Vivo Y12 Harga dan Spesifikasi 2020 | HP 1 Juta dengan Triple Kamera!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 21 Juli 2020, 19:00
vivo Y12 hadir dengan baterai besar, kamera kece, harga terjangkau. Tapi sebelum membelinya, cek dulu fitur, spesifikasi, dan harga vivo Y12 berikut ini!

Punya berbagai lini, brand smartphone asal Tiongkok vivo juga menyediakan lini HP murah berkualitas lewat vivo Y Series, geng.

Salah satu Y Series yang masih banyak dicari hingga saat ini adalah vivo Y12 yang kini dibanderol dengan harga di bawah Rp2 jutaan, namun dibekali dengan spesifikasi dan fitur mumpuni.

Misalnya saja baterai berkapasitas besar dan fitur AI Triple Camera yang bikin sektor fotografi jadi salah satu nilai jual utamanya.

Sebelum membeli smartphone kece yang satu ini, simak dulu ulasan seputar fitur, spesifikasi, dan harga vivo Y12 yang sudah Jaka rangkum lengkap di bawah ini.

Fitur, Spesifikasi, dna Harga vivo Y12

Tepat pada September 2019 lalu, vivo Y12 resmi melenggang di pasar Tanah Air dan mengincar pengguna dengan segmen menengah ke bawah mengingat dari banderol harganya.

Dengan begitupun ada sejumlah informasi mengenai fitur, spesifikasi, dan harga vivo Y12 yang tentu harus kamu pertimbangkan. Apa saja, ya?

Fitur Unggulan vivo Y12

hp ini hadir dengan sejumlah fitur yang membuatnya unggul dalam beberapa hal dibandingkan dengan kompetitornya di kelas entry-level.

ADVERTISEMENT

Nah, buat kamu yang ingin tahu apa saja keunggulan HP ini, berikut Jaka sudah rangkum fitur unggulan vivo Y12.

Desain dan Layar Lega

Bodi belakang hp ini berbahan plastik dengan aksen gradasi. Ada dua varian warna, yakni Aqua Blue dan Burgundy Red yang terinspirasi dari pemandangan alam dan danau yang indah.

vivo juga bisa dibilang nggak pelit dalam menghadirkan HP Android dengan layar lebar, termasuk pada vivo Y12 yang punya layar dengan ukuran 6,35 inci ini, geng.

Layar vivo Y12 mengusung desain Ultra All Screen dengan sebuah waterdrop notch di bagian atas untuk menampung kamera selfie.

Bezel-nya pun terbilang sangat tipis, sehingga membuat HP vivo ini punya rasio 19.3:9 yang nyaman untuk digunakan untuk gaming maupun streaming film.

Performa

Pada sektor dapur pacunya, smartphone ini dibekali dengan chipset Mediatek Helio P22 dengan fabrikasi 12nm dan prosesor octa-core berkecepatan 2 GHz.

Chipset yang dikombinasikan dengan GPU PowerVR GE 8320 ini bisa menghasilkan performa yang cepat untuk aktivitas ringan hingga sedang.

Tapi sebenarnya, chipset ini kalah saing, geng. Sebab, ada beberapa HP Android Rp1 jutaan yang sudah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 600 series_, lho. Misalnya Redmi 7.

Meski begitu, vivo juga sadar akan kebutuhan gamer dengan tetap menyertakan fitur Ultra Game Mode dan Dual Turbo untuk meningkatkan performa saat bermain game.

Kamera

Nilai jual utama dari hp ini adalah fitur AI Triple Camera dengan tiga buah modul lensa dengan konfigurasi 13MP Main Camera, 8MP Super Wide-Angle Camera, dan 2MP Depth Camera.

Sesuai namanya, kamera belakang vivo Y12 ini nggak ketinggalan dilengkapi dengan algoritma artificial intelligence (AI) untuk optimalisasi hasil foto.

Fitur unggulan dari kamera belakang ini adalah lensa sekunder 8MP AI Super Wide-Angle Camera yang mampu menangkap pemandangan hingga 120 derajat.

Dengan HP Triple Camera ini, kamu bisa menangkap lebih banyak pemandangan, teman saat foto bareng, dan gambar lainnya yang nggak kalah mengesankan.

Sementara untuk di bagian depan, vivo Y12 memiliki kamera selfie 8MP, geng. Ya, kualitas foto selfie-nya pun tentu terlihat biasa saja.

Baterai

Mirip seperti Y Series lainnya, vivo Y12 mengedepan baterai berkapasitas besar yang tahan penggunaan selama seharian lebih.

Untuk menunjang performanya, vivo Y12 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, 5.000 mAh yang tahan untuk penggunaan selama seharian.

vivo bahkan mengklaim HP Android baterai besarnya ini dilengkapi dengan fitur hemat daya guna mengoptimalisasi daya tahan baterai yang lebih lama.

Sayangnya, HP ini belum mendukung fast charging sehingga mengisi daya baterai pada vivo Y12 ini akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama, sekitar 2-2,5 jam sampai keadaan terisi penuh.

Meski begitu, kapasitas baterai 5.000 mAh sudah lebih dari cukup karena kapasitasi sebesar ini biasanya digunakan pada HP mid-range, bahkan HP flagship.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y12

Ulasan yang Jaka jelaskan di atas sebenarnya sudah cukup mencakup kelebihan dan kekurangan vivo Y12. Tapi untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek ulasan singkat di bawah ini.

  1. Kamera Mumpuni: Sekelas entry-level, vivo Y12 sudah berani menyodorkan AI Triple Camera dengan kualitas yang gak usah diragukan lagi, geng.

  2. Baterai Jumbo: Dengan bujet di bawah Rp2 juta, kamu bisa mendapatkan HP dengan baterai besar 5.000 mAh. Dijamin puas!

  3. Sudah Mendukung Bluetooth 5.0: Teknologi Bluetooth 5.0 bukan hanya lebih cepat dalam transfer data, tapi punya jangkauan luas dan stabil untuk terkoneksi dengan perangkat audio wireless.

  4. Dual SIM + MicroSD Terpisah: Buat kamu yang kebiasaan memakai dua kartu SIM sekaligus, kamu bakal dimanjakan dengan fitur dual SIM bertipe Nano SIM dengan slot terpisah dengan microSD.

Kekurangan vivo Y12

Kalau kamu memang mengincar sektor performa, tampaknya beberapa kekurangan vivo Y12 ini mungkin bisa mengurungkan niat kamu membeli HP yang satu ini. Apa sajakah kekurangan itu?

  1. Chipset Kurang Bertenaga: Performa vivo Y12 rasanya kurang bertenanga karena hanya mengandalkan Mediatek Helio P22, padahal HP sejutaan lainnya ada yang menggunakan Snapdragon 600 series.

  2. Belum Didukung dengan Fast Charging: Baterai berkapasitas besar pasti akan lama saat diisi daya jika nggak ada fitur fast charging.

  3. Perlindungan Layar Tidak Dijelaskan: Melihat spesifikasi vivo Y12, baik pada laman situs resminya maupun pada situs GSMArena, ponsel ini tampaknya belum dilengkapi dengan proteksi layar semacam Corning Gorilla Glass.

Spesifikasi vivo Y12

Penjelasan tadi masih belum lengkap, geng? Kalau gitu, lebih baik lihat vivo Y12 spesifikasi yang tertera pada tabel di bawah ini!

Detail vivo Y12 Spesifikasi
Dimensi 159.4 x 76.8 x 8.9 mm
Bobot 190.5 gram
Layar IPS LCD capacitive touchscreen

6.35 inci 720 x 1544 piksel (HD+)
Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12nm)

Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320
Sistem Operasi Android 9.0 Pie

Funtouch OS 9
RAM 3GB
Memori Internal 32/64GB

microSDXC (slot terpisah)
Kamera Belakang 13MP, f/2.2, PDAF (wide)

8MP, f/2.2, 16mm (ultrawide)

2MP, f/2.4 (depth)

LED flash, HDR, panorama
Kamera Depan 8MP, f/2.0
Baterai 5.000 mAh
Jaringan GSM/HSPA/LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Fitur microUSB 2.0, fingerprint (rear-mounted)
Warna Aqua Blue, Burgundy Red
Tanggal Rilis September 2019 (Indonesia)

Harga vivo Y12

Pada saat perdana rilis di Indonesia, harga HP vivo Y12 dibanderol mulai Rp2.199.000,- dengan membawa dua pilihan warna, yakni Aqua Blue dan Burgundy Red.

Sementara untuk tahun 2020, harga vivo Y12 bisa kamu temukan pada berbagai toko online maupun ritel dengan kisaran sebagai berikut, geng.

Kapasitas vivo Y12 Harga
vivo Y12 3/32GB RAM (Baru) Rp1.749.000,-
vivo Y12 3/64GB RAM (Baru) Rp1.999.000,-
vivo Y12 (Bekas) Rp1.400.000,-~Rp1.600.000,-

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan lengkap dari Jaka mengenai fitur, harga, dan spesifikasi vivo Y12. Dilihat dari harga dan spesifikasi, HP ini memang lumayan oke di kelasnya.

Dengan banderol harga vivo Y12 saat ini, apakah HP Android di bawah Rp2 jutaan ini masih menarik perhatianmu untuk membelinya?

Baca juga artikel seputar vivo atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

10 HP vivo RAM 3GB dan Harga Terbaru 2020, Bujet Murah Pas di Kantong!

10 HP vivo RAM 4GB Murah & Terbaik 2022, Harga Mulai Rp1 Jutaan Aja!

20+ HP 2 Jutaan Terbaik & Terbaru 2022, Ngebut & Anti Lag!

17 HP Android 3 Jutaan Terbaik 2022, Wajib Beli Sekarang!

20 HP di Bawah Rp1 Juta Terbaik 2022, Murah Meriah Masih Layak Dibeli!

7 HP vivo Terbaru 2020 dan Spesifikasinya, Spek Semakin Canggih!

undefined
Kembali Keatas