video dengan lagu tersebut menyediakan segala kemudahan dan kelengkapan fitur-fiturnya yang siap membantumu membuat video terbaik.

Tersedia berbagai sarana untuk edit video, baik secara manual atau dengan memanfaatkan fitur Express Project sehingga proses editing lebih cepat dari biasanya.

Kelebihan Aplikasi Cyberlink PowerDirector

Kekurangan Cyberlink PowerDirector

Detail PowerDirector - Video Editor
Developer Cyberlink Corp
OS MInimal 5.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran 104 MB
Download 100.000.000+
Rating (Google Play) 4.3/5.0

>>> Download PowerDirector - Video Editor di Sini <<<

18. Davinci Resolve

Selain PowerDirectir di atas, Davinci Resolve juga wajib kamu coba untuk mengedit video TikTok dan Reels Instagram. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menghasilkan video dengan kualitas terbaik seperti Adobe Premiere Pro.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa mengunduhnya di bawah.

Kelebihan Davinci Resolve

Kekurangan Davinci Resolve

Detail Davinci Resolve Complete Course
Developer Ucco Studios
OS MInimal 4.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran 24 MB
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.3/5.0

>>> Download Davinci di Sini <<<

19. YouCut

Buat kamu yang ingin aplikasi edit video di Android yang ringan dan nyaman, mungkin YouCut bisa jadi salah satu pilihan yang terbaik, geng.

Aplikasi ini sudah memungkinkan kamu untuk mengubah latar belakang video, menyesuaikan warna, memotong durasi video, menggabungkan video, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga sudah tersedia beberapa koleksi music bebas royalti yang bisa kamu pakai, lho. Kalau kamu tertarik, kamu bisa mengunduhnya di bawah.

Kelebihan YouCut

Kekurangan Davinci Resolve

Detail YouCut
Developer InShot Inc.
OS MInimal 7.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran 49 MB
Rating (Google Play) 4.8/5.0

>>> Download YouCut di Sini <<<

20. VidTrim

Rekomendasi terakhir Jaka adalah VidTrim, aplikasi edit video yang punya tampilan sederhana dan mudah dipahami, geng. Jadi cocok banget buat para pemula.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan beberapa hal, seperti misalnya konversi file dari MP4 menjadi MP3 hingga mengambil gambar dari frame tertentu di video.

Kalau kamu tertarik dengan aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya melalui link di bawah, geng!

Kelebihan VidTrim

Kekurangan Davinci Resolve

Detail YouCut
Developer Goseet
OS MInimal 5.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran 35 MB
Rating (Google Play) 4.3/5.0

>>> Download VidTrim di Sini <<<

Bonus: Aplikasi Edit Video Terbaik PC

Kalau di atas Jaka telah mengulas aplikasi Android untuk edit video, kini Jaka mau kasih kamu bonus rekomendasi aplikasi edit video PC yang bisa kamu gunakan.

Fiturnya yang banyak, serta spesifikasi minimum yang ringan bikin editing video di PC jadi mudah dengan software video editing ini.

Kalau kamu sudah gak sabar, kamu bisa klik link berikut ini untuk mengetahui apa saja rekomendasi aplikasi edit video terbaik PC gratis untuk kamu coba!

10 Aplikasi Edit Video PC Ringan & Terbaik 2020, Banyak Yang Gratisan!
Cari software edit video profesional ringan? Ini daftar aplikasi edit video PC ringan, gratis, dan terbaik 2022 gratis download dan mudah!
LIHAT ARTIKEL

Daftar Aplikasi Edit Video 2022 di Android & iPhone Terbaik

  1. Lightworks
  2. Quik
  3. iMovie
  4. YouCut
  5. VidTrim

Akhir Kata

Itulah rekomendasi aplikasi edit video terbaik 2022 yang bisa digunakan di HP Android, iPhone, dan PC. Deretan aplikasi di atas tentu sangat cocok digunakan para videografer mobile untuk membuat video cinematic dan kebutuhan lainnya.

Kelebihannya lagi, semua rekomendasi yang sudah Jaka kumpulkan di atas dapat kamu akses secara gratis meski dengan spek perangkat yang standar. Jadi buat kamu yang masih pemula juga bisa menggunakannya, geng. Bakal percaya diri deh saat ingin upload konten video di medsos!

Jadi, manakah yang terbaik menurutmu? Atau punya rekomendasi lainnya? Yuk, tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini ya!

Baca juga artikel seputar Edit Video atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mudah Edit Video Jadi Cinematic, Modal HP Doang!

15 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Terbaik 2021 di Android dan PC, Praktis!

15 Aplikasi Edit Video di iPhone dan iPad Terbaik 2022, Hasil jadi Aesthetic!

12 Aplikasi Edit Video Lucu Android, Bikin Ketawa Ngakak!

7 Alternatif Aplikasi Pemutar Video Terbaik di iPhone, Fiturnya Lengkap Banget!

10 Aplikasi Slow Motion Gratis Terbaik 2020, Bikin Video Keren!

undefined
Kembali Keatas