J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Gak Nyangka! 6 Fitur Windows Ini Ternyata Terinspirasi Dari Fitur Android dan iOS

Gak Nyangka! 6 Fitur Windows Ini Ternyata Terinspirasi Dari Fitur Android dan iOS

Jumat, 13 Apr 2018, 11:00 WIB
Tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi mobile jauh lebih pesat dibanding perkembangan teknologi desktop. Android dan iOS adalah peran utama di balik pesatnya teknologi mobile.

Tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi mobile jauh lebih pesat dibanding perkembangan teknologi desktop. Android dan iOS adalah pemeran utama di balik pesatnya teknologi mobile. Setiap tahun, bahkan setiap bulan kedua platform ini menghadirkan fitur-fitur baru yang sangat bermanfaat untuk kita.

Tapi apa kabar dengan Windows? Mereka hanya terdiam dan mencoba mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Seakan tidak bisa berkutik, mau tidak mau Windows pun harus menyesuaikan dirinya dengan cara meniru fitur Android dan iOS. Penasaran kan fitur apa saja yang dimaksud? Langsung aja deh simak artikelnya berikut ini.

BACA JUGA
  • Jangan Pakai Windows Lagi! Ini Alasannya..
  • 10 Tips dan Trik Windows 10 'Super' Mudah yang Wajib Kamu Coba!
  • Cara Mempercepat Internet Windows dan Android Hingga 10x Lipat (DNS 1.1.1.1)

6 Fitur Windows Ini Terinspirasi Dari Fitur Android dan iOS

1. Aplikasi Modern

1 Bcb04
Sumber foto: windowscentral.com

Inilah salah satu hal yang membawa perubahan besar pada cara kerja Windows hingga saat ini. Sebelum smartphone populer, setiap orang yang hendak melakukan kegiatan di internet seperti berbelanja, membaca berita, membuka sosmed harus membukanya langsung lewat website. Namun setelah smartphone muncul, semua hal di atas berubah total. Mulai dari berbelanja, membaca berita, hingga membuka sosmed, semuanya bisa diakses melalui aplikasi di smartphone. Hal tersebut pastinya lebih praktis dan efisen.

2. Layar Kunci yang Bisa di Dikustomisasi

2 3dc77
Sumber foto: pcmag.com

Sebelum dirilisnya Windows 10, semua versi Windows tidak memiliki kustomisasi Lock Screen. Kita ambil contoh lock screen di Windows 7, saat itu tampilan di lock screen hanya ada nama pengguna dan power button. Bahkan tidak ada opsi untuk mengganti wallpaper di lock screen, lebih parahnya lagi tidak ada tampilan tanggal dan waktu.

Tetapi tampilan lock screen pada Windows 10 sekarang sudah jauh berbeda dibandingkan lock screen di Windows 7. Lock screen di Windows 10 dapat dikustomisasi sesuka kalian, mulai dari mengganti Wallpaper, informasi cuaca, tampilan tanggal dan waktu, notifikasi email, atau mengakses Cortana. Sudah barang tentu, tampilan tersebut hampir sama seperti lock screen di Android dan iOS.

3. Terdapat Menu Reset Pabrik

3 1923f
Sumber foto: chijoori.ir

Pada versi Windows yang lebih lama, seperti Windows XP dan Windows 7, opsi reset pabrik belum tersedia. Jika Windows atau PC error kita tidak bisa mereset pabrik layaknya smartphone. Akibatnya kita harus bersusah payah untuk meng-install ulang Windows tersebut, sebuah hal yang sangat merepotkan.

Namun, pihak Microsoft menyadari hal tersebut dan pada akhirnya opsi reset pabrik sudah tersedia di Windows 8 dan Windows 10. Jadi ketika Windows mengalami error atau rusak karena aplikasi jahat, opsi ini sangat berguna. Mereset Windows, menghapus seluruh data dan memulainya dari awal. Fitur tersebut sama persis seperti yang ada di smartphone Android dan iOS.

4. Kontrol Sentuh yang Lebih Baik

4 65d80
Sumber foto: advancedtechnology.com.au

Sentuhan merupakan kontrol yang sedang populer saat ini. Memang benar Windows sudah menyediakan kontrol sentuh sejak dulu, tetapi saat itu kita belum bisa merasakan experience atau pengalaman yang bagus. Baru di Windows 10-lah kita dapat merasakan experience yang hampir sama seperti kontrol sentuh di smartphone.

Saat ini Windows 10 telah menyediakan kontrol layar sentuh yang jauh lebih baik. Mulai dari gesture sentuhan, opsi menulis dengan stylus, double tap, mencubit layar untuk memperbesar atau memperkecil objek, dan masih banyak lagi.

5. Terdapat Notifikasi Bar

5 17a63
Sumber foto: siliconangle.com

Pada smartphone kita mengenal istilah Notifikasi Bar. Notifikasi bar merupakan tempat dimana semua notifikasi (pemberitahuan) berkumpul, seperti pemberitahuan email, pesan, panggilan, berita, dan masih banyak lagi.

Pada versi sebelumnya, Windows belum memiliki fitur ini, namun pada Windows 8 dan 10 sekarang fitur tersebut sudah ada. Seakan menjiplak Android dan iOS, di notifikasi bar Windows juga terdapat icon Airplane Mode (mode pesawat) dan Quiet Hours (Mode Tenang) dimana kamu tidak akan terganggu dari berbagai pemberitahuan yang ada.

6. Adanya Virtual Assistant, Cortana

6 4800b
Sumber foto: Sumber: techorade.com

Berawal dari Siri yang diluncurkan oleh Apple di iPhone 4S pada tahun 2011, fitur virtual assistant terus mengalami perkembangan. Apalagi sejak munculnya Google Assistant, fitur virtual asisstant ini pun semakin populer dan sudah menjadi fitur wajib yang harus ada di setiap smartphone.

Windows pun menyadari hal tersebut, pada tahun 2014 Microsoft secara resmi meluncurkan virtual assistant-nya yang bernama Cortana. Namun, belum sepintar Siri dan Google Assistant. Saat ini Cortana hanya mampu untuk mencari file, mencari informasi, membuka aplikasi, mengirim pesan atau email, dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Itulah 6 fitur Windows 10 yang terinpirasi dari fitur smartphone Android dan iOS. Perubahan ini merupakan sebuah hal yang positif karena dengan perubahan tersebut, sistem operasi Windows menjadi lebih bersahabat dengan device yang memiliki layar kecil seperti tablet bahkan di layar smartphone sekalipun.

Header: digit.in

ARTIKEL TERKAIT
Banner Shutterstock Folderterlarang

Haram! Ini 22 Nama Folder Terlarang di Windows

Cara Mengubah Smartphone Android Jadi Windows Phone

Cara Mengubah Smartphone Android Jadi Windows Phone Tanpa Beli

Fotografer Windows Xp

Terungkap! Karya Lain Fotografer Wallpaper Windows XP yang Gak Kalah Keren

Aplikasi Membuat Screenshot 4e5f6

Cara Membuat Screenshoot di Android Seperti Hasil Foto Profesional

Aplikasi Wajib Install Untuk Mempercepat Performa Pc C482c

3 Aplikasi Wajib Install Agar PC Ngebut Seperti Baru

APPS TERKAIT
Cortana Icon
Cortana for Android 1.1.0.705
Apps Microsoft Corporation
Google Icon
Google 8.20.13.16
Apps Google Inc.
Computer Launcher Windows 10 C3368
Computer Launcher Windows 10 8.6
Apps
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Install Windows 10 di Android | Mudah & Cepat

Cara Install Windows 10 di Android | Mudah & Cepat

10 Tips dan Trik Windows 10 'Super' Mudah yang Wajib Kamu Coba!

10 Tips dan Trik Windows 10 'Super' Mudah yang Wajib Kamu Coba!

Jangan Pakai Windows Lagi! Ini Alasannya..

Jangan Pakai Windows Lagi! Ini Alasannya..

Cara Ampuh Mematikan Fitur Windows Update di Windows 10

Cara Ampuh Mematikan Fitur Windows Update di Windows 10

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal