5 Cara Menambah RAM HP Tanpa Root, Dijamin HP Langsung Ngebut!

Saat ini, aplikasi di HP semakin diperbarui dan jenisnya pun semakin beragam. Tapi, tahukah kamu kalau ukuran aplikasi di Android selalu bertambah?

Ukuran aplikasi yang terlalu besar dan memberatkan HP bisa menimbulkan masalah pada perangkat karena kapasitas RAM yang digunakan akan semakin besar pula.

Meski kapasitas RAM di HP milikmu lumayan luas, bukan berarti kapasitasnya tak terbatas. Saat RAM hampir habis, performa HP pun akan menurun.

Sebagai solusinya, kamu harus menambah kapasitas RAM dalam HP yang kamu gunakan, geng. Tapi, bagaimana cara menambah RAM di HP, ya?

Nggak usah bingung! RAM memang nggak bisa diotak-atik, tapi Jaka punya tips mengenai cara menambah RAM HP. Penasaran? Yuk, cek penjelasan berikut ini!

Cara Menambah RAM di HP

Sebenarnya, kapasitas RAM HP nggak bisa diubah karena sudah tertanam di sirkuit perangkat. Hal ini menjadi masalah bagi pemilik HP dengan RAM berkapasitas kecil.

Tapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah RAM HP. Biar nggak bingung, langsung saja simak penjelasan mengenai cara menambahkan RAM HP berikut ini!

1. Uninstall Aplikasi

Ram 1 Custom 7c39f

Banyaknya aplikasi yang dipasang di HP tentu bisa menguras kapasitas RAM. Padahal, aplikasi yang diinstal pun belum tentu terpakai.

Untuk itu, kamu bisa menghapus atau uninstall aplikasi yang nggak penting atau sangat jarang digunakan, misalnya aplikasi boros baterai.

Tapi, jika kamu nggak bisa menghapus aplikasi tersebut karena masih memerlukannya, kamu bisa menutup aplikasinya agar nggak berjalan di latar belakang.

2. Disable Aplikasi

Ram 2 Custom 6d72e

Kalau ada beberapa aplikasi yang nggak bisa diinstal seperti aplikasi bawaan, kamu bisa mencoba untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.

Untuk menonaktifkan aplikasi, kamu bisa memanfaatkan fitur Disable Application. Cara ini juga bisa kamu lakukan pada aplikasi yang nggak ingin kamu uninstall.

Perlu diingat, jangan men-disable aplikasi yang berkaitan dengan sistem Android. Sebab, hal tersebut bisa menimbulkan masalah pada HP, geng.

Tapi kalau kamu mau menghapus aplikasi bawaan tersebut, kamu bisa simak cara hapus aplikasi bawaan di Android pada artikel berikut ini.

Kumpulan Cara Hapus Aplikasi Bawaan Di Hp Android Gak Perlu Root 1d6af
Kumpulan Cara Hapus Aplikasi Bawaan Di HP Android Tanpa Perlu Root
Bloatware atau aplikasi bawaan di HP Android memang mengganggu. Berikut Jaka kasih tahu cara menghapus aplikasi bawaan di HP Android tanpa root (Update 2020)
LIHAT ARTIKEL

3. Kurangi Widget dan Live Wallpaper

Ram 3 Custom Db82f

Terdengar sederhana, tapi cara menambah RAM HP Samsung, Xiaomi, OPPO, dan merek HP lainnya ini wajib kamu coba kalau ingin kapasitas RAM jadi sedikit lebih luas.

Kedua fitur tersebut memang paling banyak menggunakan RAM. Banyak widget yang selalu refresh, sementara live wallpaper selalu aktif ketika layar menyala.

Selain memakan RAM, kedua fitur tersebut juga membuat baterai cepat habis. Untuk itu, kurangi penggunaan widget dan live wallpaper di HP.

Cara Menambah RAM HP Lainnya...

4. Nonaktifkan Animasi

Ram 4 Custom D1e5b

Cara menambah RAM HP tanpa aplikasi juga bisa kamu lakukan dengan menonaktifkan animasi yang digunakan pada HP, geng.

Untuk mematikan animasi di HP Android, kamu harus masuk ke mode Developer Options atau Opsi Pengembang. Caranya seperti berikut ini.

- Langkah 1: Buka menu Setting, geser ke paling bawah lalu tekan About Phone.

WhatsApp Image 2020 06 29 At 3 01 58 PM Custom Ac09b

- Langkah 2: Klik Software Information, lalu ketuk 7 kali pada bagian Build Number untuk mengaktifkan Developer Options.

WhatsApp Image 2020 06 29 At 3 01 58 PM 2 Custom 12f41

- Langkah 3: Kembali ke menu Setting. Gulir ke paling bawah, lalu klik Developer Options. Klik pada menu animasi yang akan dinonaktifkan. Pilih Animation Off.

WhatsApp Image 2020 06 29 At 3 01 58 PM 1 Custom 348d3

5. Gunakan Aplikasi Booster

Ram 5 Custom E1dfa

Kalau aplikasi game booster bisa membuat HP menjalankan sebuah game dengan lebih lancar, maka RAM booster bisa membuat performa HP makin licin.

Aplikasi booster biasanya menawarkan fitur RAM Booster yang berfungsi menghapus aplikasi nggak penting yang memakan kapasitas RAM hp kamu.

Salah satu aplikasi booster Android terbaik adalah Smart Booster dari AntTek Mobile yang sangat berguna untuk menambah RAM HP.

Untuk download aplikasi Smart Booster di HP Android, kamu bisa klik tautan di bawah ini, geng!

Smartbooster Icon
Smart Booster 6.5
Apps Cleaning & Tweaking AntTek Inc.
DOWNLOAD

Akhir Kata

Itulah cara menambah RAM HP yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Cara ini bisa dicoba pada beragam merk smartphone, seperti Samsung, Xiaomi, dan lainnya.

Dengan cara menambah RAM di HP tadi, kapasitas RAM akan semakin lega sehingga performa HP pun akan meningkat, geng.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
13 Aplikasi Keren Android Yang Jarang Diketahui Di 2021 Canggih Banget 068df
13 Aplikasi Keren Android yang Jarang Diketahui di 2021, Canggih Banget!
Cara Menghemat Baterai Hp 43b1f
20 Cara Menghemat Baterai HP Android & iPhone Paling Ampuh, Biar Bisa Nge-Game Seharian!
Kumpulan Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Laptop Sampai Bersih Bikin Ngebut Bb109
Kumpulan Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Laptop Sampai Bersih, Bikin Ngebut!
Delete Files 0ec68
Cara Menghapus File & Folder yang Tidak Bisa Dihapus (Windows & Android)
Cara Membuka Pola Hp 8b3ec
Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Mudah, Pasti Berhasil!
Cara Menyimpan File Di Google Drive 6a8f1
Cara Menyimpan File di Google Drive | Bisa Semua Jenis File!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal