J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

CORTANA for Android VS Google Now, Siapa Yang Lebih WOW?

CORTANA for Android VS Google Now, Siapa Yang Lebih WOW?

Sabtu, 12 Des 2015, 12:00 WIB
Setelah sekian lama berada dalam tahap beta, Cortana akhirnya resmi tersedia di Google Play Store. Sama-sama berfungsi untuk merespon perintah suara, jika membandingkan Cortana for Android dengan Google Now, siapa yang lebih wow?

Setelah sekian lama berada dalam tahap beta, Cortana akhirnya resmi tersedia di Google Play Store. Bukan hanya untuk pengguna Android, layanan perintah suara dari Microsoft ini juga tersedia untuk pengguna iOS. Jika membandingkan Cortana dengan Google Now, siapa ya yang lebih WOW?

BACA JUGA
  • Cara Mudah Install CORTANA di Semua Jenis HP Android
  • Ternyata Google Now Lebih Pintar Dibandingkan Siri dan Cortana
  • Yahoo Siapkan Pesaing Google Now

Google Now yang merupakan layanan perintah suara bawaan Android kini mendapat lawan serius. Bagaimana tidak, Cortana yang terintegrasi dengan layanan eksklusif Bing milik Microsoft, kini tersedia di Playstore dan bisa di-download secara gratis oleh pengguna Android Ice Cream Sandwich 4.0 ke atas.

Cortana VS Google Now

Sama-sama berfungsi sebagai aplikasi yang dapat merespon perintah suara (voice command), baik Google Now atau Cortana for Android memiliki kelebihan masing-masing yang dapat memudahkan kamu. Apa kamu sudah mencoba keduanya? Jika belum, install dulu Google Now dan Cortana for Android dari link yang Jaka sediakan ya!

Google Icon
Google 8.20.13.16
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD
Cortana Icon
Cortana for Android 1.1.0.705
Apps Productivity Microsoft Corporation
DOWNLOAD

Respon Terhadap Wake Up Voice

Dengan menginstal aplikasi perintah suara seperti Google Now atau Cortana for Android, kamu bisa dengan mudah memberikan perintah di Android kamu dengan suara. Baik Google Now atau Cortana for Android, keduanya dibekali dengan wake up voice yang bisa kamu gunakan untuk langsung memberikan perintah saat layar mati. Jadi kamu tidak harus repot-repot menyalakan Android kamu dulu jika ingin memutar musik, membuka aplikasi atau melakukan panggilan, dan lainnya.

Cortana Vs Google Now

Selama proses pengujian dengan menggunakan perangkat Axioo Venge X di jaringan 4G, Cortana for Android mampu merespon lebih cepat terhadap suara Jaka dibandingkan dengan Google Now. Bukan hanya lebih cepat, Cortana for Android juga selalu merespon dengan baik saat mendengar kata "Hey, Cortana". Sementara Google Now masih sering tidak merespon terhadap perintah "Ok Google".

Dukungan Bahasa

Karena kita tinggal di Indonesia yang notabene-nya bahasa Inggris bukanlah bahasa utama, maka dukungan bahasa Indonesia pada perintah suara harus menjadi perhatian khusus. Dan untuk aspek ini, Cortana for Android jauh tertinggal oleh Google Now. Google Now telah mendukung perintah suara dengan menggunakan bahasa Indonesia, sementara Cortana hanya mendukung perintah suara dalam bahasa Inggris saja. Bukan hanya dukungan bahasa Indonesia, Google Now juga mempu mengenali perintah dasar dengan lebih fleksibel.

Cortana Vs Google Now 2

BACA JUGA
  • 100+ Perintah Suara yang WAJIB Kamu Ketahui di Google Now

Oh iya, meski Google Now telah mendukung perintah suara dalam bahasa Indonesia, namun untuk wake up voice-nya hanya akan merespon jika bahasa utamanya adalah bahasa Inggris. Tapi tetap, Google Now lebih memudahkan kamu memberikan perintah, bukan?

Integrasi Aplikasi

Dengan menggunakan aplikasi perintah suara seperti Google Now atau Cortana for Android, kita bisa dengan mudah mengakses berbagai aplikasi tanpa harus repot-repot menyalakan layar atau mencarinya terlebih dahulu. Baik Google Now atau Cortana, keduanya mampu menjalankan berbagai aplikasi bawaan dan pihak ketiga yang terinstal di Android kita dengan baik dan akurat.

Cortana Vs Google Now 3

Jaka akui Google Now jauh lebih responsif dan komunikatif dibanding Cortana dalam menjalankan perintah suara yang diberikan. Misal saat memberikan perintah untuk memutar musik, jika di Android kita terpasang lebih dari satu pemutar musik, Google Now akan menyuruh kita untuk memilih aplikasi mana yang akan digunakan sebagai default.

Cortana Vs Google Now 4

Tapi, Cortana yang dibekali dengan fitur Missed call notifications membuat pengalaman integrasi antar perangkat semakin seru. Dengan menggunakan akun Microsoft yang sama di Cortana pada dua perangkat yang berbeda, kamu akan tahu jika sewaktu-waktu ada panggilan tak terjawab. Bukan hanya itu saja, kamu bahkan bisa memerintahkan Cortana untuk mengirim SMS ke orang tersebut.

Shortcut

Baik Google Now maupun Cortana for Android, keduanya menyediakan shortcut untuk memudahkan akses dalam memberikan perintah suara. Google dengan cermat menyediakan widget Google Now sekaligus untuk mempercantik tampilan home screen Android kamu. Sementara Cortana for Android menyediakan shortcut aplikasi berupa Cortana Mic.

Cortana Vs Google Now 5

Kesimpulan

Dengan resmi dirilisnya Cortana for Android di Google Play Store, maka kamu jadi memiliki alternatif asisten pribadi selain Google Now. Namun, balik lagi, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Cortana Vs Google Now 6

Sejauh ini Jaka sudah cukup nyaman menggunakan Google Now, karena bisa diperintah menggunakan bahasa Indonesia dan juga telah terintegrasi dengan banyak aplikasi di perangkat Android Jaka. Namun, respon terhadap "Ok Google" yang sering tidak dikenali kadang membuat Jaka jengah sendiri. Yang membuat Jaka bertahan dengan Google Now juga karena fitur Card yang selalu mencoba memahami kebutuhan Jaka.

Sementara itu, Cortana for Android yang baru resmi dirilis sudah mampu menunjukan kelebihannya dalam merespon "Hey, Cortana" walau dalam keadaan layar mati sekalipun. Bukan hanya itu saja, fitur Cortna for Android yaitu Missed call notifications juga memberi warna baru yang semakin menguatkan aplikasi perintah suara sebagai asisten pribadi. Sayangnya, Cortana for Android hanya mampu merespon perintah suara dalam bahasa Inggris.

Jadi, kamu mau pilih Google Now atau Cortana for Android sebagai asisten pribadi di Android kamu?

Banner source: Android Authority

ARTIKEL TERKAIT
Samsung Galaxy J2 Banner

5 Hal Ini Akan Membuat Liburan Kamu Semakin NgeHits

Cara Mengetahui Jawaban Duel Otak Tanpa Harus Login Ulang

Cara Mengetahui Jawaban Duel Otak Tanpa Bermain Curang Banner

Cara Mengetahui Jawaban Duel Otak Tanpa Perlu Bermain Curang

Cara Root Android Lollipop Banner

Cara Mudah Root Android Lollipop 5.1 Tanpa PC

Tips Membeli Laptop Baru

Tips Penting Membeli Laptop Yang Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Cortana Icon
Cortana for Android 1.1.0.705
Apps Microsoft Corporation
Google Icon
Google 8.20.13.16
Apps Google Inc.
Google Now Launcher Icon
Google Now Launcher 1.3
Apps Google Inc.
Jarvis My Personal Assistant Icon
Jarvis - My Personal Assistant 1.8.22
Apps ItsMyLab
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal