J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

8 Tips yang Bisa Membuat Smartphone Kamu Tidak Bisa Rusak

8 Tips yang Bisa Membuat Smartphone Kamu Tidak Bisa Rusak

Kamis, 10 Mar 2016, 17:00 WIB
Tidak ada salahnya untuk menjaga HP atau smartphone kita berfungsi dan terjaga dengan baik. Berikut ini 8 tips agar smartphone kamu tidak mudah rusak dan tahan untuk waktu yang lama.

Sudah tidak asing lagi di penglihatan kita kerumunan orang yang lalu lalang sambil menggunakan handphone (HP) maupun smartphone. Bukan saja pada saat duduk, melainkan pada saat sedang berjalan pun orang banyak yang masih memainkan HP-nya.

HP tidak lagi menjadi gadget yang mahal dan langka, karena pedagang sayur dan tukang becak pun menggunakan HP untuk transaksi dagang mereka, bahkan ada satu orang yang memiliki dua atau tiga HP. Meskipun bukan lagi menjadi barang yang mahal dan langka, tidak ada salahnya untuk menjaga HP atau smartphone kita berfungsi dan terjaga dengan baik. Berikut ini 8 tips agar smartphone kamu tidak mudah rusak dan tahan untuk waktu yang lama.

BACA JUGA
  • 6 Kebiasan Buruk yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak
  • 8 Hal yang Bisa Bikin Komputer Kamu Rusak Dalam Waktu 6 Bulan
  • Cara Merawat Smartphone Android Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

8 Tips yang Bisa Membuat Smartphone Kamu Tidak Bisa Rusak

1. Jangan ditaruh di tempat yang mengandung panas

85674c67f8421bab77ed580a94973d4a

Jangan ditaruh di atas TV, di atas PC komputer, di atas kulkas atau ditaruh dekat kompor. Panas yang dihasilkan akan ikut mempercepat panas yang ditimbulkan dari HP tersebut, sehingga mempengaruhi kondisi HP itu nantinya. HP cepat panas dan akan cepat rusak.

2. Jangan charge baterai dalam keadaan HP hidup

Jangan charge baterai dalam keadaan smartphone-mu menyala, apalagi sambil digunakan untuk mendownload atau main games. Aliran listrik yang mengalir ke baterai akan bertumbukan dengan aliran listrik yang masih ada dalam baterai yang masih hidup sehingga menghasilkan panas. Jangan heran kalau banyak HP yang baru setahun dipakai, baterainya sudah bengkak sehingga terpaksa harus beli baterai baru. Panas yang mengalir pada saat HP sedang hidup pun bisa mempengaruhi onderdil lain dalam HP selain baterai yang bisa bikin HP cepat rusak. Biasakan mengisi baterai sampai 100% full, baru HP boleh dihidupkan.

3. Baterai tidak boleh di-charge terlalu lama, terutama untuk smartphone

820d6c236ce3f72ee23ca06a375a3c43

Jika sudah tertulis full, segera dilepas charger-nya. Terlalu lama ngecas baterai membuat baterai cepat bengkak, karena aliran listrik dari stop kontak mengalir terus ke dalam baterai sehingga membuat baterai kepenuhan, akibatnya ya itu tadi, baterai cepat panas dan bengkak.

4. HP yang dalam keadaan hidup jangan ditaruh dalam saku celana

Tubuh kita menghasilkan panas, HP yang dalam keadaan menyala juga menghasilkan panas. Akibat panas yang dihasilkan tersebut saling bertumbukan, mengakibatkan HP bertambah panas dan suhu dalam saku celana pun ikut bertambah panasnya, sehingga bukan saja mempengaruhi HP, tapi juga bagian tubuh dekat saku celana. Kalau memang harus ditaruh dalam saku celana, pastikan HP dalam keadaan OFF/mati.

5. Jangan ditaruh di tempat yang berpotensi terkena air

30616e10f3e76d270ffb0ffed348d4c5

Seperti dalam saku celana, ditaruh di wastafel, atau bahkan dekat pancuran air. Biasanya laki-laki suka menyimpan HP dalam saku celananya. Jika ia berkeringat, maka HP-nya berpotensi terkena keringat, apalagi kalau HP-nya dalam keadaan hidup dan tidak dilindungi apapun, wahh... pasti mudah rusak. Buat perempuan yang suka main HP di kamar mandi atau di bathtub, ini juga kebiasaan yang bisa membuat HP gampang terkena cipratan air menjadikan HP cepat rusak.

6. Jangan terlalu banyak men-dowload aplikasi

Pada smartphone seperti aplikasi sosial media ataupun berbagai macam games yang memberatkan HP tersebut apalagi jika smartphone-nya berspesifikasi rendah. Akibatnya HP cepat panas dan gampang hang, bahkan bisa mati total. Usahakan men-download aplikasi yang penting dan yang diperlukan saja.

7. Jangan asal mengisi ulang baterai

Jangan asal mengisi ulang baterai, misalnya ngecas HP merek Samsung menggunakan charger merek Blackberry. Meskipun port-nya sama dan bisa tersambung, namun memiliki arus daya dan voltase yang berbeda sehingga bisa membebani daya tahan HP tersebut. Sebaiknya charger tidak digunakan untuk bermacam-macam merek HP, tapi gunakan charger bawaan HP tersebut. Kalau charger-nya hilang, bisa menggunakan Power Bank.

8. Jangan sampai terkena benturan

Hampir semua HP/smartphone tidak tahan dengan benturan yang keras, kecuali HP jaman dulu. Smartphone yang tipis dan licin sangat mudah sekali jatuh dari genggaman pada saat sedang digunakan. Agar tidak mudah jatuh, biasakan pada saat mengetik menggunakan dua ibu jari, sementara jari-jari yang lain dalam posisi memegang HP. Kalau sudah tidak digunakan lagi bisa disimpan dalam tas atau sarung HP.

Itulah tips-tips yang bisa dipraktekkan kalau ingin smartphone kesayangan kamu bisa tahan lama dan tetap terawat dengan baik. Apa kamu punya tips lain? Share di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Wajib Hapus Hp Android 9c155

7 Jenis Aplikasi Android yang Wajib Dihapus dari HP Android Kamu

5 Aplikasi Chat Hp Android Ae0f3

5 Aplikasi Chat yang Harusnya NGGAK Dipasang di HP Android Kamu

Banner

Dengan 5 Aplikasi Ini Kamu Bisa Remote Komputer dari Smartphone

Cara Menggandakan Aplikasi 95b8d

4 Cara Menggandakan Aplikasi di HP Android Paling Mudah dan Praktis

8 Aplikasi Cloud Storage 34465

8 Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik Untuk Memperluas Penyimpanan Smartphone

APPS TERKAIT
Dashlane Password Manager Icon
Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
Apps Dashlane
Quick Reboot Root Icon
Quick Reboot (Root) 1.6.4
Apps PhongIT
Macrodroid Device Automation Icon
MacroDroid - Device Automation 3.17.15
Apps ArloSoft
Parallel Space Multi Accounts Icon
Parallel Space-Multi Accounts 4.0.8910
Apps Parallel Space
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Charger HP Kamu Sering Rusak? Inilah Solusi Membetulkan HP yang Tidak Bisa Dicharge

Charger HP Kamu Sering Rusak? Inilah Solusi Membetulkan HP yang Tidak Bisa Dicharge

12 Ciri-Ciri Kamu Sudah Harus Ganti HP Baru

12 Ciri-Ciri Kamu Sudah Harus Ganti HP Baru

Akankah Kamu Dibelikan HP Baru oleh Orang Tua Kamu?

Akankah Kamu Dibelikan HP Baru oleh Orang Tua Kamu?

8 Mitos Baterai HP Android yang Kamu Percaya Padahal Salah (Part 1)

8 Mitos Baterai HP Android yang Kamu Percaya Padahal Salah (Part 1)

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal