J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

12 Cara Mengatasi Printer Error | Anti Macet Lagi!

Rabu, 6 Jan 2021, 21:00 WIB
Cara mengatasi printer error dengan berbagai kode hingga cara mengatasi printer macet terlengkap bisa kamu temukan dalam artikel ini. Baca di sini!

Cara mengatasi printer error akan berbeda karena bergantung pada penyebab dari error tersebut. Untuk mementukan solusi yang tepat untuk masalah yang kamu hadapi, kamu harus bisa menentukan terlebih dahulu masalah printermu sebelum mencari solusinya di artikel ini.

Seperti yang kita ketahui saat ini printer menjadi alat yang banyak dibutuhkan tidak hanya para profesional tetapi juga para pelajar yang membutuhkan akses untuk mencetak dokumen.

Pasti sulit melakukan pekerjaan di kantor atau mengerjakan tugas tanpa kehadiran printer. Apalagi printer untuk cetak foto yang harus berperforma tinggi sehingga tidak mudah dicari penggantinya.

Apalagi kalau printer error pada saat kamu harus mengumpulkan pekerjaan tersebut. Pasti panik. Oleh sebab itu, kamu perlu cara untuk memperbaikinya secepat mungkin.

Tutorial Mengatasi Printer Error

Seperti yang sudah disinggung di atas, kamu perlu mengidentifikasi terlebih dulu error yang kamu hadapi.

Agar lebih jelasnya, berikut ini Jaka sudah merangkum seluruh jenis error printer yang kerap ditemui pengguna beserta dengan solusinya. Solusisnya semudah cara print dari HP ke printer.

Cara Mengatasi Printer Error

Cara Mengatasi Printer Error Mp287 46ae0

Biasanya printer yang error akan memunculkan pesan kode error dan lampu yang kedip-kedip. Silahkan sesuaikan dengan kode error yang terjadi pada printer kamu dan cobalah cari solusinya dalam daftar berikut ini. Sayang, bukan kalau sudah membeli printer terbaik tetapi malah tidak bisa digunakan.

1. Error E02 (Printer is Out of Paper)

Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon E0113

Kode error printer yang kerap ditemui dan terjadi adalah Error E02 maka di mana kode error itu menandakan kertas pada printer habis atau tidak bisa dideteksi.

Namun, jika kertas masih ada dan Error E02 terjadi, kamu cukup mengeluarkan kertas dari mesin printer kemudian masukkan kembali. Setelahnya kamu tekan tombol yang berkedip-kedip pada mesin printer.

2. Error E03 (Paper Jam)

Cara Mengatasi Printer Tidak Mau Ngeprint Ab571

Selanjutnya adalah kode Error E03, biasa disebut juga printer macet. Kode error ini muncul biasanya ada kertas yang tersangkut sehingga printer tidak berfungsi dengan normal.

Cara mengatasinya cukup mudah. Cukup keluarkan kertas yang tersangkut secara hati-hati dari mesin. Biasanya gangguannya sudah terselesaikan.

Apabila Error E03 masih terjadi meskipun tidak ada kertas, kemungkinan ada benda asing yang masuk ke dalam mesin. Pastikan kembali bagian roller bebas dari benda-benda yang mengganggu sebelum kembali menjalankan printer.

3. Error E04 dan Error E05 (Ink Cartridge Cannot be Recognized)

Cara Mengatasi Printer Error Mp287 46f21

Error E04 dan Error E05 biasanya terjadi karena cartridge printer yang tidak terdeteksi ke dalam mesin printer kamu. Biasanya masalah ini terjadi karena bagian tembaga printer tertutup oleh tinta kering sehingga cartridge tidak bisa terdeteksi ke dalam mesin.

Coba kamu lepas cartridge dan pastikan tidak ada kotoran atau air yang mengganggu. Bersihkan dengan benda seperti tisu pada bagian tembaganya dan kemudian pasang kembali seperti semula.

4. Error E07 (Ink Cartridge is not Installed in the Correct Position)

Cara Mengatasi Printer Error Epson L120 177a8

Error E07 juga masih tentang cartridge printer yang tidak terpasang sebagaimana mestinya.

Solusinya kamu bisa coba dengan lepas cartridge kemudian pasang kembali pada posisi yang tepat agar printer dapat berfungsi kembali.

Jika gangguannya masih berlanjut, coba reset printer agar bisa dikembalikan pada setting semula sehingga printer kembali normal.

5. Error P02 (Cartridge Error)

Cara Mengatasi Printer Error Canon Ip2770 49093

Kode Error P02 sebenarnya hampir mirip dengan Error E03, hal ini disebabkan oleh adanya benda asing yang mungkin masuk ke roller.

Benda asing ini menghalangi terdeteksinya cartridge pada mesin printer dan menyebabkan printer tidak dapat berfungsi dan error.

Ada kemungkinan juga komponen encoder pada printer kotor sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu.

6. Error E08 (Ink Absorber is Almost Full)

Ada sebuah komponen dalam printer yang berbentuk busa dan berfungsi untuk menyerap tinta yang menetes dari cartridge ataupun tinta yang tumpah.

Jika busa penuh dan tidak bisa menyerap tinta kembali maka printer tidak akan berfungsi dengan normal. Ini menyebabkan Error E08.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu untuk membuka mesin cartridge printer dan melepaskan komponen penyerap ini dan membersihkannya. Lalu pasang kembali pada posisinya seperti semula untuk memperbaikinya.

7. Error E13 dan Error Error E16 (Ink has Run Out)

Kedua kode error ini biasanya terjadi lantaran mesin cartridge tidak bisa membaca isi tinta dalam cartridge dengan benar.

Maka coba tekan tombol STOP/ RESUME beberapa saat hingga display menunjukkan angka 1 pada mesin printer. Kemudian coba lagi apakah printer sudah berfungsi kembali.

8. Error 1000

Kode Error 1000 juga kerap ditemui dan sering terjadi pada mesin printer. Penyebab dari masalah ini kemungkinan kertas yang ada pada tray telah habis.

Solusinya kamu bisa memeriksa kondisi kertas di dalam mesin sudah habis. Jika memang habis, silakan isi kembali lalu tekan tombol reset yang ada pada printer.

9. Error 1203

Kode Error 1203 terjadi lantaran penutup printer tiba-tiba terbuka padahal proses pencetakan sedang terjadi. Ketika penutup printer terbuka, maka cartridge berpindah ke posisi recovery sehingga gangguan terjadi.

Solusinya cukup mudah, kamu tinggal metutup kembali tutup printer tersebut dan kemudian tekan tombol reset pada printer untuk memulai proses cetak kembali.

10. Error 1300

Hampir sama dengan kode Error E03, gangguan ini karena ada kertas atau benda asing yang mengganggu roller sehingga tidak berfungsi dengan normal.

Biasanya ada benda yang menyangkut pada roller printer, seperti rambut, benang, atau potongan kertas yang menyebabkan roller mengalami error.

Cara mengatasi printer error ini kamu cukup cek dan pastikan roller dapat bekerja sebagaimana mestinya. Kalau perlu kamu untuk membersihkan roller tersebut.

11. Error 1401, Error 1403, Error 1485 dan Error 1687

Gangguan ini terjadi karena hal yang sama seperti Error E07 yaitu karena cartridge yang tidak terpasang dengan benar.

Kode error ini berbeda-beda tergantung pada merek printer yang kamu gunakan. Namun, secara umum error pada cartridge yang tidak terpasang dengan benar menggunakan kode Error E07.

Solusi atau cara mengatasinya cukup mudah, kamu tinggal keluarkan cartridge kemudian pasang kembali pada posisi yang seharusnya.

12. Error 1684

Untuk yang satu ini kemungkinan masalah masih ada pada komponen cartridge-nya.

Biasanya ini terjadi jika cartridge yang terpasang tidak cocok, cartridge sudah terlalu usang, atau berulang mengalami kerusakan sehingga komponen dalam cartridge printer tidak bisa lagi digunakan.

Ketika masalah ini terjadi, coba tekan dan tahan tombol reset kurang lebih selama 5 detik. Apabila masalah tidak teratasi, kemungkinan memang cartridge harus diganti dengan yang baru.

Akhir Kata

Demikian beberapa cara mengatasi printer error yang bisa kamu coba. Apabila dari cara-cara di atas tidak berhasil juga, maka bisa kamu bawa ke tempat servis printer atau memanfaatkan garansi yang masih ada.

Ada hal lain yang ingin kamu tanyakan mengenai printer? Seperti cara mengatasi hasil print yang bergaris atau yang lainnya? Tinggalkan pesanmu di dalam kolom komnetar, ya.

Semoga artikel Jaka bermanfaat untuk kalian semua, ya. Sampai berjumpa di artikel menarik selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Maxresdefault 7
10 Printer Laser Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa
Printer 3d
5 Benda yang Tidak Akan Dijual Lagi Jika Printer 3D Dimiliki Semua Orang
9 Masalah Printer Yang Biasa Terjadi Banner
9 Masalah Printer yang Biasa Terjadi
Apartemen 3d
Apartemen Pertama di Dunia Hasil Cetakan Printer 3D
Daftar Service Center Hp Di Indonesia Terlengkap 2020 Bisa Buat Laptop Printer D6284
Daftar Service Center HP di Indonesia Terlengkap 2020 (Laptop & Printer)
Printer Mesin Tik Banner
Ilmuwan Ini Menyulap Mesin Ketik Menjadi Printer yang Mengagumkan
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal