7 Aplikasi yang Digunakan untuk Menyusun Buku Digital, Ada Versi EPUB!

Default

Aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital kini menjadi favorit banyak orang. Terlebih, buku digital menjadi salah satu bentuk media yang umum digunakan di dunia akademik maupun di dunia kerja.

Tak hanya itu saja, kemudahan akses serta perlindungan keamanan yang lebih tinggi pun membuat buku digital lebih banyak digunakan dalam konteks profesional.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui aplikasi satu ini apalagi dalam memilih mana yang terbaik. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Tenang saja! Berikut Jaka akan bagikan rekomendasi aplikasi pembuat buku digital dengan format EPUB terbaik yang bisa kamu gunakan saat ini. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Sigil

Sigil B3ae1

Sigil adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menyusun buku digital dengan format beragam. Saking bagusnya, aplikasi ini memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia.

Software esensial yang satu ini juga mendukung fitur multiplatform, di mana kamu bisa menggunakan aplikasi ini di Windows, Linux, dan Mac.

Fitur yang ditawarkan oleh Sigil pun terbilang cukup lengkap. Kamu bisa membuka, mengedit, sekaligus mengatur koleksi buku digital melalui aplikasi yang satu ini tanpa kendala.

Antar muka yang digunakan oleh aplikasi ini pun terbilang jelas dan mudah digunakan. Kamu akan dengan mudah menemukan berbagai macam fungsi yang ditawarkan Sigil lewat tampilannya ini.

Selain itu, tampilannya yang tergolong simple juga menarik untuk dilihat, cocok bagi para pecinta buku yang mengidam-idamkan nuansa sederhana.

>>Download aplikasi Sigil<<<

2. Scribus

Scribus 39577

Rekomendasi aplikasi editor EPUB yang berbasis open source adalah Scribus. Aplikasi ini pun sudah bisa digunakan di berbagai OS komputer.

Karena berbentuk open source, artinya kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang sama sekali dan masih terhitung tindakan yang legal.

Bukan hanya menawarkan aplikasi gratis, Scribus juga dilengkapi dengan berbagai fitur editing mirip dengan Microsoft Word yang tentunya akan berguna ketika kamu melakukan proses editing.

Selain itu, tampilan antar muka program pengolah kata yang satu ini pun terbilang rapih dan enak untuk dilihat. Jadi, kamu nggak akan pusing untuk menemukan fungsi-fungsi tertentu di aplikasi ini.

Program yang satu ini cocok buat kamu yang baru memulai untuk membuat buku digital dan memerlukan program simpel yang bisa mengakomodir kebutuhan menulis kamu secara umum.

>>>Download aplikasi Scribus<<<

3. Mobipocket Creator

Mobipocket J 782da

Aplikasi pengolah buku digital selanjutnya rekomendasi Jaka adalah Mobipocket Creator. Program yang satu ini juga telah banyak digunakan di seluruh dunia untuk membuat EPUB.

Melalui program ini, kamu bisa membuat buku digital yang kamu idam-idamkan dengan memanfaatkan berbagai macam fitur menarik yang ditawarkan aplikasi.

Mobipocket Creator juga bisa meng-import berbagai macam dokumen seperti PDF, HTML, dan doc yang hasilnya bisa digunakan sebagai bahan untuk menulis.

Kamu juga bisa menambahkan cover di dalam buku digital yang kamu tulis melalui aplikasi Mobipocket Creator untuk memberikan kesan profesional.

Selain itu, Mobipocket Reader juga memungkinkan para penggunanya untuk menambahkan detail-detail lain ke dalam buku seperti tanda tangan, ISBN, review, dan lain sebagainya.

>>>Download aplikasi Mobipocket Creator<<<

4. Calibre

Calibre J C3f47

Satu lagi aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format EPUB adalah Calibre. Aplikasi ini tergolong sangat komplit untuk urusan penyusunan buku digital.

Di aplikasi ini kamu bisa membuat buku digital dalam bentuk EPUB, mengatur koleksi buku digital yang kamu miliki, dan tersedia pula dukungan bahasa yang terbilang sangat beragam.

Calibre pun dapat membaca beragam format dokumen yang ada seperti PDF, DOC, TXT, HTML, dan file dokumen dalam bentuk lainnya.

Kamu juga bisa membuat majalah dan buku digital lain yang sejenis di mana gambar menjadi salah satu elemen yang ingin kamu tonjolkan pada buku yang akan disusun.

>>>Download aplikasi Calibre<<<

5. Scriba

Scriba 6d2d7

Salah satu aplikasi pengolah buku digital adalah Scriba. Selain bisa membuat file EPUB, kamu juga bisa membuat buku digital lain dalam bentuk PDF atau MOBI.

Tampilan aplikasi pengolah kata ini terbilang sangat menarik. Kamu bisa menulis sambil melihat preview buku dalam bentuk 2 page preview.

Aplikasi ini pun tergolong sangat ringan, dan ukuran file installer-nya pun kurang dari 30 MB. Nggak bakalan bikin komputer kalian jadi lebih berat.

Selain itu, kamu yang ingin menggunakan aplikasi Scriba pun tidak perlu mengeluarkan uang karena aplikasi ini dipublikasi secara gratis oleh pembuatnya.

>>>Download aplikasi Scriba<<<

6. ePUBee Maker

Aplikasi Yang Digunakan Untuk Menyusun Buku Digital Dengan Format Epub Adalah 010b4
Sumber foto: Softpedia

Masih butuh alternatif aplikasi lainnya? Kalau gitu, kamu bisa gunakan aplikasi bernama ePUBee Maker yang akan membantu kamu untuk membuat buku digital dalam format EPUB, Mobi, hingga PDF.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga mengklaim mampu menghasilkan kualitas yang sama seperti dokumen Word, lho!

Buat kamu yang ingin mengubah jenis format buku digital ke Word, aplikasi ini juga menawarkan fasilitas tersebut. Kamu bisa mengimport file EPUB, MOBI, AZW, AZW3, HTML, hingga TXT ke format Word.

Agak sedikit berbeda dari aplikasi lainnya, ePUBee Maker lebih mirip seperti add-on untuk Microsoft Word karena kamu bisa menemukan program ini pada aplikasi Ms. Word setelah menginstallnya.

>>>Download aplikasi ePUBee Maker<<<

7. Microsoft Word

Msword Efa09

Meski biasanya digunakan untuk menyusun dokumen biasa, siapa sangka ternyata Microsoft Word juga termasuk salah satu aplikasi penyusun buku digital yang punya banyak fitur keren.

Program ini awalnya hanya tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows saja. Tapi sekarang software ini juga sudah tersedia untuk sistem operasi Apple MacOS.

Sejak versi Office 2013, MS. Word sudah bisa digunakan untuk mengedit dan menyimpan file dalam bentuk PDF. Selain itu, file .DOC atau .DOCX yang sudah jadi pun bisa dikonversi menjadi PDF juga.

Selain membuat ebook dalam format PDF, kamu juga bisa menggunakan software seperti MS Word to EPUB Converter jika ingin mengubah dokumen MS Word ke ePUB secara gratis.

>>>Download MS Word to EPUB Converter<<<

Akhir Kata

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital terbaik di internet dengan format EPUB saat ini.

Dengan bantuan aplikasi di atas, proses pembuatan buku digital kamu akan menjadi lebih mudah dan hasilnya pun akan menjadi lebih rapih.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini berguna untuk kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Apps atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Penghasil Pulsa A13fb
12 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Tercepat 2021, Langsung Cair!
Cats 9ff7d
25+ Aplikasi Penghasil Uang 2021 Terbukti Membayar Cepat, Langsung Cair & Terpercaya!
Aplikasi Penghasil Saldo Google Play Fd0cd
3 Aplikasi Penghasil Saldo Google Play Tercepat dan Terbaik, No Hoax!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
Aplikasi Android Yang Tidak Ada Di Play Store Banner
10 Aplikasi Android Keren yang Tidak Ada di Play Store
Vpn Untuk Netflix Banner 88ef1
10 VPN untuk Netflix Terbaik 2020, Dijamin 100% Works!
Tags Terkait: bukuepub
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal