J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ironis! 7 Film Berkualitas yang Rugi Besar di Pasaran, Apa Penyebabnya?

Ironis! 7 Film Berkualitas yang Rugi Besar di Pasaran, Apa Penyebabnya?

Kamis, 8 Okt 2020, 16:30 WIB
Percaya nggak sih kalau Star Wars diklaim nggak menghasilkan keuntungan sama pihak studio? Cari tahu kenapa juga film sukses lainnya yang rugi di sini!

Dinamika industri perfilman Hollywood memang sulit untuk diprediksi, bahkan oleh para penggiatnya sekalipun.

Untuk bisa memproduksi film yang menghsilkan keuntungan besar di industri ini, banyak faktor eksternal yang perlu diperhatikan.

Beberapa film sudah dibuat dengan teknik dan eksekusi yang sangat baik, tetapi masih gagal dalam meraih keuntungan secara finansial ketika dirilis di pasaran.

7 Film Berkualitas yang Rugi di Pasaran

Secara umum kualitas dan keuntungan seharusnya berbanding lurus, tetapi prinsip ini sepertinya tidak berlaku untuk semua film yang diproduksi di Hollywood.

Beberapa film gagal untuk mendapatkan keuntungan yang besar ketika dipasarkan karena bermacam hal mulai dari tidak sesuai dengan selera pasar, hingga persoalan dana yang berbelit-belit.

Apa saja kah film-film berkualitas Hollywood yang ternyata gagal untuk mendapatkan keuntungan ketika dipasarkan? Berikut informasi selengkapnya.

1. Batman (1989)

Memphisflyer Com A944d
Sumber foto: memphisflyer.com

Sebagai salah satu pionir film superhero, film Batman karya Tim Burton bisa dibilang sebagai salah satu film superhero sukses yang pernah dibuat.

Di atas kertas film ini sebetulnya terlihat baik-baik saja, bahkan cenderung terlihat sukses dari segi finansial. Tapi, hal lain diutarakan oleh pihak studio.

Warner Bros mengklaim bahwa film yang satu ini tidak mendapatkan keuntungan apapun, bahkan menderita kerugian hingga 36 juta USD.

Hal ini dikarenakan biaya marketing yang sangat tinggi juga kontrak para aktornya yang ternyata memasukkan persentase besar dari penjualan tiket film ini.

2. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Amazon 619cc
Sumber foto: amazon.com

Film horor yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu film horor paling menakutkan yang pernah dibuat. Penonton dibawa untuk menyelami penderitaan Emily dengan cara yang menyeramkan.

Film garapan Scott Derickson ini membutuhkan bujet 19 juta USD ketika dibuat, dan berhasil mengumpulkan 145 juta USD ketika dipasarkan. Jumlah yang terlihat cukup baik.

Akan tetapi, sang sutradara di film ini Derickson tidak mendapatkan apapun dari kontraknya di film ini yang menyatakan bahwa dia akan mendapatkan 5% dari keuntungan film garapannya ini.

Hal ini dikarenakan pihak studio harus menanggung berbagai macam biaya tambahan, termasuk biaya marketing yang besar dan ketika dihitung tidak ada keuntungan yang tersisa.

3. Harry Potter & The Order Of The Phoenix (2007)

Thesuburvan Com 6bfde
Sumber foto: thesuburban.com

Salah satu film dari franchise film Harry Potter yaitu Harry Potter & The Order Of The Phoenix diklaim pihak studio mengalami kerugian yang besar.

Pemberitaan yang muncul ke media sebetulnya menunjukkan kalau film ini untung dalam jumlah yang cukup besar, akan tetapi di laporan keuangan film ini pihak studio terlihat rugi.

Sebetulnya hal ini terjadi karena pihak studio mamainkan laporan keuangan ini dengan membayarkan sejumlah uang ke anak perusahaannya, lalu mengkategorikannya sebagai biaya marketing.

4. King Arthur: Legend of the Sword (2017)

Gamesradar Com 22d29
Sumber foto: gamesradar.com

Film aksi fantasi yang dirilis tahun 2017 ini sebetulnya memiliki konsep cerita yang cukup menarik, dan eksekusinya pun dilakukan dengan cukup baik.

Meskipun begitu, hal ini tidak cukup untuk mengangkat King Arthur: Legend of the Sword dari jurang kerugian.

Film yang satu ini dibuat dengan bujet kurang lebih 175 juta USD, dan ketika dirilis hanya mampu mengumpulkan sekitar 150 juta USD saja.

5. Star Wars Episode VI: Return Of The Jedi (1983)

Banner 83cb4
Sumber foto: pinterest.com

Siapa sangka kalau ternyata penutup dari trilogi film sci-fi Star Wars yang pertama ternyata tidak mendapatkan keuntungan, paling tidak menurut salah satu aktor yang bermain di film ini.

David Prowse pemeran penjahat legendaris di film ini, darth Vader, tidak pernah mendapatkan persentase keuntungan dari pihak studio sesuai dengan yang tercatat di kontraknya.

Banyak spekulasi mengatakan bahwa pihak studio sengaja memasukkan biaya marketing dalam jumlah besar, untuk membuat sang aktor tidak mendapatkan keuntungan sesuai yang dijanjikan.

6. The Call of the Wild (2020)

Thenational Le 7b498
Sumber foto: thenational.le

Film keluarga yang dibintangi oleh Harrison Ford ini memiliki konsep cerita yang menarik, juga didukung dengan efek CGI yang mengagumkan.

Sayangnya, pasar film keluarga memang dikenal sulit untuk dieksploitasi guna mendapatkan keuntungan melimpah dan hal ini juga dirasakan oleh film yang satu ini.

The Call of the Wild membutuhkan biaya hingga kurang lebih 150 juta USD pada proses pembuatannya, dan hanya berhasil mengumpulkan 107 juta USD ketika dirilis.

7. Forrest Gump (1994)

Theguardian A22f6
Sumber foto: theguardian.com

Siapa sangka kalau ternyata penulis Novel Forrest Gump ternyata tidak mendapatkan apa-apa ketika bukunya diangkat menjadi film.

Meskipun kala itu Forrest Gump berhasil mengumpulkan penghasilan hingga 683 juta USD dari bujetnya yang hanya 55 juta USD, pihak studio mengatakan kalau film ini sebetulnya rugi besar.

Pihak studio menyebutkan bahwa biaya marketing dan gaji aktor yang super besar ketika dikurangkan tidak menyisakan apapun dalam hal priofit.

Akibatnya, Winston Groom sebagai penulis Novel ini yang dijanjikan mendapatkan 3% dari keuntungan bersih film sukses ini tidak mendapatkan apapun.

Akhir Kata

Itu dia beberapa film sukses yang ternyata tidak mendapatkan keuntungan ketika dirilis.

Banyak spekulan yang menyebutkan kalau hal semacam ini sering terjadi agar pihak studio bisa meraih untung dalam jumlah banyak dan menghindar dari kewajibannya.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa membuat kalian semua terhibur, dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Page 098f8

12 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Gila!

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa Penuh Adegan Mendebarkan Bb449

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia 0c9c0

20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!

Film Barat Terbaru C7e42

17 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Wajib Nonton!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Meski Dihina & Dibenci, 7 Film Gagal Total ini Meraup Milyaran Dolar

Meski Dihina & Dibenci, 7 Film Gagal Total ini Meraup Milyaran Dolar

Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

Diremehin Parah! 7 Film yang Nggak Sengaja Jadi Sukses di Pasaran

7 Film Berkualitas yang Gagal Total Saat Dirilis, Gak Balik Modal?

7 Film Berkualitas yang Gagal Total Saat Dirilis, Gak Balik Modal?

7 Film Sensual dengan Keuntungan Terbesar, Laku Karena Vulgar?

7 Film Sensual dengan Keuntungan Terbesar, Laku Karena Vulgar?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal