100+ Kumpulan Ucapan Belasungkawa Untuk Berbagai Kalangan, Penuh Doa Haru

Ditulis oleh Michelle Lim - Wednesday, 18 August 2021, 11:20
Ini kumpulan ucapan belasungkawa buat kamu gunakan saat berduka. Pilih kata-kata belasungkawa yang paling tepat di sini.

Ucapan belasungkawa bisa dibilang menjadi kata-kata yang paling berat untuk diucapkan karena ada air mata kesedihan yang dirasakan oleh seseorang. Namun, lagi-lagi, kematian adalah takdir yang tidak bisa dihindari.

Dalam hidup, pasti setidaknya kita pernah mendengar ada teman atau bahkan keluarga yang mengalami musibah meninggal dunia.

Ungkapan belasungkawa sendiri lumrah diungkapkan untuk menunjukkan simpati dan empati kita, serta sebagai salah satu bentuk kepedulian bagi keluarga yang ditinggalkan.

Tentunya, kita ingin memberikan ucapan yang dapat menenangkan dan memberi ketabahan untuk mereka, sekaligus memberikan ucapan perpisahan yang baik.

Untuk itu, Jaka punya rekomendasi ucapan belasungkawa untuk berbagai kalangan yang bisa kamu pilih berikut ini.

Ucapan Belasungkawa Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah kumpulan ucapan belasungkawa dalam Bahasa Indonesia yang bisa kamu gunakan secara netral untuk mengungkapkan kesedihan dan kehilanganmu kepada orang-orang terdekat.

Sebaiknya, kamu juga menambahkan kata-kata motivasi bagi keluarga yang ditinggalkan, agar ucapanmu tidak menambah kesedihan mereka, geng.

ADVERTISEMENT

Ucapan-ucapan berikut dapat kamu sampaikan ke siapa saja, asalkan sesuai dengan tata bahasanya.

Kata-Kata Turut Berduka Cita Bahasa Sunda

Sumber foto: Kumparan

Mau mengucapkan belasungkawa menggunakan bahasa Sunda agar lebih terasa akrab dengan keluarga yang ditinggalkan?

Beberapa orang memang memilih berbicara menggunakan bahasa yang dipakai oleh lawan bicaranya agar lebih nyaman, termasuk ketika mengucapkan ungkapan belasungkawa.

Namun, pastinya nggak semua orang bisa berbicara menggunakan bahasa daerah satu ini.

Apakah kamu termasuk salah satunya? Kalau gitu, kamu bisa pilih salah satu kata-kata bahasa Sunda untuk mengucapkan belasungkawa berikut ini.

Ucapan Turut Berduka Cita Jawa

Sumber foto: yosefpedia

Selain Sunda, bahasa Jawa juga tentunya merupakan salah satu bahasa daerah yang banyak digunakan oleh masyarakat hingga saat ini.

Bingung merangkai kata-kata bahasa Jawa untuk mengungkapkan rasa turut berduka kamu? Mending pakai ungkapan berikut ini saja, geng!

Kata-Kata Belasungkawa Bahasa Inggris

Sumber foto: Sample Post

Nggak sedikit orang yang memilih menggunakan ucapan belasungkawa bahasa Inggris agar terlihat lebih keren, terutama ketika di media sosial.

Sayangnya, nggak semua orang bisa merangkai caption bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga akan bingung saat harus mengucapkan kata duka dalam bahasa asing satu ini.

Tenang! Berikut Jaka punya beberapa pilihannya yang bisa kamu gunakan.

Ucapan Turut Berduka Cita Simple

Jika kamu adalah orang yang to the point dan tidak ingin menggunakan kalimat yang terlalu panjang dalam menyampaikan rasa duka citamu, beberapa ucapan yang telah Jaka kumpulkan berikut akan cocok untukmu.

Meskipun singkat, ungkapan-ungkapan di bawah ini sudah mencakup hal yang ingin diutarakan oleh pengirimnya secara singkat, padat, dan jelas.

Ingin menambah kesan teduh? Kamu bisa menyisipkan kata-kata senja yang sesuai dalam ucapan belasungkawa singkatmu berikut ini.

Ungkapan Belasungkawa Untuk Teman

Jika ada teman yang meninggal, sudah sepantasnya kita merasa sangat berduka. Selain berdoa dalam hati, rasa sedih itu juga dapat diungkapkan dengan ungkapan belasungkawa atas meninggalnya temanmu.

Lebih dari itu, ungkapan belasungkawa untuk teman berikut juga akan mampu menggambarkan kerinduanmu terhadapnya.

Dalam mengungkapkan rindumu, kata-kata hujan juga akan sangat bisa menambah suasana rindu dan haru.

Ucapan Kata Berduka Cita Agama Islam

Dalam menyikapi kematian, umat Islam biasanya mengucapkan "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" yang berarti "Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali".

Kalimat istirja atau tarji ini tercantum dalam Q.S Al-Baqarah : 156, dimana umat Islam dihimbau untuk mengucapkan ucapan belasungkawa Islami ini ketika menerima kabar duka.

Sematkanlah pula beberapa kata-kata Ali bin Abi Thalib yang sesuai, misalnya saja ucapan beliau tentang berpikir positif atau ucapan yang menenangkan hati lainnya.

Ucapan Belasungkawa Agama Kristen

Dalam menjumpai peristiwa kematian, umat Kristiani baik Protestan maupun Katolik meyakini bahwa Yesus Kristus akan memberikan penghiburan dan kekuatan untuk orang-orang yang ditinggalkan.

Beberapa ayat juga dijadikan kutipan ketika mendengar kabar duka kematian.

Ucapan Belasungkawa Agama Hindu

Dalam agama Hindu, dikenal ungkapan "dumogi amor ring acintya" yang artinya "semoga menyatu dengan kedewataan". Ungkapan ini sendiri digunakan ketika mendapat kabar guka.

Untuk itu, Jaka telah mengumpulkan beberapa ungkapan belasungkawa Hindu yang dapat kamu gunakan berikut ini.

Ucapan Belasungkawa Agama Buddha

Umat Buddha biasa mengatakan "sabbe sankhara anicca" yang menggambarkan bahwa segala yang berkondisi tidaklah abadi, daripada mengucapkan "turut berduka cita".

Selain itu, sabbe sankhara anicca juga bertujuan pada ungkapan nasehat dan empati. Nah, kamu bisa menggunakan contoh ungkapan-ungkapan berikut untuk menyampaikan empatimu.

Ucapan Belasungkawa Khonghucu

Ucapan Belasungkawa Kepada Teman

Akhir Kata

Nah, itulah kumpulan ucapan belasungkawa yang bisa Jaka berikan pada artikel kali ini, geng. Pada akhirnya, kematian harus kita sikapi dengan bijak.

Kita diperbolehkan untuk bersedih atas kematian seseorang, namun akan ada waktunya kita harus menerima dan menyerahkan orang yang kita sayangi secara ikhlas kepada Tuhan.

Jangan terus-terusan banjir air mata ya ketika kehilangan orang yang kamu sayang, agar ia juga tenang disana.

Semoga info yang Jaka berikan bermanfaat, sampai jumpa lagi.

Baca juga artikel seputar Kata-kata atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT

300+ Ucapan Ulang Tahun Paling Berkesan, Lengkap Buat Semua!

50+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 H, Unik dan Menyentuh Hati!

150+ Kata-Kata Buat Pacar Paling Romantis, Biar Hubungan Lebih Awet!

Kembali Keatas