J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Lakukan 5 Cara Agar Smartphone Terhindar dari Virus

Lakukan 5 Cara Agar Smartphone Terhindar dari Virus

Selasa, 5 Des 2017, 18:00 WIB
Di artikel kali ini, JalanTikus akan membagikan hal-hal yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari virus yang mencoba masuk ke smartphone kamu.

Selain bisa menyebabkan kerusakan di smartphone kamu, virus juga bisa 'menyandera' data-data yang ada di smartphone kamu. Biasanya, virus masuk ke smartphone kamu dengan memanfaatkan beberapa celah yang ada di sistem operasi sebuah smartphone.

Agar para pengguna bisa terhindar dari virus-virus jahat, pengembang sistem operasi smartphone selalu memberikan update berjangka untuk meningkatkan keamanan OS keluarannya. Ternyata, itu saja masih belum cukup lho! Kamu juga harus berhati-hati dan lakukan beberapa hal wajib untuk terhindar dari virus di smartphone-mu.

BACA JUGA
  • WASPADAI 5 'Pintu Masuk' Malware Untuk Menginfeksi Perangkat Gadget
  • Cara Menghapus Virus di Smartphone Android Tanpa Antivirus
  • 5 Tanda Smartphone Kena Virus, Cek Sekarang!

Lakukan 5 Hal Ini Agar Smartphone Kamu Terhindar dari Virus

Di artikel kali ini, JalanTikus akan membagikan hal-hal yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari virus yang mencoba masuk ke smartphone kamu.

1. Hindari Pasar Aplikasi Pihak Ketiga

Pasar Aplikasi Pihak Ketiga

Pastikan kamu selalu download aplikasi lewat layanan Google Play jika kamu ingin terhindar dari serangan virus. Men-download aplikasi dari sumber yang sembarangan, seperti pasar aplikasi pihak ketiga atau mengambil file APK dari sebuah website, sangat rentan sekali dengan virus. Jangankan sumber yang tidak terpercaya, Google Play sendiri sudah tersebar aplikasi-aplikasi yang akan membawa virus di smartphone kamu.

Google Play Store Icon
Google Play Store 19.7.12-all [0] [PR] 305919187
Apps Downloader & Internet Google Inc.
DOWNLOAD

2. Lihat Nama Developer Aplikasinya

Developer

Buat yang belum tahu, ternyata banyak banget aplikasi palsu yang beredar di Google Play lho! Contohnya, beberapa waktu lalu aplikasi, ada kasus dimana game Pokemon Go buatan Niantics dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ini juga menjadi salah satu cara virus menginfeksi smartphone kamu.

Jadi, sebelum kamu men-download aplikasi, ada baiknya kamu perhatikan dulu nama developer-nya. Jika sesuai dengan developer sebenarnya, baru kamu mulai download dan install.

3. Baca Review Aplikasi

Review

Walaupun sering diabaikan, ternyata review aplikasi juga sangat bermanfaat lho. Di fitur review ini, kamu bisa membaca pengalaman orang-orang yang sudah mencoba aplikasi yang ingin kamu pasang di smartphone kamu. Jika jumlah rating dan review-nya jelek, lebih baik kamu urungkan niat untuk men-download aplikasinya.

4. Jangan Lupa Download dan Install OS Terbaru

Update Android

Banyak yang bilang jika kita memperbaharui sistem operasi, smartphone lawas akan terasa semakin lemot. Ternyata, itu adalah sebuah mitos yang salah. Pembaharuan sistem operasi justru mungkin mempunyai beberapa fitur yang akan membuat smartphone kamu lebih aman dari serangan virus. Jadi, usahakan smartphone kamu menggunakan sistem operasi terbaru ya!

5. Install Aplikasi Keamanan

Security Apps

Walaupun kamu sudah mengikuti tips-tips yang JalanTikus sebutkan di atas, tidak menutup kemungkinan smartphone kamu terserang virus juga. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu juga memasang aplikasi keamanan di smartphone kamu, seperti Avast!, AVG, Bitdefender, dan Kaspersky. Selain mempunyai fitur mengamankan smartphone kamu, aplikasi semacam ini biasanya mempunya fitur backup data, membersihkan cache, dan punya fitur mengunci aplikasi.

Nah, itulah cara supaya smartphone kamu terhindar dari virus-virus jahat. Lebih hati-hati ya bermain smartphone. Ngga mau kan, smartphone kamu terjangkit virus yang bisa membuat data-data kamu hilang dalam sekejap?

ARTIKEL TERKAIT
Gigabyte Aero Series Laptop Gaming Tipis Banner 3sip

Gigabyte Aero Series, Ini 4 Laptop Gaming Tipis yang Cocok buat Para Professional

Fakta Kehidupan Korea Utara

10 Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Korea Utara

Smartphone Petinggi Negara Di Dunia

Ini Dia Smartphone Para Pemimpin Negara dari Penjuru Dunia

Pecah

Layar Smartphone Pecah? Bisa Tetap Keren Kalau Meniru 7 Orang Ini!

Fitur Rahasia Smartphone Android 27ae1

10 Fitur RAHASIA yang Ada di Smartphone Android Kamu

APPS TERKAIT
Google Play Store Icon
Google Play Store 19.7.12-all [0] [PR] 305919187
Apps Google Inc.
Avg Antivirus For Android Icon
AVG Antivirus Security - FREE for Android
Apps AVG Technologies
Mobile Security Antivirus Icon
avast! Mobile Security and Antivirus
Apps Avast Software
Developer
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal