J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bolehkah Menghapus Folder Windows.old Setelah Upgrade Windows 10?

Bolehkah Menghapus Folder Windows.old Setelah Upgrade Windows 10?

Sabtu, 7 Nov 2015, 14:30 WIB
Jika kamu melakukan upgrade ke Windows 10, mungkin kamu pernah bertanya, apa sih itu folder Windows.od? Boleh gak folder Windows.old dihapus? Sini Jaka jelasin.

Windows 10 memang membawa angin segar bagi para pengguna sistem operasi Windows. Setelah sebelumnya kamu kehilangan fungsi tombol Start di Windows 8, kamu bisa kembali menemukannya di Windows 10. Bukan hanya itu saja, tile-tile yang interaktif di Windows 8 pun tetap bisa kamu temukan di Windows 10. Jika kamu sudah upgrade ke Windows 10, mungkin kamu pernah bertanya, apa sih itu folder Windows.old? Bolehkah Menghapus Folder "Windows.old" Setelah Upgrade Windows 10?

BACA JUGA
  • 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade Komputer Ke Windows 10
  • 5 Hal Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Upgrade ke Windows 10
  • Cara Mengubah Start Menu Windows 10 Menjadi Windows 7

Bagi kamu yang upgrade dari Windows 7 ke Windows 8, lalu sekarang upgrade ke Windows 10, kamu pasti sudah terbiasa menemukan folder Windows.old. Belum pernah menemukannya? Mungkin kamu kurang teliti.

Apa Itu Folder Windows.old?

Windowsold1

Saat mendapatkan notifikasi upgrade ke Windows 10 di PC kamu, kamu pasti akan senang dan men-download-nya. Selesai download, Windows akan melakukan persiapan untuk melakukan upgrade, salah satunya adalah membuat backup dari sistem yang kamu gunakan sebelumnya. Nah, folder Windows.old ini adalah folder untuk menyimpan hasil backup dari sistem operasi yang kamu gunakan sebelumnya. Folder Windows.old pasti akan kamu temukan setiap kali selesai melakukan upgrade sistem. Folder Windows.old biasa kamu temukan di local disk C pada PC kamu.

Apakah Folder Windows.old Boleh Dihapus?

Seperti yang Jaka sebutkan sebelumnya, folder Windows.old berisi hasil backup dari sistem operasi yang kamu gunakan sebelumnya. Jadi kamu bisa menggunakan folder Windows.old di lain waktu jika kamu merasa tidak nyaman dengan Windows 10, dan ingin kembali menggunakan Windows 8. Jadi bolehkah untuk dihapus? Jika kamu memang merasa tidak akan kembali ke sistem operasi sebelumnya, folder Windows.old aman untuk dihapus. Dan lagi, folder Windows.old hanya bisa digunakan dalam jangka waktu 1 bulan. Jika dalam 1 bulan kamu tidak kembali ke sistem operasi sebelumnya, folder Windows.old akan dihapus oleh Windows.

Windowsold2

Keuntungan menghapus folder Windows.old adalah kamu jadi memiliki ruang kosong berlebih untuk menginstal aplikasi-aplikasi lain. Lumayan size-nya bisa sampai berpuluh-puluh gigabyte kan?

Cara Menghapus Folder Windows.old

Windowsold4

Meski folder Windows.old bisa dihapus, tapi kamu tidak bisa sembarangan menghapusnya langsung dengan menggunakan tombol Delete. Karena ini adalah sistem yang penting, untuk menghapusnya diperlukan langkah yang berbeda.

  • Pada Search Bar, silakan kamu cari Disk Cleanup. Atau klik kanan pada salah satu direktori Harddisk, lalu pilih Disk Cleanup.
Windowsold5
  • Pilih disk lokal disk C. Lalu pilih OK, dan biarkan proses scanning berjalan.
Windowsold6
  • Setelah proses scanning selesai, selanjutnya pilih Clean Up System. Dan biarkan proses scanning kembali berjalan.
Windowsold7
  • Ketika kembali muncul pop up, scroll ke bawah dan pilih Previous Windows installation, lalu pilih OK.
Windowsold8
  • Jika kamu benar-benar yakin untuk menghapusnya, saat muncul dialog If you clean the previous Windows installations or temprary installation files, you will no longer be able to restore the machine back to the previous version of Windows. Are you sure that you want to do this?, silakan pilih Delete files.
Windowsold9

Dengan menghapus folder Windows.old, kamu kini memiliki ruang penyimpanan berlebih yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan data-data aplikasi yang kamu instal. Lumayan kan? Jadi saat kamu menemukan folder Windows.old, hapus aja. Selama kamu yakin tidak membutuhkannya lagi, buat apa disimpen? Cuma menuh-menuhin memori kan?

ARTIKEL TERKAIT
J2 Vs Redmi Note 2 Banner

Samsung Galaxy J2 vs Xiaomi Redmi Note 2, Mana yang Lebih Hebat?

Jarvis Banner

Cara Membuat JARVIS ala IRON MAN di Smartphone Android Kamu

Emoji Keyboard Banner

Begini Cara Seru Menggunakan Emoji Langsung di Komputer Kamu

Jomblo1

5 Tips Jitu Agar Jomblo Gak Merasa Kesepian

Tombol Favorite TWITTER Diganti Jadi Gambar HATI, Begini Cara Mengembalikannya!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Windows 8 Logo
Windows 10 Technical Preview (32bit) Build 10049
Apps Microsoft Corporation
DriverPack_Solution_logo
DriverPack Solution 17.11.28
Apps Artur Kuzyakov
20121226043926_313
TeamViewer for Windows 12.0.83369
Apps TeamViewer GmbH
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal