J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Macam-Macam Sistem Operasi PC & Smartphone | Banyak Selain Windows!

Macam-Macam Sistem Operasi PC & Smartphone | Banyak Selain Windows!

Rabu, 30 Sep 2020, 22:00 WIB
Ada macam-macam sistem operasi yang telah dirilis sejauh ini, baik untuk PC maupun HP. Daripada penasaran, langsung saja baca penjelasan Jaka berikut!

Apa sistem operasi PC atau smartphone yang kamu gunakan untuk membaca artikel ini, geng?

Kebanyakan PC saat ini menggunakan sistem operasi Windows, meskipun ada juga yang memakai macOS bagi pengguna produk Apple. Nah, jika smartphone, mungkin kamu akan menjawab Android atau iOS.

Sejauh ini, terdapat macam-macam sistem operasi komputer dan HP yang pernah ada. Contoh sistem operasi yang paling umum adalah Windows 10 Home dan Pro.

Sistem operasi berperan penting bagi perangkat yang kamu gunakan agar dapat berjalan dengan optimal. Fungsi sistem operasi adalah mengatur perangkat keras (hardware), menjalankan perintah dasar, mengatur berbagai aplikasi, dan menerjemahkan bahasa pemrograman dalam bentuk grafis.

Nah, kalau kamu mau tahu jenis sistem operasi dan contohnya lebih lanjut serta definisi sistem operasi, langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Jenis Sistem Operasi Komputer dan HP

Sebelum Jaka menjelaskan macam-macam sistem operasi pada komputer dan smartphone, Jaka akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian sistem operasi.

Secara umum, sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur semua sumber daya pada perangkat. Sistem operasi menjadi penghubung antara software, hardware, dan brainware (pengguna) agar dapat terkoneksi dengan baik.

Supaya kamu semakin paham tentang sistem operasi, simak penjelasan Jaka berikut ini mengenai macam macam sistem operasi komputer dan HP, serta sejarah perkembangan mereka.

1. Microsoft DOS (Disk Operating System)

Macam Sistem Operasi 1f792
Sumber foto: WinWorld

Sistem operasi yang sering disingkat sebagai MS-DOS ini banyak digunakan dan populer pada 1980-an. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi komputer ini adalah kapasitasnya ringan sehingga nggak menghabiskan memori, serta memiliki kompatibilitas tinggi.

Meskipun demikian, MS-DOS juga memiliki kekurangan, yaitu belum ada antarmuka (user interface atau UI) serta instruksinya hanya berupa tulisan dan nggak ada grafis. Oleh karena itu, tampilan pada sistem operasi ini jadul banget, geng.

Sistem yang digunakan oleh MS-DOS tersebut dinamakan character user interface (CUI). Nah, CUI saat ini hampir sudah nggak digunakan karena digantikan dengan sistem yang lebih modern, yaitu graphic user interface (GUI).

2. Windows

Macam Macam Sistem Operasi Windows E7c4c
Sumber foto: Wikipedia

Seperti yang telah Jaka sebutkan di atas, Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Windows menjadi bentuk pengembangan dari sistem operasi MS-DOS. Hal ini nggak mengherankan karena keduanya sama-sama diluncurkan oleh Microsoft.

Macam macam sistem operasi Windows juga sangat banyak sejak awal perilisannya, mulai dari versi 1.0 hingga Windows 10 yang mungkin kamu gunakan saat ini. Beberapa kelebihan Windows adalah tampilannya user friendly alias mudah dipahami oleh pengguna, proses instalasi cukup mudah, hingga banyak aplikasi yang ditawarkan.

Namun, Windows juga memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak open source, lisensinya berbayar dan cukup mahal, mudah di-hack, serta rentan terkena serangan virus, sehingga kamu harus mengaktifkan antivirus di perangkatmu.

3. Linux

Fungsi Sistem Operasi 02259
Sumber foto: redandblack

Linux pertama kali diperkenalkan oleh Linus Torvalds pada 1991. Berbeda dengan Windows, sistem operasi dengan logo pinguin ini bersifat open source, sehingga pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikan kembali secara bebas tanpa perlu lisensi.

Berkat fleksibilitas tersebut, banyak penggguna Linux yang memasang dan melakukan konfigurasi sendiri untuk membangun sistem. Hal ini mengakibatkan perkembangan Linux sangat pesat dibandingkan Windows atau macOS.

Pada bidang web hosting, sistem operasi Linux biasanya digunakan untuk komputer server. Kamu bahkan bisa memilih sendiri versi Linux jika menggunakan VPS Hosting.

4. Unix

Contoh Sistem Operasi 7f848
Sumber foto: Lifewire

Meskipun menjadi sistem operasi komputer generasi lama dan sudah jarang digunakan, namun Unix memiliki beberapa kelebihan. Unix dapat dipindahkan ke komputer lain alias portable. Selain itu, sistem operasi ini dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna sekaligus alias multi-user.

Sistem file dalam Unix juga bersifat hierarkis, sehingga data diatur dalam bentuk yang mudah diingat dan diakses. Sistem operasi yang dirilis pada 1971 ini stabil jika dimanfaatkan untuk pengembangan Java.

Namun, Unix juga memiliki beberapa kekurangan, geng, yaitu tampilan dan grafis yang kurang menarik, membutuhkan ruang memori besar di PC atau laptop, serta kurang kompatibel dengan banyak game PC.

5. macOS

Macam Macam Sistem Operasi Komputer 09986
Sumber foto: The Verge

Macam sistem operasi selanjutnya adalah macOS dari Apple. Produk ini terkenal dengan harganya yang mahal, namun tetap saja banyak yang menggunakan karena beberapa kelebihan yang dimilikinya.

Sistem operasi macOS adalah yang pertama kali menggunakan teknologi GUI. Selain itu, macOS aman dari virus dan memiliki sistem keamanan sangat tinggi, sehingga nggak gampang diretas. Bagi kamu yang gemar edit video di PC, macOS sangat bisa menunjang aktivitasmu.

Meskipun demikian, macOS bukan tanpa kekurangan. Sistem operasi ini hanya mendukung perangkat keluaran Apple. Dengan demikian, macOS jadi nggak kompatibel dengan hardware yang biasa digunakan oleh sistem operasi lain, seperti Windows.

6. Windows Phone

Macam Macam Sistem Operasi 7cb5a
Sumber foto: CNet

Nah, kalau macam-macam sistem operasi yang telah Jaka jelaskan di atas untuk PC atau laptop, maka yang satu ini adalah sistem operasi untuk smartphone, geng.

Windows Phone adalah sistem operasi perangkat mobile yang dikembangkan oleh Microsoft, dan merupakan pengganti platform Windows Mobile. Sistem operasi ini diluncurkan pada Oktober 2010 secara global, meskipun baru bisa dinikmati di Asia pada awal 2011.

Windows Phone juga menjadi sistem operasi utama pada ponsel buatan Nokia setelah sebelumnya CEO Microsoft dan CEO Nokia mengumumkan kerja sama. Windows Phone dimaksudkan untuk menggantikan sistem operasi Symbian yang biasa terdapat pada ponsel-ponsel keluaran Nokia.

7. Android

Macam Macam Sistem Operasi 66991
Sumber foto: Kaspersky

Macam sistem operasi yang terakhir dari Jaka adalah Android. Sistem operasi ini dirancang untuk penggunaan pada smartphone atau tablet, dan sudah sangat umum digunakan di seluruh dunia.

Android memiliki banyak kelebihan yang membuatnya dipilih oleh sebagian besar kalangan. Sistem operasi ini bersifat open source, didukung oleh beragam aplikasi yang tersedia di Play Store, bisa multitasking, hingga mendukung USB Mass Storage. Meskipun demikian, Android cenderung membuat baterai boros dan rawan malware.

Sejauh ini, Android sudah rilis dalam berbagai versi tingkatan. Nama-nama yang digunakan juga unik karena menggunakan nama dessert, seperti Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, dan lain-lain.

Akhir Kata

Nah, itu dia macam-macam sistem operasi yang pernah ada hingga sekarang, baik untuk PC dan laptop, maupun untuk smartphone. Kalau menurutmu, sistem operasi mana yang terbaik di antara para saingannya, geng?

Baca juga artikel seputar Sistem Operasi atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
D949c60b60d44ca0acd448e694f3ad74

10 Sistem Operasi Gratis Lebih Dari Windows dan Mac OS

10 Sistem Operasi Terbaik Untuk Hacking Selain Windows

10 Sistem Operasi Terbaik Untuk Hacking Selain Windows

Perbedaan Android Dan Ios 1552d

5 Perbedaan Sistem Operasi Android dan iOS | Android Lebih Unggul?

Alasan Ios Lebih Unggul Dari Android A57f2

7 Alasan Sistem Operasi iOS Lebih Unggul dari Android, Menang Telak?

Situs Dan Tema Download Theme Windows 10 Terbaik Banner 3967e

10 Tema dan Situs Download Theme Windows 10 Terbaik, Gratis!

7b0f1bfe36aee6a59fe3d148920f0900

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pindah Dari Windows Ke Linux Sekarang

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Alasan Sistem Operasi iOS Lebih Unggul dari Android, Menang Telak?

7 Alasan Sistem Operasi iOS Lebih Unggul dari Android, Menang Telak?

Cara Mengatasi Erorr the application was unable to start correctly (0xc000007b)

Cara Mengatasi Erorr the application was unable to start correctly (0xc000007b)

5 Alasan Kenapa Chrome OS Akan Gagal, Gak Ada yang Pakai?

5 Alasan Kenapa Chrome OS Akan Gagal, Gak Ada yang Pakai?

Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dengan Mudah

Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dengan Mudah

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal