25+ Aplikasi Edit Video di Laptop & PC Gratis Terbaik 2023, Ringan & Banyak Fitur!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 04 October 2023, 11:30
Cari software edit video profesional ringan? Ini daftar aplikasi edit video PC ringan, gratis, dan terbaik 2023 gratis download dan mudah!

Mengedit video di laptop atau PC bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin membuat konten visual yang maksimal hingga video animasi sederhana, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Kamu tidak perlu khawatir jika laptop atau PC kamu tidak memiliki spesifikasi tinggi, karena ada banyak aplikasi edit video di laptop dan PC ringan yang bisa kamu coba.

Apalagi jika kamu memiliki laptop atau PC yang cukup mumpuni, kamu bisa memilih aplikasi edit video yang lebih profesional, seperti Blender, Openshot, atau Adobe Premiere Pro. Aplikasi-aplikasi ini termasuk dalam daftar software edit video di laptop ringan 2023 yang akan Jaka rekomendasikan untuk kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, simak ulasan dan link download aplikasi edit video di laptop ringan 2023 yang Jaka siapkan berikut ini. Dengan aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa belajar edit video dengan mudah dan cepat, dan menjadi editor video handal!

1. Wondershare Filmora

Sumber foto: Wondershare - Aplikasi edit video di laptop free download

Software edit video yang pertama Jaka rekomendasikan adalah Wondershare Filmora. Filmora sangatlah populer dan dijadikan rujukan sebagai salah satu aplikasi edit video terbaik untuk saat ini.

Dengan UI yang sederhana, Filmora sangatlah cocok untuk digunakan oleh para pemula yang ingin belajar edit video YouTube.Berbicara soal fitur, Filmora sendiri bisa dibilang cukup lengkap dengan beragam fitur editing yang tersedia. Kalian bisa dengan mudah memasukkan segala elemen video termasuk musik, gambar, bahkan transisi-transisi sederhana.

Kelebihan Wondershare Filmora:

Kekurangan Wondershare Filmora:

Spesifikasi Minimal Wondershare Filmora
Developer Wondershare Technology
OS Windows 7/8/8.1/10 (64-bit)
Processor Intel i3 or better multicore processor, 2GHz or above
Memory 4GB
Graphics 2GB VRAM Intel HD Graphics 5000 or NVIDIA GeForce GTX 700 or AMD Radeon R5
DirectX DirectX 11.0
Storage 10GB

>>> Download Wondershare Filmora di Situs Resmi <<<

>>> Download Wondershare Filmora untuk Mobile (Android/iOS) <<<

2. Blender

Sumber foto: Blender - Aplikasi edit video di laptop download

Blender merupakan salah satu software edit video gratis berukuran ringan yang bisa dipakai untuk komputer atau laptop berbasis Windows, Mac, dan Linux. Hanya berukuran 128-190MB saja, kamu bisa mengunduh aplikasi ini.

Fitur-fitur edit yang dihadirkan oleh aplikasi ini cukup lengkap, bahkan bisa dibilang sudah sekelas pro. Kamu pun bisa menggunakan aplkikasi ini dengan mudah karena tidak terlalu rumit.

Fitur seperti Live preview, Audio mixing, syncing, scrubbing dan waveform visualization tersedia di sini. Mulai dari cut atau memotong video hingga proses editing lebih rumit bisa dilakukan.

Kelebihan Blender:

Kekurangan Blender:

Spesifikasi Minimal Blender
OS Windows 8.1/Windows 10/Windows 11

macOS 10.13 Intel

Linux
Processor Intel Celeron
Memory 8GB
Graphics 2GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 4GB

>>> Download Blender di Situs Resmi <<<

3. VirtualDub

Sumber foto: VirtualDub - Aplikasi edit video di laptop apk

VirtualDub adalah aplikasi edit video gratis yang juga menawarkan fitur lengkap dan sederhana. Aplikasi ini cocok buat pelajar dalam membuat tugas sederhana di sekolah yang tak membutuhkan editan kompleks.

Aplikasi mengedit video ini juga dibekali fitur record layar secara langsung, tanpa aplikasi tambahan. Bahkan, aplikasi ini juga mendukung pengeditan video dengan format AVI.

VirtualDub juga sudah disediakan fitur untuk menghapus atau bahkan mengganti audio dari video. Selain penggunaannya mudah, tak membutuhkan RAM besar untuk menginstallnya.

Kelebihan VirtualDub:

Kekurangan VirtualDub:

Spesifikasi Minimal VirtualDub
OS Windows10/Windows 8/Windows 7(64 bits)
Processor Intel Celeron
Memory 2GB
Graphics 2GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 4GB

>>> Download VirtualDub di Situs Resmi <<<

4. Openshot

Sumber foto: Openshot - Aplikasi edit video di laptop windows 10

Openshot adalah perangkat lunak edit video yang bersifat open source. Aplikasi ini dibekali fitur face interface yang dapat kamu pergunakan di PC dengan sistem operasi dari Mac, Windows, serta Linux.

Meski hanya mendukung mengeditan video sederhana, Openshot juga menyajikan fitur menarik, seperti fitur pembuat animasi jenis format 3D.

Kelebihan Openshot

Kekurangan Openshot

Spesifikasi Minimal Openshot
OS Windows10/Windows 8/Windows 7(64 bits)
Processor Intel Celeron
Memory 4GB
RAM 16GB
Graphics 2GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 500 MB HDD

>>> Download Openshot di Situs Resmi <<<

5. Kate's Video Toolkit

Sumber foto: Kate's Video - aplikasi edit video di laptop tanpa watermark

Kate's Video Toolkit adalah aplikasi edit yang dikenal dengan ukuran file yang ringan. Seperti VirtualDub, apk ini juga mendukung pengeditan video sederhana.

Aplikasi ini memiliki kelengkapan fitur format yang disediakannya, mulai dari WMV, AVI, MOV, ASF, DIVX, MP4, PAL, VCD, NTSC, DVD, SVCD, MPEG2, VCD, SVCD, dan format yang lainnya.

Kelebihan Kate's Video Toolkit:

Kekurangan Kate's Video Toolkit:

Spesifikasi Minimal Kate's Video Toolkit
OS Windows10/Windows 8/Windows 7(64 bits)
Processor Intel Pentium 4+
Memory 4GB
RAM 2GB
Graphics 2GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c

>>> Download Kate's Video Toolkit di Situs Resmi <<<

6. HitPaw

Sumber foto: HitPaw - software editing video gratis

Software edit video terbaik pertama adalah HitPaw. Di software ini, kamu akan menemukan semua fitur penting yang dibutuhkan untuk mengedit video.

Mulai dari fitur menambahkan musik, mengganti speed video, membuat video stop motion, crop video, dan masih banyak lagi. Bahkan, kamu juga bisa convert video secara cepat di software ini, loh.

Selain memiliki fitur yang lengkap, software ini juga bisa digunakan secara gratis, loh. Kamu bisa mencoba sendiri mengedit video menggunakan HitPaw sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan HitPaw:

Kekurangan HitPaw:

Spesifikasi Minimal HitPaw
OS Windows10/Windows 8/Windows 7(64 bits)
Processor x86-64 Intel or AMD
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 4GB

>>> Download HitPaw di Situs Resmi <<<

7. LumaFusion

Sumber foto: LumaFusion - download aplikasi edit video pc

Lumafusion adalah software edit video ringan yang ditujukan bagi kaum profesional. Meski demikian, kamu yang masih belajar mengedit video pun tak akan kesulitan menggunakan software ini.

Pasalnya, LumaFusion memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif. Contohnya saja, ketika menggabungkan video, kamu tinggal drag dan drop saja di bagian editornya.

Keunggulan dari LumaFusion adalah hasil kualitas gambar yang tinggi, serta banyak efek yang beragam. Mau bikin video yang kece pun jadi semakin mudah.

Kelebihan LumaFusion:

Kekurangan LumaFusion:

Spesifikasi Minimal LumaFusion
OS iOS
Processor x86-64 Intel or AMD
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 4GB

>>> Download LumaFusion di Situs Resmi <<<

8. VSDC

Sumber foto: VSDC - Aplikasi VSDC

Selanjutnya, ada aplikasi edit video Youtuber PC yang cukup terkenal yaitu VSDC. Software ini merupakan pilihan yang Jaka rekomendasikan, sebab kamu bisa mengedit video tanpa ada watermark, geng.

Selain itu, fitur-fiturnya juga cukup lengkap. Mulai dari pilihan efek dan transisi yang beragam, menambahkan sound effect, dan lain-lain.

Dengan interface yang simple, pastinya kamu tidak akan kesulitan menggunakannya. Tunggu apalagi? Langsung aja download VSDC lewat link di bawah.

Kelebihan VSDC:

Kekurangan VSDC:

Spesifikasi Minimal LumaFusion
OS iOS
Processor x86-64 Intel or AMD
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 4GB

>>> Download VSDC di Situs Resmi <<<

9. Shotcut

Sumber foto: Shotcut - Aplikasi Shotcut

Shotcut merupakan aplikasi edit video PC multiplatform yang mampu memproses beragam format audio, video, hingga gambar untuk diedit atau dikonversi.

Software edit video PC ini memiliki sejumlah fitur yang sangat berguna untuk mencampur serta mencocokkan resolusi dan framerate file video.

Semua video juga dapat diseret ke antarmuka dan diedit sedemikian mungkin lewat timeline-nya yang sederhana. Penggunanya bisa membuat perubahan sesuai yang diinginkan, mulai dari menyesuaikan audio, mengoreksi warna, mengatur keseimbangan warna, atau menambahkan saturasi warna dan filter.

Setiap perubahan yang dibuat di editor dapat dibatalkan dan diulangi sebanyak mungkin sehingga tidak perlu memulai dari awal jika membuat kesalahan.

Selain itu, antarmuka menyertakan riwayat perubahan lengkap sehingga kamu dapat melihat dengan tepat titik mana yang harus dikembalikan.

Kelebihan Shotcut:

Kekurangan Shotcut:

Spesifikasi Minimal Shotcut
OS 64-bit Windows 7
Processor x86-64 Intel or AMD
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 4GB

>>> Download Shotcut di sini <<<

10. HitFilm Express

Sumber foto: HitFilm Express - Aplikasi HitFilm Express

HitFilm Express adalah software edit video gratis yang hadir dengan fitur-fitur VFX yang lengkap untuk beragam keperluan konten.

Pada dasarnya, software ini cocok untuk para pemula yang baru saja menjajal dunia mengedit video maupun gamer dan YouTuber yang ingin menghemat bujet.

Meskipun gratis, fitur-fitur yang dimiliki HitFilm Express cukup lengkap. Mulai dari perekam suara bawaan, soundtrack gratis, hingga lebih dari 410 efek dan preset untuk video.

Kelebihan: HitFilm Express

Kekurangan HitFilm Express

Spesifikasi Minimal HitFilm Express
OS Microsoft Windows 10 (64-bit)
Processor 6th Generation Intel Core i5 (2015)

AMD Ryzen 5 (2017)
Memory 4GB
Graphics 8GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 4GB

>>> Download HitFilm Express di Situs Resmi <<<

Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik 2023 Lainnya

11. Adobe Premiere Pro

Sumber foto: Adobe - Aplikasi Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah aplikasi edit video PC terbaik yang sering digunakan oleh para profesional. Program video editing ini sendiri dikembangkan oleh Adobe.

Adobe Premiere Pro banyak digunakan sebagai aplikasi edit video PC Youtuber terkenal. Hal ini karena bukan hanya mudah digunakan, tapi juga memiliki fitur yang lengkap.

Dengan menguasai Adobe Premiere Pro, kamu bisa menyusun video event seperti pernikahan, musik video klip, film, video profil, dan lainnya secara profesional.

Sayangnya untuk menggunakan Adobe Premiere Pro versi terbaru kamu mesti melakukan biaya berlangganan per bulan yang terbilang lumayan.

Hanya saja, buat kamu yang menginginkan versi gratis, ada juga software edit video gratis Adobe Premiere Pro CS2 yang disediakan secara cuma-cuma langsung dari Adobe.

Kelebihan Adobe Premiere Pro:

Kekurangan Adobe Premiere Pro:

Spesifikasi Minimal Adobe Premiere Pro CS2
OS Windows XP SP2
Processor Intel Pentium 4 or AMD Athlon 64 @1.4GHz
Memory 2GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 4GB

>>> Download Adobe Premiere Pro CS2 di Situs Resmi <<<

12. DaVinci Resolve

Sumber foto: DaVinci - DaVinci Resolve

Kalau kamu mau mencari aplikasi edit video PC gratis yang punya fitur mirip Adobe Premire Pro, ada DaVinci Resolve yang tengah naik daun di 2022 ini.

Nggak main-main! DaVinci Resolve dihadirkan oleh developer Blackmagic Design yang juga terkenal sebagai produsen kamera DSLR kelas atas, lho!

DaVinci Resolve dilengkapi dengan berbagai fitur yang cocok untuk para editor pemula hingga profesional, tapi belum punya bujet lebih untuk langganan.

Fitur yang disediakan mulai dari motion graphic, multicam edition, audio mixing, dan lainnya yang bisa kamu eksplor sendiri. Yuk, buruan download aplikasi edit video yang satu ini, deh!

Kelebihan DaVinci Resolve:

Kekurangan DaVinci Resolve:

Spesifikasi Minimal DaVinci Resolve
OS Windows 8/8.1/10 (64-bit)
Processor Intel Core i5/i7 quad-core processor or AMD equivalent
Memory 16GB
Graphics 4GB VRAM, NVIDIA or AMD Radeon graphics card
DirectX DirectX 11.0
Storage 10GB

>>> Download DaVinci Resolve di Situs Resmi <<<

13. Microsoft Windows 10 Photos

Sumber foto: Microsoft - Microsoft Windows 10 Photos

Bagi kamu yang memakai OS Windows 10, kamu bisa mencoba aplikasi edit video di laptop bernama Microsoft Windows 10 Photos. Dengan aplikasi bawaan tersebut, bisa mengubah foto menjadi video secara otomatis dalam mode Video Otomatis.

Software aplikasi pengeditan video ringan yang gratis ini juga membuat kamu lebih menghemat waktu apabila tidak sanggup untuk melakukan pengeditan apa pun.

Selain itu, kamu bisa memakai mode Video Custom untuk mengubah ukuran video, memangkas, menambahkan filter, mengubah volume audio, gerakan, teks, maupun efek 3D sekalipun.

Kelebihan Microsoft Windows 10 Photos:

Kekurangan Microsoft Windows 10 Photos:

Spesifikasi Minimal Microsoft Windows 10 Photos
OS Windows 10 (64-bit) ke atas

Xbox
Processor ARM, x64, x86
Memory 16GB
Graphics 4GB VRAM, NVIDIA or AMD Radeon graphics card
DirectX DirectX 11.0
Storage 10GB

>>> Download Microsoft Windows 10 Photos di Situs Resmi <<<

14. Explaindio

Sumber foto: Explaindio - Aplikasi Explaindio

Explaindio adalah aplikasi edit video bagi yang suka membuat vlog. Software ini bisa digunakan jika para vlogger ingin menyisipkan video tangan yang sedang menulis atau menggambar.

Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit video dalam versi 2D dan 3D sehingga bisa kamu kreasikan. Terdapat juga berbagai motion dan tipe video yang dapat dimanfaatkan dengan baik agar hasil editing dapat terlihat sempurna.

Kelebihan Explaindio:

Kekurangan Explaindio:

Spesifikasi Minimal Explaindio
OS Windows 10, 8.1, 8, 7, Vista, XP (64-bit)
Processor 3 GHz or better multi-core processor
Memory 16GB
Graphics 4GB VRAM, NVIDIA or AMD Radeon graphics card
DirectX DirectX 11.0
Storage 1 Gb or more free disk space

>>> Download Explaindio di Situs Resmi <<<

15. Cyberlink PowerDirector

Sumber foto: Cyberlink - Aplikasi Cyberlink PowerDirector

Untuk kamu yang mau download aplikasi edit video PC ringan gratis, Jaka merekomendasikan Cyberlink PowerDirector yang merupakan milik perusahaan Cyberlink.

Selain melakukan editing video secara manual, kamu juga dapat mengedit menggunakan fitur Express Projects yang memungkinkanmu mengedit secara cepat.

Cyberlink PowerDirector juga cocok untuk kebutuhan profesional berkat fitur seperti 360 video editing, motion tracking, chroma key, hingga color adjustment.

Software video editing ini hanya butuh minimal RAM 2GB untuk dapat menggunakannya, terutama untuk versi PowerDirector17. Mantap banget, kan?

Kelebihan Cyberlink PowerDirector:

Kekurangan Cyberlink PowerDirector:

Spesifikasi Minimal Cyberlink PowerDirector 17
OS Windows 7/8/8.1/10 (64-bit)
Processor Intel Core i-series or AMD Phenom II and above
Memory 2GB
Graphics 1GB VRAM Nvidia GeForce 8500GT or AMD/ATI Radeon HD5800 or Intel HD Graphics
DirectX DirectX 11.0
Storage 7GB

>>> Download Cyberlink PowerDirector di Situs Resmi <<<

16. AVS Video Editor

Sumber foto: AVS - Aplikasi AVS Video Editor

Software edit video PC ringan selanjutnya ada AVS Video Editor. Aplikasi ini memiliki tampilan yang interaktif, mudah digunakan, dan memiliki fitur yang sangat lengkap.

Software edit video laptop dan PC ini memiliki ukuran file yang cukup kecil. Namun, fitur yang dihadirkannya nggak kalah lengkap jika dibandingkan dengan para kompetitornya.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah penggunaan teknologi video cache sehingga proses penyuntingan video FullHD dapat berjalan lebih lancar dan sangat cepat.

Untuk melakukan editing video, AVS Video Editor menyediakan opsi timeline yang akan memisahkan penyuntingan antara video, efek, teks, dan audio. Menarik, kan?

Kelebihan AVS Video Editor:

Kekurangan AVS Video Editor:

Spesifikasi Minimal AVS Video Editor
OS Windows XP/Vista/7/8/8.1/10
Processor Intel Core 2 Duo or AMD @3GHz
Memory 2GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 1GB

>>> Download AVS Video Editor di Situs Resmi <<<

17. Windows Movie Maker

Sumber foto: Windows - Windows Movie Maker

Windows Movie Maker merupakan aplikasi edit video PC tanpa watermark yang dikembangkan oleh Microsoft dan dibuat eksklusif untuk pengguna PC atau laptop berbasis Windows.

Software ini memiliki fitur editing video dasar yang bisa dibilang terbatas. Versi terakhir Windows Movie Maker sendiri masih bisa dinikmati di Windows 7.

Namun, nggak usah khawatir! Untuk versi Windows 10 saat ini, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan bernama Video Editor yang punya fungsi sama.

Dengan tampilan yang tentu kekinian, Video Editor sangat cocok buat pemula yang sedang mencoba untuk belajar editing dasar. Yuk, segera cobain deh!

Kelebihan Windows Movie Maker (Video Editor):

Kekurangan Windows Movie Maker (Video Editor):

Spesifikasi Minimal Windows Movie Maker
OS Windows XP SP2
Processor Intel Pentium 3 or AMD @600MHz
Memory 256MB
Graphics 512MB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 2GB

>>> Download Windows Movie Maker di Situs Resmi <<<

18. Avidemux Video Editor

Sumber foto: Avidemux - Avidemux Video Editor

Avidemux merupakan aplikasi editing video PC ringan yang dirancang sederhana untuk memotong video, memberi filter, menyisipkan dan pengaturan lagu, serta berbagai fungsi dasar.

Aplikasi ini mendukung banyak jenis format file video, termasuk AVI, DVD file MPEG yang kompatibel, MP4, dan ASF, dan berbagai codec lainnya.

Dijamin, dengan download aplikasi edit video Windows 7 dan versi OS di atasnya ini bisa membantumu untuk memulai karir sebagai Youtuber.

Kelebihan Avidemux Video Editor:

Kekurangan Avidemux Video Editor:

Spesifikasi Minimal Avidemux Video Editor
OS Windows XP/Vista/7/8/8.1/10
Processor Intel Pentium 4 or AMD Athlon 64 @1.4GHz
Memory 512MB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 100MB

>>> Download Avidemux Video Editor di Situs Resmi <<<

19. VideoPad Video Editor

Sumber foto: VideoPad - Aplikasi VideoPad

Developer NCH Software terbilang punya banyak jajaran aplikasi multimedia terbaik, salah satunya adalah VideoPad Video Editor untuk mengedit video.

Aplikasi video editor untuk PC dan laptop ini punya tampilan sederhana dan ukuran relatif kecil sehingga sangat ringan untuk kamu gunakan.

VideoPad juga mendukung banyak format video, semisal AVI, MPEG, MP4, MOV, dan masih banyak lagi. Ada juga format audio untuk mendukung kelancaran proses editingnya.

Kelebihan VideoPad Video Editor:

Kekurangan VideoPad Video Editor:

Spesifikasi Minimal VideoPad Video Editor
OS Windows XP/Vista/7/8/8.1/10
Processor Intel or AMD processor @1.5GHz
Memory 4GB
Graphics 1GB VRAM
DirectX DirectX 9.0
Storage 100MB

>>> Download VideoPad Video Editor di Situs Resmi <<<

20. Pinnacle Studio

Sumber foto: Pinnacle - Aplikasi Pinnacle Studio

Pinnacle Studio ini adalah software edit video terbaik dengan fitur yang cukup mumpuni dan tampilan yang interaktif, tapi tetap ringan kamu gunakan.

Selain itu ada juga fitur screen recording yang cocok untuk kamu seorang YouTuber, misalnya untuk bermain game atau membuat video tutorial, nih.

Aplikasi ini memiliki 1.500 lebih efek dan template untuk kebutuhan editing video. Meski begitu, harga yang ditawarkan relatif lebih murah daripada kebanyakan kompetitor.

Kelebihan Pinnacle Studio:

Kekurangan Pinnacle Studio:

Spesifikasi Minimal Pinnacle Studio 16
OS Windows Vista/7/8 (64-bit)
Processor Intel Core Duo/Core i3 1.8GHz or AMD Athlon 64 X2 3800+ 2.0GHz
Memory 2GB
Graphics 256MB VRAM
DirectX DirectX 9.0c
Storage 5GB

>>> Download Pinnacle Studio di Situs Resmi <<<

21. Lightworks

Sumber foto: Lightworks - Aplikasi Lightworks

Lightworks merupakan aplikasi edit video PC gratis terbaik yang memiliki banyak sekali fitur mumpuni di antara software video editor gratis lainnya.

Software yang punya fitur mirip seperti Adobe After Effects ini tersedia untuk pengguna Windows dan Mac yang dilengkapi dengan fitur yang cukup beragam.

Misalnya saja seperti efek video, grading, hingga pemakaian VFX untuk efek canggih di video ala-ala film action terbaru masa kini.

Kamu juga dapat download software edit video PC ringan ini secara gratis atau berbayar untuk fitur yang lebih lengkap. Tinggal pilih sesuai kebutuhan!

Kelebihan Lightworks:

Kekurangan Lightworks:

Spesifikasi Minimal Lightworks
OS Windows XP/Vista/7
Processor Intel Pentium 4 or AMD Athlon 64 @1.4GHz
Memory 2GB
Graphics 512MB VRAM Intel HD 3000, Nvidia GeForce 7900 GT or AMD/ATI Radeon HD 2900 GT
DirectX DirectX 9.0c
Storage 1GB

>>> Download Lightworks di Situs Resmi <<<

22. Corel VideoStudio Ultimate

Sumber foto: Corel - Aplikasi Corel VideoStudio Ultimate

Selain mengeluarkan software edit foto, Corel juga memiliki software edit video terbaik yang diberi nama Corel VideoStudio Ultimate.

Menawarkan masa percobaan gratis selama 30 hari, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengedit video sesuai keinginan dan kebutuhan berkat dibekali beragam fitur pendukung.

Lewat aplikasi ini juga, kamu bisa menggunakan fitur color correction untuk mengubah tone warna video agar lebih hidup, AR stiker untuk video yang lebih fun, dan beragam efek premium.

Kelebihan Corel VideoStudio Ultimate:

Kekurangan Corel VideoStudio Ultimate:

Spesifikasi Minimal Corel VideoStudio Ultimate
OS Windwos 7/8.1/10 (64 bit)
Processor Core i3 or AMD A4 series for standard videos. Intel Core i7 or AMD Athlon A10 for HD and UHD videos
Memory 4GB of RAM
Graphics Minimum display resolution: 1024 x 768, minimum 512 MB VRAM or higher
Storage 10GB

>>> Download Corel VideoStudio Ultimate di Situs Resmi <<<

23. iMyFone Filme Video Editor

Sumber foto: iMyFone - Aplikasi iMyFone Filme Video Editor

Berikutnya ada aplikasi iMyFone Filme Video Editor yang menawarkan kemudahan dalam pengoperasian setiap fitur-fitur yang ditawarkan di dalamnya.

Hal ini berkat adanya mode Fast Video Mode, di mana proses editing diklaim dapat dilakukan hanya dengan satu klik saja karena ada berbagai template yang bisa kamu gunakan.

Meskipun begitu, ada juga mode Basic Editing yang memungkinkanmu untuk mengimpor, memotong, mengatur kecepatan, hingga memberikan efek pada video.

Tak hanya itu saja, untuk keperluan mengedit video yang lebih kompleks, hadir pula mode Advanced Features. Dengan mode ini, kamu bisa menggunakan fungsi multi-layer untuk menggabungkan beberapa video, foto, hingga audio menjadi satu.

Kelebihan iMyFone Filme Video Editor:

Kekurangan iMyFone Filme Video Editor:

Spesifikasi Minimal iMyFone Filme Video Editor
OS Windows 7/8.1/10 (31 & 64 bit)
Processor Intel i3 or better multicore processor, 2GHz or above
Memory 4GB of RAM
Graphics Intel HD Graphics 5000 or later; NVIDIA GeForce GTX 700 or later; AMD Radeon R5 or later. 2 GB vRAM
Storage 10GB

>>> Download iMyFone Filme Video Editor di Situs Resmi <<<

24. EaseUS Video Editor

Sumber foto: EaseUS - Aplikasi EaseUS Video Editor

EaseUS Video Editor adalah salah satu pilihan menarik buat kamu yang mungkin mencari aplikasi edit video PC ringan terbaik nih, geng.

Bukan cuma ringan, EaseUS Video Editor juga merupakan software all in one untuk berbagai keperluan editing seperti memotong, menggabungkan, memutar video, hingga menambahkan efek transisi dan color grading.

Nggak perlu repot convert file video agar bisa diedit di aplikasi ini! Pasalnya EaseUS mendukung berbagai format file video mulai dari MP4, AVI, WMV, MKV, MOV, dan masih banyak lainnya.

Kamu juga dapat mengimport file video langsung dari PC, camcorder, GoPro, maupun smartphone. Software ini dapat digunakan secara gratis. Namun, untuk menggunakan fitur lengkapnya kamu perlu membayar seharga $17.97 atau sekitar Rp256 ribu.

Kelebihan EaseUS Video Editor:

Kekurangan EaseUS Video Editor:

Spesifikasi Minimal EaseUS Video Editor
OS Windows 7/8/10
Processor 500 MHz processor or faster
Memory 1GB of RAM
Graphics -
Storage 1GB

>>> Download EaseUS Video Editor di Situs Resmi <<<

25. Final Cut Pro X

Sumber foto: Final Cut - Aplikasi Final Cut Pro X

Nggak melulu untuk pengguna PC Windows aja, ada juga nih aplikasi bernama Final Cut Pro X buat kamu para pengguna laptop atau PC buatan Apple, geng.

Aplikasi ini sendiri merupakan yang paling populer di kalangan para pengguna MacBook maupun iMac, lantaran dibekali dengan beragam fitur premium yang mampu menghasilkan editan video berkualitas.

Final Cut Pro X juga dinilai sangat gampang untuk dioperasikan, sehingga cocok buat kamu pengguna laptop Apple yang masih belajar ngedit video.

Namun, sayangnya untuk menikmati aplikasi ini, pengguna harus merogoh kocek yang lumayan dalam, yaitu seharga $299,99 atau setara Rp4,2 jutaan (kurs Rp14.000). Meskipun begitu, ada masa percobaan gratis selama 90 hari.

Kelebihan Final Cut Pro X:

Kekurangan Final Cut Pro X:

Spesifikasi Minimal Final Cut Pro X
OS macOS 10.15.6 or later
Processor Intel Core 2 Duo or greater
Memory 4GB of RAM
Graphics Metal-Capable Graphics Card (NVIDIA GeForce GTX 680 Mac Edition, AMD Radeon RX 560 or higher, dll.)
Storage 3.8GB

>>> Download Final Cut Pro X di Situs Resmi <<<

26. Sony Vegas Pro

Software edit video terbaik yang terakhir yaitu Sony Vegas Pro yang sering kali menjadi alternatif pengguna selain Adobe Premiere pro.

Menawarkan tampilan antarmuka yang sederhana, aplikasi ini bisa dibilang cukup mudah digunakan oleh para pemula yang baru belajar editing video.

Tak hanya itu, fitur-fitur yang disediakan pun cukup komplit. Ada pula sejumlah template bawaan yang bisa kamu gunakan agar proses mengedit video menjadi lebih praktis.

Oh ya, Sony Vegas Pro juga bisa menjadi pilihan kalau kamu mencari aplikasi edit video PC tanpa watermark, lho.

Kelebihan Sony Vegas Pro:

Kekurangan Sony Vegas Pro:

Spesifikasi Minimal Sony Vegas Pro
OS Windows 10 (64-bit)
Processor 6th Generation Intel Core i5 (or AMD equivalent) or better. 2.5 Ghz and 4 Core minimum. For 4K, 7th Generation Intel Core i7 (or AMD equivalent) or better. 3.0 Ghz and 8 Core minimum
Memory 8 GB RAM minimum (16 GB recommended; 32 GB recommended for 4K)
Graphics NVIDIA GeForce GTX/RTX 9xx series or higher, Intel HD Graphics 530 series or higher, AMD Radeon
DirectX -
Storage 1.5GB

>>> Download Sony Vegas Pro di Situs Resmi <<<

27. Movavi Editor Video

Movavi Video Editor adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu kamu membuat video yang menakjubkan dengan mudah dan cepat. Kamu bisa mengimpor file video, audio, dan foto dari perangkatmu atau dari perpustakaan media bawaan yang berisi banyak konten stok.

Kamu bisa mengedit video dengan berbagai fitur dasar seperti memotong, menggabungkan, memutar, dan menambahkan teks. Kamu juga bisa mengekspor video anda dalam berbagai format dan resolusi, termasuk HD dan 4K.

Kelebihan:

Kekurangan:

Spesifikasi Minimal Movavi Editor Video
Sistem operasi Windows XP/Vista/7/8/10 atau Mac OS 10.10.5 atau lebih tinggi | Windows XP/Vista/7/8/10 atau Mac OS 10.10.5 atau lebih tinggi
Prosesor Intel , AMD , atau prosesor kompatibel lainnya, 1.5 GHz
Kartu grafis Intel HD Graphics 2000, NVIDIA GeForce series 8 dan 8M, Quadro FX 4800, Quadro FX 5600, AMD Radeon R600, Mobility Radeon HD 4330, Mobility FirePro series, Radeon R5 M230 atau kartu grafis lainnya yang lebih tinggi dengan driver terbaru
Resolusi layar 1280x768, warna 32-bit
RAM Windows XP/Vista 512 MB; Windows 7/8/10 2 GB; Mac OS X 2 GB
Ruang disk 800 MB untuk instalasi; 500 MB untuk operasi berkelanjutan

>>> Download Movavi Video Editor di Situs Resmi <<<

Video: Sekelas Adobe Premiere Pro! Ini Aplikasi Edit Video Terbaik di Android Saat Ini

Daftar Aplikasi Edit Video di PC Terbaik 2023 versi Tim JalanTikus

  1. Blender
  2. VirtualDub
  3. Openshot
  4. Kate s Video Toolkit
  5. HitPaw
  6. LumaFusion
  7. VSDC
  8. Shotcut
  9. HitFilm Express
  10. Microsoft Windows 10 Photos
  11. Explaindio, Aplikasi Edit Video Vlog
  12. AVS Video Editor
  13. Windows Movie Maker
  14. Avidemux Video Editor
  15. Lightworks
  16. Corel VideoStudio Ultimate
  17. iMyFone Filme Video Editor
  18. EaseUS Video Editor
  19. Final Cut Pro X
  20. Sony Vegas Pro

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC gratis, terbaik, dan ringan di 2023 yang Jaka rangkum khusus untukmu, geng.

Jangan lupa untuk sesuaikan aplikasi yang hendak kamu gunakan dengan spesifikasi PC atau laptop yang kamu miliki. Jadi jangan lupa cek terlebih dulu!

Sekarang, software mana nih yang kira-kira jadi favoritmu? Yuk, tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Edit Video atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT

20 Aplikasi Edit Video di Android, iOS, & PC Terbaik 2023 dengan Fitur Terlengkap!

13 Aplikasi Edit Video YouTuber di Android dan PC, Gratis dan Mudah!

15 Aplikasi Edit Video di iPhone dan iPad Terbaik 2022, Hasil jadi Aesthetic!

Kembali Keatas