Apa Itu VPN? Ini Dia Pengertian, Jenis, Kelebihan & Kekurangan

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 08 June 2023, 14:00
Ini adalah cara aman untuk terhubung ke internet dengan mengenkripsi lalu lintas kamu dan menyembunyikan alamat IP. Apa itu VPN? Simak di sini.

Di dunia digital saat ini, penting sekali untuk melindungi privasi online kamu. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan VPN, atau Virtual Private Network.

VPN menciptakan terowongan aman antara perangkat dan server jarak jauh, dengan mengenkripsi lalu lintas kamu dan menyembunyikan alamat IP kamu. Hal ini membuat lebih sulit bagi peretas dan pihak ketiga lainnya untuk melacak aktivitas online kamu.

Mau tahu lebih lengkap tentang layanan untuk memperlancar akses internetmu? Simak penjelasan apa itu VPN beserta informasi lainnya di bawah ini.

Apa itu VPN?

VPN adalah layanan yang memungkinkan kamu terhubung ke internet melalui terowongan aman dan terenkripsi. Terowongan ini dibuat antara perangkat kamu dan server jarak jauh yang dimiliki oleh penyedia VPN.

Ketika kamu terhubung ke VPN, semua lalu lintas internet kamu diarahkan melalui terowongan ini. Ini berarti ISP (Penyedia Layanan Internet) kamu, pemerintah, atau siapa pun yang memantau jaringan tidak dapat melihat website apa yang kamu kunjungi atau data apa yang kamu kirim dan terima.

Ketika terhubung ke VPN, perangkat mengenkripsi semua lalu lintasnya sebelum mengirimkannya melalui internet. Enkripsi ini tidak dapat dipecahkan tanpa kunci, yang hanya diketahui oleh perangkat kamu dan server VPN. Server VPN kemudian mendekripsi lalu lintas dan mengirimkannya ke tujuannya.

Apa Saja Jenis-jenis VPN?

Ada beberapa jenis VPN yang biasa digunakan. Jenis VPN biasanya tergantung dari cakupan penggunanya, apakah penggunanya personal, atau selingkup perusahaan. Simak penjelasannya berikut:

Kelebihan & Kekurangan VPN

Saat memilih VPN, ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan, seperti tingkat keamanan, kecepatan koneksi, dan harga layanan. Berikut ini sejumlah kelebihan dan kekurangan VPN.

Kelebihan Menggunakan VPN

Ada banyak keuntungan menggunakan VPN. Beberapa keuntungan paling umum meliputi:

Kekurangan Menggunakan VPN

Ada beberapa kerugian menggunakan VPN. Beberapa kerugian paling umum meliputi:

Akhir Kata

VPN adalah alat berharga yang dapat digunakan untuk melindungi privasi dan keamanan kamu saat online. Jika kamu peduli dengan privasi online kamu, maka sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan VPN.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel Cara Salin Tautan di TikTok, Cara Cek Penghasilan TikTok, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT

4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA (WhatsApp), Bisa Kirim APK Game!

25+ WhatsApp MOD APK Terbaik 2024, Banyak Fitur Menarik & Anti Banned!

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

Cara Merekam Video Call WhatsApp dengan Mudah | 100% Works!

20+ Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp, Akurat & Ampuh!

Kembali Keatas