Mengenal Apa Itu Wifi Direct dan Bagaimana Cara Kerjanya

7 July 2017

Semakin banyak perangkat baru menggunakan Wi-Fi Direct. Wi-Fi Direct memungkinkan dua perangkat untuk membuat koneksi Wi-Fi langsung peer-to-peer tanpa memerlukan router nirkabel. Wi-Fi menjadi cara berkomunikasi tanpa kabel, seperti Bluetooth.

Wi-Fi Direct serupa dalam konsep mode Wi-Fi "ad-hoc". Namun, tidak seperti koneksi Wi-Fi ad-hoc, Wi-Fi Direct menyertakan cara yang lebih mudah untuk menemukan perangkat di sekitar secara otomatis dan terhubung dengannya.

Apa Itu Wifi Direct dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Anda mungkin sudah memiliki perangkat yang menggunakan Wi-Fi Direct. Misalnya, Roku 3 dilengkapi dengan remote control yang dikomunikasikan dengan menggunakan Wi-Fi Direct daripada menggunakan blaster IR lama atau koneksi Bluetooth.

Remote control tidak benar-benar terhubung ke router nirkabel Anda. Sebagai gantinya, Roku menciptakan jaringan Wi-Fi baru yang terhubung dengan remote control, dan keduanya berkomunikasi melalui jaringan kecil mereka sendiri.

Anda akan melihat ini sebagai jaringan Wi-Fi bernama DIRECT-roku - ### saat berada di kisaran Roku. Anda tidak dapat terhubung jika mencoba karena Anda tidak memiliki kunci keamanan. Kunci keamanan secara otomatis dinegosiasikan antara remote control dan Roku.

Ini memberi perangkat cara mudah berkomunikasi satu sama lain menggunakan protokol Wi-Fi standar. Anda tidak harus melalui prosedur set-up yang sulit. Anda tidak perlu memasukkan frase sandi Wi-Fi Anda ke remote control, karena proses koneksi terjadi secara otomatis.masukkan deskripsi gambar disini

Penggunaan Lainnya untuk Wi-FI Direct

Standar layar nirkabel Miracast juga menggunakan Wi-Fi Direct, meskipun hal ini tidak menimbulkan banyak kepercayaan diri, karena Miracast nampaknya sangat tidak kompatibel di antara perangkat yang berbeda.

Periferal, seperti mouse dan keyboard, bisa juga berkomunikasi via Wi-Fi Direct. Wi-Fi Direct dapat digunakan untuk menghubungkan dari jarak jauh ke printer nirkabel tanpa memerlukan printer untuk bergabung dengan jaringan nirkabel yang ada.

Android juga menyertakan built-in support untuk Wi-Fi Direct, meski hanya beberapa aplikasi yang menggunakannya.

Banyak perangkat sudah menggunakan Wi-Fi dengan radio Wi-Fi built-in. Daripada membangun perangkat keras yang berbeda, seperti Bluetooth, Wi-Fi Direct memungkinkan mereka berkomunikasi secara nirkabel tanpa memerlukan perangkat keras khusus tambahan. Ini menambahkan fungsionalitas tambahan tanpa memerlukan perangkat keras yang berbeda.

**Bagaimana cara kerja WiFi Direct?

Wi-Fi Direct menggunakan sejumlah standar untuk menyelesaikan fungsinya:

  • Wi-Fi: Wi-Fi Direct menggunakan teknologi Wi-Fi yang sama dengan yang digunakan perangkat Wi-Fi untuk berkomunikasi dengan router nirkabel. Perangkat Wi-Fi Direct pada dasarnya dapat berfungsi sebagai access point, dan perangkat berkemampuan Wi-Fi lainnya dapat terhubung langsung ke sana. Ini sudah dimungkinkan dengan jaringan ad-hoc, namun Wi-Fi Direct memperluas fitur ini dengan fitur penyiapan dan penemuan yang mudah.

  • Wi-Fi Direct Device and Service Discovery: Protokol ini memberi perangkat Wi-Fi Direct cara untuk menemukan satu sama lain dan layanan yang mereka dukung sebelum terhubung. Sebagai contoh. Perangkat Wi-Fi Direct dapat melihat semua perangkat yang kompatibel di area tersebut dan kemudian mempersempit daftar hanya pada perangkat yang memungkinkan pencetakan sebelum menampilkan daftar printer Wi-Fi Direct-enabled terdekat.

  • Wi-Fi Protected Setup: Bila dua perangkat terhubung satu sama lain, mereka secara otomatis terhubung melalui Wi-Fi Protected Setup, atau WPS. Kami hanya bisa berharap pembuat perangkat menggunakan metode koneksi aman untuk koneksi WPS ini dan bukan metode PIN WPS yang sangat tidak aman.

  • WPA2: Perangkat Wi-Fi Direct menggunakan enkripsi WPA2, yang merupakan cara yang paling aman untuk mengenkripsi Wi-Fi.

Wi-Fi Direct juga dapat disebut Wi-Fi peer-to-peer atau Wi-Fi P2P, karena berfungsi dalam mode peer-to-peer. Perangkat Wi-Fi Direct terhubung langsung satu sama lain, bukan melalui router nirkabel.masukkan deskripsi gambar disini

Apakah Anda bisa untuk menggunakannya saat ini?

Tapi apa sebenarnya Anda bisa menggunakan Wi-Fi Direct untuk saat ini? Nah, jika perangkat dan periferalnya dirancang untuk menggunakan Wi-Fi Direct, mereka akan menggunakan Wi-Fi Direct tanpa Anda harus memikirkannya. Roku 3 melakukan ini, seperti yang telah disebutkan di atas.

Sementara Wi-Fi Direct secara teoritis seharusnya menjadi standar yang memungkinkan beberapa jenis perangkat yang mendukung standar Wi-Fi Direct untuk berkomunikasi satu sama lain, ini belum benar-benar terjadi.

Misalnya, Anda mungkin memiliki dua laptop baru, masing-masing diiklankan sebagai pendukung Wi-Fi Direct. Anda mungkin menganggap akan ada cara untuk menyiapkan file sharing yang mudah di antara mereka menggunakan Wi-Fi Direct, namun Anda salah saat ini.

Tidak ada cara mudah untuk menghubungkan smartphone Android ke laptop Windows dan benar-benar melakukan banyak dulu. Untuk saat ini, Wi-Fi Direct bukanlah fitur yang benar-benar harus Anda perhatikan. Ke depan, ini bisa menjadi standar yang lebih bermanfaat.

Itu dia penjelasan Wifi Direct dan cara kerjanya. Bagaimana tanggapanmu? Share di kolom komentar ya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar