• HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Hardisk Kuno! Ini 8 Alasan Kamu Harus Pakai Google Drive

              Hardisk Kuno! Ini 8 Alasan Kamu Harus Pakai Google Drive

              00
              Senin, 6 Feb 2017, 14:00 WIB
              Seiring dimulainya era internet cepat 4G LTE, menyimpan file di harddisk rasanya sudah terbilang kuno. Makanya pake Google Drive aja. Ini nih 7 alasan kenapa harus pakai Google Drive.

              Selama bertahun-tahun, kamu mungkin sudah terbiasa dengan metode penyimpanan file digital menggunakan FlashDisk atau HardDisk. Namun sejak tren teknologi mobile first dikenalkan, penyimpanan file digital pun beralih dari metode tradisional ke arah cloud storage.

              Salah satu layanan cloud storage yang menurut Jaka sangat baik adalah Google Drive. Layanan penyimpanan awan milik Google ini dibekali banyak fitur unggulan. Ini dia 8 alasan kenapa harus pakai Google Drive.

              BACA JUGA
              • Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)
              • 4 Cloud Storage Terbaik

              Alasan Harus Pakai Google Drive

              Seiring jaringan 4G LTE mulai diadaptasikan di Indonesia, koneksi internet cepat pun memudahkan kamu untuk menggunakan cloud storage. Dari sekian banyaknya layanan cloud storage, kenapa harus Google Drive? Berikut ini alasan kenapa kamu harus pakai Google Drive.

              Google Drive for Android 2.4.452.14.35
              Apps Office & Business Tools Google
              DOWNLOAD
              Google Drive 1.31.2755.2156
              Apps Downloader & Plugin Google
              DOWNLOAD

              1. Buatan Google

              Dari namanya saja sudah jelas bahwa layanan cloud storage ini adalah buatan Google. Tapi bukan cuma karena namanya saja kok yang menjadi alasan kenapa harus pakai Google Drive, melainkan karena layanannya. Ya, karena buatan Google, maka sudah bisa dipastikan bahwa samua layanan Google bisa dengan mudah diintegrasikan dengan Google Drive. Layanan seperti Google Photos dan Google Music bisa banget diintegrasikan dengan Google Drive. Seiring dengan berkuasanya platform Android, yakin kamu tidak menggunakan layanan Google yang lain? Makanya, selagi kamu pake Android, wajib banget pake Google Drive deh!

              Google Photos 2.6.0.141921143
              Apps Photo & Imaging Google Inc.
              DOWNLOAD
              Google Play Music
              Apps Video & Audio Google Inc.
              DOWNLOAD

              2. Bisa Kerja Dimana Saja

              kenapa-harus-pakai-google-drive-6

              Tren teknologi mobile first memberikan tuntutan untuk bisa menyelesaikan kerjaan kapanpun dimanapun. Untuk menjawab tutuntuan itu Google Drive menawarkan kemampuan membuat dan mengedit dokumen langsung dari Google Drive menggunakan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Jadi kamu bisa membuat dan mengedit dokumen langsung dari Google Drive tanpa harus membukanya via komputer seperti jika menyimpannya di FlashDisk atau HardDisk.

              3. Gratis Penyimpanan 15GB

              kenapa-harus-pakai-google-drive-3

              Seiring kamu set akun Google di smartphone Android kamu, saat itu juga kamu mengaktifkan layanan Google Drive. Untuk setiap akun Google, kamu akan mendapatkan gratis ruang penyimpanan Google Drive sebesar 15GB. Ini tentu lebih besar daripada ruang penyimpanan Dropbox yang hanya memberikan gratis 2GB. Bahkan dalam beberapa kesempatan, selalu ada vendor yang menyediakan bundling khusus Google Drive, seperti ASUS Zenfone 2 yang memberikan gratis 100GB saat pertama kali launching. Jadi, mendapatkan gratis penyimpanan 15GB apa tidak cukup jadi alasan pakai Google Drive? Kan kamu jadi bisa menghemat memori smartphone jika semua file yang kamu miliki selalu disimpan di Google Drive.

              [gadget]764[/gadget]

              4. Support Multi Platform

              kenapa-harus-pakai-google-drive-2

              Jika kamu sering bekerja lewat perangkat Mac di rumah atau PC di kantor, dan kamu juga kemana-mana pake Android, maka kamu wajib pake Google Drive. Ya, alasan pakai Google Drive ini karena layanannya bisa digunakan di banyak platform. Kamu bisa dengan mengakses file yang kamu kerjakan di rumah, di kantor, atau di perangkat smartphone Android kamu dimana saja. Baik itu file musik, video, foto, maupun dokumen, semuanya bisa tersinkronisasi dengan cepat jika kamu menggunakan Google Drive.

              5. Upload dan Sharing File dengan Mudah

              kenapa-harus-pakai-google-drive-5

              Alasan pakai Google Drive yang selanjutnya adalah karena kamu bisa dengan mudah untuk upload dan sharing file. Kamu bisa meng-upload file dari komputer ke Google Drive hanya dengan melakukan drag and drop. Begitu proses upload selesai, kamu bisa mengakses file tersebut lewat smartphone Android kamu. Selanjutnya kamu bisa membagikan file tersebut ke teman atau kontak kamu.

              kenapa-harus-pakai-google-drive

              Menariknya, file yang kamu bagikan tersebut bisa dilihat siapa saja walau tidak punya akun Google, hanya saja sebagai Guest. Tapi jika dia punya akun Google, orang yang memiliki akses bisa ikut mengedit dan memperbarui file yang kamu bagikan tersebut. Nantinya file tersebut akan otomatis diperbarui di semua perangkat orang yang melihat file tersebut.

              6. Aman

              kenapa-harus-pakai-google-drive-4

              Meski bisa dibagikan kepada orang lain, bukan berarti Google tidak memperhatikan keamanan file yang di-upload ke Google Drive. Alasan pakai Google Drive selanjutnya adalah aspek keamanan yang ditawarkannya. Kamu bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat file tertentu yang kamu upload, siapa saja yang bisa ikut mengedit file tersebut; dan kamu juga bisa menentukan siapa yang diberi akses administrator untuk mengakses penuh akun Google Drive kamu. Ini tentu sangat bermanfaat bagi kamu agar bisa mengerjakan proyek bersama tim kapanpun dimanapun dengan aman tanpa khawatir pekerjaan kamu diambil alih orang tidak bertanggung jawab.

              7. Download Cepat

              Buat kamu yang memiliki banyak koleksi dokumen penting, ayo backup dokumen kamu ke Google Drive. Tidak peduli sebesar apa dokumen yang kamu miliki, rasanya dengan penyimpanan 15GB kamu akan leluasa menyimpannya. Dan lagi semua file yang kamu upload di Google Drive bisa kamu download dengan cepat dan mudah lewat semua perangkat yang terhubung. File yang di-upload ke Google Drive bisa di-download lebih cepat dibandingkan file yang di-upload ke layanan lain.

              8. Support Offline Mode

              kenapa-harus-pakai-google-drive-7

              Jika kamu adalah orang yang ingin menggunakan jasa layanan cloud storage tapi kuota sering pas-pasan, maka wajib banget nih pake Google Drive. Kenapa harus pake Google Drive jika kuota pas-pasan? Karena Google Drive telah mendukung fitur Offline Mode. Yang mana file yang kamu sinkronkan di Google Drive bisa kamu akses kapanpun dimanapun walau tidak ada koneksi internet. Jadi gak usah khawatir jika kamu pergi ke daerah yang jaringan internetnya buruk sekali pun.

              Nah, itu tadi 7 alasan kenapa harus pakai Google Drive. Di era mobile first, layanan cloud storage adalah salah satu layanan yang gak bisa kamu lewatkan begitu saja. Selain mengikuti tren mobile first, Google Drive juga akan memudahkan kamu untuk bekerja kapan pun dimana pun. Jadi, masih ragu untuk pakai Google Drive?

              Baca juga artikel seputar Google atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

              APPS TERKAIT
              Google Drive for Android 2.4.452.14.35
              Apps Google
              Dropbox for Android 28.2.2
              Apps Dropbox
              Google Drive 1.31.2755.2156
              Apps Google
              MEGA 1.5.18
              Apps Mega Limited
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!