J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Youtube 2019 | Gak Perlu Beli Subscriber!

              7 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Youtube 2019 | Gak Perlu Beli Subscriber!

              00
              Rabu, 10 Apr 2019, 12:00 WIB
              Susah mendapatkan verifikasi Adsense untuk channel YouTube-mu? Nah berikut ada kumpulan tips mudah untuk mendapatkan uang dari YouTube (update 2019).

              Hayo, siapa nih di antara kamu yang bercita-cita menjadi content creator alias YouTuber?

              Memang untuk para generasi muda seperti kamu, menjadi YouTuber merupakan peluang menjanjikan. Soalnya kamu bisa menjadi kaya melalui situs streaming video paling populer yang satu ini, loh!

              Nah, selain melalui Google AdSense, apa pula beberapa alternatif lain untuk cara mendapatkan uang dari YouTube, geng. Apa saja langkah-langkahnya?

              Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Google AdSense

              Sebelum melakukan pembahasan lebih lanjut, kamu mesti tahu dulu cara membuat channel YouTube yang sudah Jaka ulas di sini: Cara Mudah Membuat Channel YouTube untuk Pemula!

              Cara Membuat Channel Youtube Khusus Pemula, Bisa Bikin Kaya Mendadak!
              Kamu mau jadi Youtuber yang menghasilkan uang? Kamu harus bikin channel YouTube sendiri dulu guys. Ikutin aja panduan mudah cara membuat channel YouTube ini.
              LIHAT ARTIKEL

              Jika semua langkah telah selesai, termasuk memberikan foto profil dan banner, tentu kamu nggak bisa langsung mendapatkan uang dari YouTube AdSense melalui skema monetisasi.

              Di sini kamu harus mengumpulkan sejumlah pengikut (subscriber), penonton (viewer), dan memenuhi ketentuan beserta syarat mendapatkan YouTube AdSense lainnya di bawah ini.

              Syarat Mendapatkan Google AdSense di YouTube 2019

              Untuk mendapatkan uang melalui AdSense, YouTube memiliki layanan yang khusus untuk menaunginya, loh.

              Ya, YouTube Partner Program (YPP) merupakan layanan yang memungkinkan para content creator memonetisasi konten video yang mereka buat dan tayangkan.

              cara mendaftar adsense youtube

              Nah, per tanggal 16 Januari 2018 lalu, YouTube membuat syarat baru dan mengharuskan sebuah channel minimal memiliki 4.000 jam waktu nonton dengan 1.000 subscriber selama 12 bulan terakhir.

              Setelah sukses mendaftar, maka YouTube akan melakukan peninjauan secara manual untuk menguji kelayakan dan segera menayangkan iklan pada video apabila pendaftaran kamu sudah disetujui, geng.

              Jadi buat kamu yang masih mau serius dalam mendapatkan uang dari YouTube AdSense, kamu bisa coba baca panduan selengkapnya pada blog resmi Google ya.

              Kumpulan Cara Mudah Mendapatkan Uang dari YouTube (Selain AdSense)

              Walau akun Google AdSense kamu sudah disetujui, bukan berarti kamu bisa mengandalkan penghasilan sepenuhnya dari sini.

              Selain AdSense, ternyata masih ada beberapa alternatif cara menghasilkan uang dari YouTube lainnya yang bisa kamu praktikkan nih. Dijamin mendatangkan pundi-pundi uang deh!

              1. Buat Video yang Banyak Disukai

              cara mendapatkan uang dari youtube

              Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan banyak subscriber dan viewer adalah menayangkan video yang banyak disukai para penonton.

              Kamu bisa membuat video mengenai hal-hal trending yang sedang marak dibicarakan di media sosial atau membuat beberapa tipe video paling menghasilkan yang bakal Jaka bahas pada sub pembahasan berikutnya, geng.

              2. Optimasi Video YouTube

              Setelah atau bahkan sebelum kamu publish, kamu juga mesti melakukan beberapa optimasi video YouTube agar kamu bisa lebih banyak mendapatkan penonton.

              Beberapa langkah optimasi paling mudah yang bisa kamu lakukan, antara lain:

              • Membuat dan menayangkan video yang merupakan karya orisinal.
              • Membuat judul dan thumbnail yang menarik perhatian penonton, baik pada timeline YouTube maupun video yang direkomendasikan.
              • Optimasi video dengan menggunakan teknik SEO, misalnya pada judul, deskripsi, meta tag dan sebagainya.
              • Jangan menggunakan konten yang memiliki hak cipta (copyright), kamu bisa menggunakan berbagai stock video gratis atau lagu latar dengan label no copyright music.
              • Pahami terlebih dahulu Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube.

              3. Affiliate Marketing

              Lalu kamu bisa melakukan affiliate marketing dengan memberikan tautan pembelian produk dari e-commerce tertentu yang sudah terhubung dengan akun kamu sebelumnya.

              Di sini kamu bisa bekerja sama dengan sejumlah e-commerce yang membuka layanan afiliasi, seperti Banggood atau Gearbest hingga Lazada, Blibli, dan Shopee untuk e-commerce Tanah Air.

              Selanjutnya tautan ini bisa kamu letakkan pada deskripsi video dan coba untuk memancing penonton kamu untuk membukanya.

              Nah, cara ini sangat efektif buat kamu yang memiliki konten video mengenai unboxing dan review gadget dan barang lainnya, seperti smartphone, PC, hingga elektronik, geng.

              Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Lainnya...

              4. Menjalin Kerja Sama Sponsorship

              cara menghasilkan uang dari youtube

              Kemudian kamu bisa menjalin kerja sama sponsorship dengan para brand yang berhubungan dengan channel kamu. Langkah ini dianggap sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube paling efektif.

              Kamu bisa mendapatkan barang yang bisa dijadikan konten video dan pemberi sponsor bisa mempromosikan barang yang mereka jual di channel kamu.

              Sayangnya untuk mendapatkan kerja sama sponsorship, kamu harus memiliki kemampuan negosiasi untuk meyakinkan sponsor menaruh iklan, lho.

              5. Selalu Berpikir Kreatif

              Sebagai seorang YouTuber, kamu juga harus memiliki pemikiran yang kreatif dan out of the box dalam merencanakan konten video apa yang hendak kamu tayangkan selanjutnya.

              Karena bukan nggak mungkin penonton setia channel YouTube kamu lama-kelamaan bosan dengan gaya pembawaan atau konten yang rutin ditayangkan.

              Di sini kamu bisa melakukan beberapa langkah mudah. Seperti mengubah gaya pembawaan, membuat segmen lainnya atau berkolaborasi dengan YouTuber yang kamu kenal, geng.

              6. Berjualan Merchandise

              cara dapat duit dari youtube

              Iklan AdSense nggak akan memberikan 100 persen pendapatan kamu yang sesungguhnya. Di sinilah kamu bisa memanfaatkan basis penggemar yang kamu miliki, geng.

              Kamu bisa saja berjualan merchandise seperti kaos, hoodie, dan barang koleksi lainnya dengan mudah dan mendapatkan penghasilan dengan cepat.

              Apalagi kalau kamu sudah mengetahui caranya yang sudah Jaka pernah ulas sebelumnya di sini: Cara Bisnis Online Baju Ala Anak Muda yang Paling Menguntungkan!

              Cara Bisnis Online Baju Ala Anak Muda Terbaru Dan Paling Menguntungkan
              Industri clothing alias baju saat ini sangat digandrungi anak muda dan tentu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut Jaka bakal ulas cara bisnis baju online ala anak muda dengan mudah dan paling menguntungkan!
              LIHAT ARTIKEL

              7. Mengadakan Meet 'n Greet

              Jangan anggap negatif dulu soal meet 'n greet! Yang satu ini nggak seperti Bowo Tik Tok yang viral beberapa waktu lalu, lho.

              Di sini yang kamu lakukan bukan sekadar mencari uang dari para pengikut kamu, melainkan juga berbagi ilmu yang bermanfaat untuk mereka, geng.

              Kamu bisa memberikan pengetahuan mulai dari cara membangun channel YouTube atau tutorial vlogging dengan bujet terbatas.

              Pastinya pengikut kamu bakal rela mengeluarkan sepeser uang jajan mereka untuk hal ini deh.

              Rekomendasi Jenis Video Terbaik untuk Menghasilkan Uang di YouTube

              Seperti Jaka sudah sebutkan di atas, kamu harus membuat video yang banyak disukai oleh penonton. Lalu konten seperti apakah itu?

              Kali ini Jaka sudah mengumpulkan daftar jenis video terbaik untuk menghasilkan uang di YouTube, beserta contohnya yang bisa sekalian kamu tonton, geng.

              1. Video Walkthrough Game

              Sering nggak sabar dalam menyelesaikan sebuah game? Atau malah kamu mau tetap ikuti cerita game, tanpa harus beli dan memainkannya?

              Nah, video walkthrough game bisa jadi solusinya nih. Untuk para creator, kamu tinggal siapkan konsol yang digunakan, bermain game, melakukan editing dan publish di YouTube.

              Mudah banget, kan?

              2. Video Unboxing dan Review

              Mau beli gadget baru, tapi takut kena zonk dengan kualitasnya? Video unboxing dan review bisa jadi solusinya, geng.

              Di sini kamu bisa memberi penjelasan dan pengalaman selama menggunakan gadget, baik smartphone, tablet, atau mungkin barang elektronik lainnya.

              Selain itu, jenis video seperti ini pula memungkinkan kamu untuk semakin dilirik oleh brand dan pengiklan, lho.

              3. Video Tutorial

              Selain melalui berbagai artikel tips dan trik di internet, video tutorial bakal jadi solusi buat kamu yang kebingungan dalam mengerjakan suatu hal.

              Kenapa video tutorial sangat direkomendasikan?

              Pasalnya melalui media video, kamu bisa lebih interaktif dalam memberikan langkah-langkah, dibanding melalui tulisan dan gambar saja, geng.

              4. Video Listikal

              Apa sih itu video listikal? Gampangnya, jenis video seperti ini memberikan daftar menarik untuk ditonton, dengan narasi dan visual yang tentu menarik juga.

              Untuk jenis video listikal sendiri, kamu bisa memilih berbagai macam topik, seperti tentang pengetahuan umum, hal-hal viral hingga gadget atau teknologi.

              5. Video Tren Media Sosial

              Kemudian kamu juga bisa menggarap hal-hal yang sedang viral dan banyak dibicarakan di media sosial.

              Sayangnya video yang bisa saja menarik banyak penonton ini kurang bisa diprediksi. Sehingga kamu harus berpikir dan mengeksekusi video dengan cepat saat tren sedang naik-naiknya nih.

              6. Video Animasi

              Mau nonton serial animasi kini nggak perlu di televisi lagi, geng. Di YouTube juga banyak channel yang memiliki jenis video animasi yang pada umumnya diperuntukkan bagi semua kalangan umur.

              Sebagai contoh ada channel Kok Bisa? yang memberi animasi sekaligus pengetahuan, serta channel animasinopal yang tengah naik daun belakangan ini.

              Apa Sajakah Tantangan Menjadi YouTuber Saat Ini?

              Kamu salah jika berpikiran menjadi YouTuber saat ini bakal menjanjikan untuk dijadikan pekerjaan utama!

              Soalnya saat ini ada banyak tantangan untuk menjadi YouTuber baru, apalagi untuk menghasilkan uang melalui platform ini. Apa sajakah tantangan tersebut?

              1. Jumlah YouTuber Sudah Terlalu Banyak

              Sadar nggak saat ini jumlah YouTuber, khususnya di Indonesia, sudah terlalu banyak?

              Dengan konten yang hampir mirip-mirip, kadang kamu bakal dibikin bingung memilih untuk menikmati konten video dari channel siapa, kan?

              Misalnya saja untuk konten YouTube Gaming, dulu channel seperti Tara Arts masih berjaya dan banyak digemari oleh mayoritas pecinta game.

              Namun dengan banyak kompetitor seperti saat ini, channel tersebut tentu harus putar otak dan bakal makin susah bersaing, lho.

              2. Harus Jadi Artis atau Selebgram Dulu

              Kamu bakal lama sukses jadi YouTuber jika sebelumnya kamu bukan artis maupun selebgram. Kenapa? Karena kamu harus membangun basis penggemar kamu dari awal.

              Sebagai contoh, coba lihat channel YouTube Deddy Corbuzier atau keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang mudah untuk membuat channel YouTube sendiri.

              Pasalnya, mayoritas penggemar yang sudah mengikuti mereka semenjak jadi artis, hampir pasti menjadi subscriber dari akun YouTube yang mereka buat.

              Makanya sangat disarankan untuk berusaha menjadi selebgram sebelumnya dengan ikuti langkah-langkah pada artikel berikut, geng: 10 Cara Cepat Menjadi Selebgram, Bisa Kaya Mendadak!

              10 Cara Cepat Menjadi Selebgram, Bisa Kaya Mendadak!
              Kamu mau kaya mendadak? Jadi selebgram aja! Ikutin 10 tips cepat dari Jaka bagaimana cara menjadi selebgram yang sukses dan menghasilkan banyak uang.
              LIHAT ARTIKEL

              3. Peraturan YouTube Makin Ketat

              Yang paling menjadi pusat perhatian adalah peraturan YouTube yang makin ketat, setelah beberapa kasus yang membuat para pengiklan enggan menaruh iklan di platform ini.

              Salah satu kasus terbesar adalah aksi Logan Paul yang mengunggah video nyeleneh yang menampilkan mayat korban bunuh diri di Jepang.

              Aksi viralnya ini membuat YouTube mulai berbenah terhadap konten-konten yang dianggap melanggar dan menghapusnya, geng.

              Video: Aplikasi Penghasil Uang Terbaik, Dapat Rp1 Juta Dalam Sehari Tanpa Kerja!

              Akhir Kata

              Nah, begitulah sekilas cara mendapatkan uang dari YouTube, baik dari AdSense maupun cara alternatif lainnya yang bisa kamu coba.

              Biarpun begitu, buat kamu yang masih bersikukuh untuk menjadi YouTuber, nggak ada salahnya untuk mencoba dan melakukannya.

              Selamat berjuang ya!

              Baca juga artikel seputar YouTube atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal