10 Cara Cek HP vivo Asli & Kerusakannya Terlengkap 2023, 100% Akurat & Mudah!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 04 September 2023, 14:15
Bagaimana cara mengecek HP Vivo dari fisik hingga otentikasi IMEI? Yuk, cari tahu cara cek HP Vivo asli atau palsu dengan mudah.

Cara cek HP vivo sangat penting untuk dilakukan, terutama oleh kamu yang ingin beralih ke merek smartphone Android ini. Karena pasti ada saja oknum yang berbuat curang dalam menjual barang elektronik tersebut.

Mereka menjual HP vivo baru atau bekas dengan harga yang murah untuk menarik para pembeli. Bahkan, ada juga yang nekat menjual HP rusak atau HP tiruan pada para pembeli untuk mendapatkan keuntungan besar.

Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengecek HP vivo terbaru seperti vivo Y12 dan cek hp vivo hilang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu, bagaimana cara cek HP vivo asli atau palsu itu? Baca cara lengkapnya di bawah ini.

1. Cara Cek HP vivo dari Harga

Sumber foto: Unsplash - Berapa harga HP vivo terbaru?

Kamu yang jadi pemerhati perkembangan gadget dan smartphone pasti tahu bahwa harga HP makin ke sini makin kompetitif. Pun dengan harga HP vivo yang ditawarkan di pasaran.

Terkadang, HP vivo dijual dengan harga yang terjangkau di kantong dan dibekali spesifikasi yang nggak jauh beda dengan HP Samsung. Namun, jika kamu membeli HP ini dengan harga yang lebih murah, wajar kalau kamu curiga.

Pasalnya, harga murah alias yang terlalu miring dapat berpotensi penipuan. Hal itu dilakukan agar barang cepat habis dan penjual mendapatkan keuntungan besar.

Untuk menghindari hal itu, kamu wajib teliti dengan mengecek kembali persoalan harga ini. Untuk mengetahui cara cek hp vivo y12, kamu bisa mengecek via offline maupun online di toko tepercaya vivo. Lalu, lakukan perbandingan harga dengan produk yang ditawarkan ke kamu tersebut.

ADVERTISEMENT

2. Mengecek Keaslian vivo dari Fisiknya

Sumber foto: vivo Indonesia - Bagaimana cara cek tipe hp vivo dengan kode?

Meskipun HP vivo terkadang dijual dengan harga yang ramah di kantong pengguna, tetapi kualitas barang yang ditawarkan nggak kaleng-kaleng. Biasanya, HP vivo selalu dibungkus dengan material berkualitas tinggi sehingga nggak terasa enteng di genggaman.

Cara cek HP vivo normal atau tidak bisa diketahui dari bobotnya. Soalnya, jika barang yang tersebut enteng, boleh jadi HP tersebut replika, geng. Jadi, sudah pasti nggak layak buat kamu beli karena materialnya bukan asli.

Namun, akan lain ceritanya, ya, kalau kamu membeli HP vivo bekas di Jakarta terus ada kerusakan fisik karena pemakaian.

3. Cara Cek Layar HP vivo untuk Memeriksa Keadaan

Sumber foto: Unsplash - Bagaimana cara cek tipe hp vivo dengan kode?

Bicara soal keadaan fisik HP, kamu juga bisa memastikan apakah HP vivo masih normal atau tidak dengan cara mengecek sensitivitas layarnya.

Cara cek HP Vivo touchscreen penting banget buat kamu lakukan karena boleh jadi ada kerusakan software dari HP tersebut, terutama jika kamu membeli yang bekas. Misalnya, kamera HP buram, getar tidak berfungsi, layar sering error, dan lain sebagainya.

Jika hal itu terjadi, kamu wajib melakukan pengecekan kesehatan HP vivo dengan mengetes sensitivitas layar. Caranya sebagai berikut.

  1. Buka menu Dial/Panggilan di HP.
  2. Ketik *558#. Akan muncul halaman Factory Test.
Sumber foto: Doc.JalanTikus - Memeriksa layar HP vivo untuk mengetahui keaslian HP
  1. Pilih menu Engineering test.
  2. Akan muncul beberapa menu, pilih Touchscreen test.
Sumber foto: Doc.JalanTikus - Memeriksa layar HP vivo untuk mengetahui keaslian HP
  1. Ikuti instruksi yang ada di layar.
  2. Selesai.

4. Cek Kelengkapan Paket HP vivo yang Dijual

Sumber foto: www.unbox.ph - cara cek hp vivo Y91, Y12, Y13, dan semua tipe

Langkah selanjutnya buat cek hp vivo bekas maupun baru guna mengetahui keaslian HP, kamu pun wajib memeriksa kelengkapan paket dari HP tersebut.

Umumnya, kalau kamu membeli HP baru, kotak paket yang dijual lengkap. Kondisi box baik dan segel belum dibuka. Namun, kalau beli bekas, bisa jadi ada yang kurang dan cacat.

5. Cek Tipe HP vivo

Sumber foto: vivo Indonesia - HP vivo Y21A versi terbaru 2022

Trik buat mengecek HP vivo terampuh yang nggak boleh kamu lewatkan begitu saja ialah dari tipe HP-nya, geng. Tipe HP biasanya tertulis di kardus dan bahkan dalam HP itu sendiri.

Nah, guna memastikan kesesuaian tulisan tipe HP yang ada di kardus, kamu juga wajib mengeceknya dari HP tersebut langsung, geng. Adapun cara cek model hp vivo ialah sebagai berikut.

  1. Buka menu Pengaturan di HP vivo kamu.
  2. Pilih menu About Phone
  3. Lalu, klik Model number.
  4. Kamu pun akan melihat informasi detail dari HP tersebut.
  5. Selesai!

6. Cek Cek IMEI HP vivo

Sumber foto: idcloudhost - Untuk cara cek tipe HP vivo, kamu bisa lihat di bagian Model Number

IMEI atau kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity adalah bagian yang sangat penting buat kamu perhatikan, entah saat membeli HP baru maupun bekas, mengecek IMEI wajib dilakukan.

Apalagi, saat ini banyak banget ponsel Black Market yang beredar di pasaran sehingga biar nggak jadi korban, kamu harus teliti dalam memeriksa IMEI yang ada di HP kamu. Cara mengecek IMEI vivo juga gampang banget.

Kamu bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Buka Tentang Ponsel/About Phone.
  3. Muncul informasi otentikasi IMEI vivo.
  4. Selesai.

Nah, kalau kamu mau tahu lebih lanjut soal IMEI di HP, mulai dari cara mengeceknya untuk semua tipe dan melacak HP yang hilang dengan IMEI, kamu bisa simak melalui pembahasan yang ada di bawah.

Cara Cek IMEI HP Android & IPhone Di Kemenperin 2020 | Bebas Blokir!
Cek IMEI HP Android dan iPhone kamu supaya gak kena blokir pemerintah. Pastikan IMEI HP kamu sudah terdaftar di situs Kemenperin. Begini caranya, geng!
LIHAT ARTIKEL

7. Cara Cek HP vivo Normal atau Tidak via Software

Sumber foto: Unsplash - Cara cek keaslian vivo dari kartu software HP

Langkah selanjutnya buat mengecek HP vivo asli atau palsu bisa kamu lakukan dengan cara melihat software yang digunakan.

Melakukan pengecekan tersebut sangat penting karena biar bagaimanapun, software sangat memengaruhi fungsionalitas dari suatu HP. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Masuk ke Tentang Ponsel/About Phone kembali.
  3. Lihat di halaman tersebut apakah informasi soal OS ada atau tidak.
  4. Selesai.

Sebagai informasi, jika informasi mengenai OS tidak tersedia atau tidak bisa di-update, kamu patut curiga kalau HP vivo bekas yang hendak dibeli abal-abal alias bukan HP resmi.

8. Cek Garansi HP

Sumber foto: Unsplash - Cara cek keaslian HP vivo dari kartu garansi

Persoalan garansi HP bagi sebagian orang begitu krusial. Kekhawatiran HP rusak di tengah jalan begitu membayangi sehingga, jika rusak, mereka bisa mengklaim perbaikan tanpa bayar bermodalkan garansi.

Namun, garansi HP hanya diberikan selama satu tahun saja. Selain itu, garansi juga dibubuhkan dalam selembar kertas dan tidak disampaikan secara lisan.

Nah, apabila HP yang kamu gunakan diberikan garansi yang lebih pendek daripada jaminan pabrik, maka kamu patut curiga. Boleh jadi produk yang mereka tawarkan palsu.

9. Cara Cek Kondisi HP vivo dari Performanya

Sumber foto: Unsplash - Cara cek performa HP vivo masih normal atau tidak

Cara mengetes apakah HP vivo masih bagus atau tidak juga bisa mengacu pada performanya. Ada beberapa poin penting yang harus kamu cek sebelum meminang HP tersebut, di antaranya kapasitas memori dan kualitas jepretan.

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa kekuatan HP itu dengan cara bermain game mobile. Jika sering error atau lola, bisa jadi HP vivo yang mau dibeli bermasalah.

Namun, kalau kamu kurang paham sama persoalan pengecekan ini, kamu bisa mengajak kerabat atau teman yang paham soal teknologi.

10. Cara Cek Kesehatan Baterai HP vivo

Sumber foto: Google - Cara cek kesehatan baterai HP smartphone

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan ialah dengan memeriksa kondisi baterai HP vivo. Hal ini patut kamu curigai karena sekarang HP vivo sudah menggunakan baterai tanam.

Agak mencurigakan jika kamu membeli HP tersebut menggunakan baterai lepas-pasang. Lalu, keadaan baterainya sudah mencemaskan, seperti baterai gendut alias bergelembung dan sering panas.

Jika masalah demikian sedang kamu hadapi, maka kamu wajib melakukan pengecekan kondisi baterai dengan menggunakan kode cek vivo ##4636##.

Sayangnya, cara tersebut nggak bisa dicoba di semua HP, ya, geng. Namun, kalau kamu penasaran, kamu bisa langsung mengecek sendiri di vivo kamu. Jika bisa, kasih tau Jaka, ya.

Bonus: Daftar Kode Rahasia HP vivo

Sumber foto: Unsplash - Apa kode rahasia vivo untuk cek keamanan HP?

Tak hanya dari cara di atas saja, sebenarnya ada cara terampuh lainnya yang bisa kamu lakukan buat mengecek HP vivo. Cara tersebut ialah dengan menggunakan kode rahasia.

Buat kamu yang bertanya tentang apa kode rahasia cek HP vivo, kamu bisa simak daftarnya di bawah ini. Jaka sudah menyiapkan daftar kode rahasia cek HP vivo terlengkap di bawah. Cekidot.

Note:

Kode rahasia di bawah ini mungkin tidak berfungsi di semua tipe HP vivo. Kamu bisa mencobanya satu per satu atau sesuai kebutuhan.

Kode Rahasia HP vivo Fungsi
*800# Berfungsi untuk cek layar HP vivo
*#06# Cek keaslian produk vivo IMEI
*#558# Cek kerusakan HP Vivo
*#0589# Kode untuk menguji kinerja lampu flash
*#0842# Kode untuk cek atau tes vibrasi
##0289## Mengetes suara ponsel
*#1575# Kode untuk mengakses kontrol GPS
*#9999# Kode untuk melihat versi software
*#8888# Kode untuk melihat versi hardware
*#232338# Berguna untuk menguji WIFI
*#9999#0# Kode untuk menguji LCD perangkat
*#0523# Kode untuk cek kontras
*#872564# Untuk mengecek Control USB logging
#27673855# Memiliki fungsi untuk Full Factory reset
##0588## Kode untuk mengetes Sensor Proximity
##2664## Kode untuk mengetes touchscreen
##2663## Kode untuk mengetes touchscreen
##0842## Mengetes sensor getar/vibrator
##232339## Kode untuk tes wireless WIFI
##1472365## Kode untuk mengakses GPS test
#9998228# Kode ini bermanfaat untuk melihat informasi baterai

Akhir Kata

Demikian penjelasan lengkap Jaka mengenai cara cek HP vivo buat memastikan keaslian dan kondisi HP tersebut di tahun 2022 ini. Cara itu bisa kamu gunakan di semua tipe HP vivo, ya, geng.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli HP vivo terbaru maupun bekas, kamu wajib melakukan pengecekan melalui cara di atas. Dengan cara cek HP vivo Y21, kamu bisa menjadi menjadi smart buyer yang nggak bisa ditipu penjual nakal. Sekian pembahasan cara cek hp vivo bekas dan semoga bermanfaat.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Film Perjalanan Pertama (2022) Full Movie atau Tips lainnya dari Rismawati Idris.

ARTIKEL TERKAIT

33 HP 5G Murah Tercanggih dan Terbaik 2022, Auto Ngebut!

Kembali Keatas