J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menyimpan Semua Password yang Kamu Miliki ke Akun Google

Cara Menyimpan Semua Password yang Kamu Miliki ke Akun Google

Sabtu, 18 Jun 2016, 00:05 WIB
Punya banyak akun media sosial? Begini cara aman menyinkronkan semua password ke Google. Biar praktis dan enggak perlu susah-susah ngetik user name dan password lagi.

Enggak salah lagi, password telah menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam hidup kita. Banyak sekali hal-hal yang penting mengandalkan password sebagai sistem pengamannya, sebut saja kartu ATM, akun-akun media sosial, dan lainnya. Tak heran, jika kita ingin menyimpan informasi pribadi dengan aman kita harus membuat password yang kuat.

Password harus tidak mudah ditebak, semakin panjang lebih baik, menggunakan kombinasi yang rumit, dan masing-masing akun media sosial harus berbeda-beda password-nya agar terhindar dari serangan hacker. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya kita bisa menemukan cara untuk mengingat semua password rumit yang telah kita buat? Ya, kita membutuhkan software untuk mengelola kata sandi dengan aman.

BACA JUGA
  • Inilah 1000 Password Paling 'Pasaran' di 2016, Jangan Dipakai!
  • Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci Karena Lupa Password
  • Cara Mengetahui Username dan Password Facebook Teman Secara Diam-diam

Cara Mudah Menyinkronkan Semua Password Kamu ke Akun Google

Buat kamu pengguna smartphone Android, tentunya kita sangat mengandalkan layanan dari Google. Alasannya sederhana, praktis karena satu akun bisa digunakan banyak aplikasi Google sekaligus. Dilansir dari Android Authority, berikut Jaka kasih cara menyelaraskan semua password kamu ke akun Google yang terintegrasi langsung dengan platform Android dan Browser Chrome.

1. Chrome Password Manager

Chrome Password Manager

Menggunakan Chrome sebagai browser bawaan di PC, rupanya punya banyak keuntungan terkhusus pengguna smartphone Android. Kamu tinggal masuk ke akun Google yang sama maka semua data otomatis menyinkronkan, termasuk password. Kamu dapat dengan mudah mengakses password yang tersimpan di https://passwords.google.com.

Dengan begitu, kamu enggak perlu susah-susah menghafalkan banyak password ataupun mengetik username dan password ketika hendak login. Cukup dengan sekali klik, untuk otomatis ke layanan yang ingin kamu gunakan. Pastikan ketika pertama kali masuk ke akun tertentu, tekan menyimpan password ketika ada notifikasi yang muncul.

2. Smart Lock for Passwords

Google Introduces Smart Lock For Passwords

Chrome memang mampu mengelola kata sandi dengan baik, namun Google juga mengembangkan alat yang lebih terintegrasi dengan menciptakan Smart Lock for Passwords yang memungkinkan perangkat kamu untuk secara otomatis masuk ke aplikasi yang kompatibel. Syaratnya kamu sudah menyimpan password kamu di Google Chrome. Misalnya, jika kamu menyimpan kata sandi Netflix di Chrome, aplikasi Netflix di smartphone secara otomatis dapat login. Cukup mengagumkan, bukan?

Apa yang membuat Smart Lock for Passwords istimewa adalah bahwa Ia tidak lagi terbatas pada browser, melainkan mampu bekerja dengan aplikasi Android lainnya. Tentunya, para pengembang harus menambahkan dukungan untuk fitur ini sebelumnya. Tertarik untuk mencobanya? Kamu hanya perlu buka Google Settings> Smart Lock for Passwords pada smartphone Android. Selanjutnya nyalakan "Smart Lock for Passwords" dan "Auto sign-in". Dengan begitu, kamu dapat membuka aplikasi Android yang kompatibel tanpa harus repot-repot login karena sudah otomatis masuk.

3. Saat Daftar Layanan Baru Gunakan Akun Google

Saat Daftar Layanan Baru Gunakan Akun Google

Aplikasi baru di Google Play Store terus bermunculan, rugi rasanya jika kita tidak mencoba aplikasi atau game baru. Nah biasanya saat melakukan pendaftaran, selain menggunakan email ada pilihan lain seperti Facebook, Twitter atau Google. Kalau kamu enggak mau repot, pilih saja menggunakan akun Google. Jadi tidak perlu membuat username dan kata sandi baru, lebih praktis.

Dengan menyimpan password di akun Google, tentu saja keuntungan yang didapat adalah nyaman dan sangat praktis. Tetapi tidak bijak jika kita mengandalkan sepenuhnya. Untuk beberapa layanan penting, gunakanlah email dan kata sandi yang berbeda. Jadi apakah ada alasan mengapa kita harus menggunakan password manager pihak ketiga? Kalau Google sudah punya layanan yang bagus dan lebih terpercaya, bagaimana pendapat kamu?

ARTIKEL TERKAIT
Google Office

10 Skill yang WAJIB Dikuasai Jika Ingin Kerja di Google

Nama Google Terburuk Banner

5 Produk Google dengan Nama Paling 'JELEK' Sepanjang Sejarah

G

Google Merilis Situs untuk Memilih Smartphone Android yang Tepat

Google Play Store Error Banner

25 Penyebab dan Solusi Error Google Play Store Android

APPS TERKAIT
Dashlane Password Manager Icon
Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
Apps Dashlane
Lastpass Password Manager Icon
LastPass Password Manager 4.0.28
Apps LastPass
1password Icon
1Password 4.6.0.604
Apps Agilebits
Lastpass Free Password Manager Icon
LastPass: Free Password Manager 4.1.33
Apps LastPass
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Jitu Melihat Password Tersimpan di Google Chrome

Cara Jitu Melihat Password Tersimpan di Google Chrome

5 Aplikasi Password Manager Terbaik di Android

5 Aplikasi Password Manager Terbaik di Android

6 Cara Membuat Password Kuat Dan Baik Mudah Diingat

6 Cara Membuat Password Kuat Dan Baik Mudah Diingat

Inilah 1000 Password Paling 'Pasaran' di 2016, Jangan Dipakai!

Inilah 1000 Password Paling 'Pasaran' di 2016, Jangan Dipakai!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal