5 Aplikasi Pengunci Aplikasi Terbaik untuk Android

14 March 2017

Belakangan ini gejolak soal isu keamanan privasi ber-smartphone semakin serius saja. Nah yang terbaru informasi yang dibocorkan oleh WikiLeaks, diyakni CIA telah memata-matai pengguna smartphone berbasis Android dan iOS di seluruh dunia.

Banyak langkah yang bisa kamu tempuh untuk mengamankan data kamu dari serangan cyber atau malware berbahaya. Mari kita mulai dari yang paling dasar, yakni dengan mengunci setiap aplikasi yang tertanam di smartphone.

Mau praktis atau aman? Kalau kamu peduli akan privasi, kamu akan pilih aman, meskipun itu agak merepotkan. Berikut aplikasi pengunci aplikasi terbaik untuk Android.

Aplikasi Pengunci Aplikasi Terbaik untuk Android

Dengan menggunakan aplikasi pengunci aplikasi, artinya kamu menambah lapisan keamanan tambahan. Langsung saja, ini pilihan aplikasinya.

1. AppLock by DoMobile Lab

AppLock by DoMobile Lab

AppLock ciptaan developer DoMobile Lab adalah salah satu aplikasi pengunci aplikasi terbaik di Android. Selain dapat mengunci aplikasi, kamu juga bisa mengunci berbagai fitur di smartphone. Caranya bagaimana?

  • Download dan install aplikasi AppLock.
  • Pertama kali membuka aplikasi, kamu akan diminta membuat pattern atau pola.
  • Setelah itu, kamu bisa mengunci konten seperti foto dan video, melindungi install/uninstall aplikasi, mengunci notifikasi, dan fitur seperti Auto Sync, Bluetooth, WiFi.
  • Caranya dengan klik ikon gembok terbuka.
  • Hebatnya kamu juga bisa mengintegrasikan fitur fingerprint sensor untuk membuka kunci aplikasi.

2. AppLock by IVYMOBILE

AppLock by IVYMOBILE

Mengusung nama yang sama, AppLock ini bikinan developer IVYMOBILE. Fungsinya hanya untuk mengunci aplikasi saja, jadi lebih sederhana ya.

Meski begitu, kamu bisa mengganti tampilan kunci layar aplikasinya dengan berbagai tema yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan beragam peraturan yang tersedia.

Aplikasi Lockscreen Android Paling Canggih Sejauh Ini
Aplikasi Lockscreen Android Paling Canggih Sejauh Ini
Aplikasi Lockscreen Android Paling Canggih Sejauh Ini
Baca

3. AppLock - Fingerprint Unlock

AppLock - Fingerprint Unlock adalah aplikasi pengunci aplikasi di Android besutan developer Cheetah Mobile. Jangan khawatir, tidak seperti aplikasi Cheetah Mobile lainnya, yang satu ini tidak ada iklan.

Selain aplikasi, kamu juga mengunci foto, WiFi, Bluetooth, panggilan masuk, uninstall aplikasi, pengaturan, dan banyak lagi. Aplikasi ini benar-benar gratis kok.

4. App Locker - Best App Lock

App Locker - Best App Lock

Kamu juga bisa mengandalkan App Locker - Best App Lock buatan developer Burakgon untuk mengunci aplikasi. Namun, mereka mengingatkan bahwa aplikasi ini mungkin tidak akan bekerja di ponsel buatan Huawei dan Xiaomi.

Fungsinya tidak jauh berbeda dengan kebanyakan aplikasi di atas, tapi tampilannya lebih menarik. Ya, kamu dapat mengunci beragam aplikasi dengan pola, PIN, atau dengan sidik jari dan mengganti tampilan tema lockscreen.

5. Vault-Hide SMS, Pics & Videos

Vault-Hide SMS, Pics & Videos

Terakhir ada aplikasi pengunci Vault-Hide SMS, Pics & Videos besutan developer NQ Mobile Security (NYSE:NQ). Keunggulannya aplikasi ini menawarkan fungsionalitas yang lebih.

Iya, kamu bisa mengunci SMS, foto, video, kontak, log panggilan, dan info sensitif lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan browser privasi (menggunakan Chrome dalam mode incognito).

Kesimpulan

Nah itulah 5 aplikasi pengunci layar terbaik untuk Android. Dengan menambah lapisan keamanan dasar ini, tentunya membuat smartphone lebih aman. Share pendapat kamu!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar