J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

3 Cara Ini Akan Membantu Kamu Mencari Ide Untuk Menulis

3 Cara Ini Akan Membantu Kamu Mencari Ide Untuk Menulis

Kamis, 5 Nov 2015, 12:15 WIB
Entah kamu penulis professional ataupun penulis yang baru belajar menulis melalui sebuah blog, pasti pernah mengalami hal yang satu ini, iya kan? Nah, berikut ini cara-cara yang bisa kamu coba untuk bisa mendapatkan ide sebagai bahan untuk

Hobi menulis adalah salah satu hobi yang mengasyikkan. Kenapa mengasyikkan? Karena hobi ini bisa kamu lakukan dimana saja. Apalagi saat ini gadget-gadget canggih bisa menemani kamu untuk menyalurkan bakat menulis kamu.

Namun, terkadang rasa ingin menulis tinggi tapi kita kehabisan ide untuk menuliskan sebuah artikel. Entah kamu penulis professional ataupun penulis yang baru belajar menulis melalui sebuah blog, pasti pernah mengalami hal yang satu ini, iya kan? Nah, berikut ini cara-cara yang bisa kamu coba untuk bisa mendapatkan ide sebagai bahan untuk menulis kamu.

BACA JUGA
  • Cara Membuat Artikel yang Menarik

3 Cara Ini Akan Membantu Kamu Untuk Mencari Ide Untuk Menulis

1. Membaca

MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT KAMPUS
Kamu bisa mencari beberapa artikel entah itu di buku, majalah, koran, atau bahkan artikel-artikel di website, setelah menemukan artikel yang menarik jangan hanya cuma dilihat tapi kamu juga harus coba membacanya. Coba cari intisari dari artikel tersebut dan coba kamu rangkum dengan bahasa kamu sendiri.

Rangkuman tersebut mungkin saja bisa menjadi bahan untuk kamu tuliskan di blog ataupun di media lain yang kamu punya. Jika ada suatu istilah yang asing di sebuah artikel tersebut cobalah untuk mencari tahu dengan memanfaatkan Google atau search engine yang lain. Mungkin saja dari istilah-istilah asing tersebut akan muncul ide-ide baru yang akan menjadi bahan tulisan keren untuk kamu.

2. Menonton

Videoservices_600x300
Cara lain untuk mencari ide sebagai bahan tulisan kamu adalah menonton. Kamu bisa menonton film-film dari koleksi kamu di HardDisk ataupun kamu bisa mencari video-video di YouTube, DailyMotion, ataupun situs-situs video sharing lainnya.

Biasanya dengan kamu menonton kamu akan menemukan hal-hal baru yang mungkin sebelumnya tidak terlintas di pikiran. Misal saja kamu menonton film bergenre Sci-Fi kamu pasti akan berpikir bagaimana membuat efek-efek CGI yang keren. Dengan rasa penasaran seperti itu mau tidak mau kamu akan mencari informasi mengenai bagaimana cara pembuatan efek-efek CGI dan teknologi-teknologi apa saja yang digunakan dalam pembuatan film yang sedang kamu tonton. Nah, itu dari sisi teknologi, mungkin kamu juga bisa membahas mengenai rating film tersebut, bintang filmnya ataupun yang lainnya, tentu sudut pandang setiap orang akan berbeda-beda di sini.

3. Jalan-Jalan

Hanging Out Bonnie Haversat
Kalau pikiran sedang buntu memang sulit mau dipaksa untuk menulis. Coba deh kamu untuk jalan-jalan entah bersama teman-teman, pacar, sahabat ataupun keluarga kamu. Dengan jalan-jalan tentu pikiran kamu akan lebih tenang dan mungkin dengan begitu akan muncul ide-ide baru yang bisa nyangkut di pikiran kamu untuk bahan menulis. Atau cobalah melihat di sekeliling kamu ketika kamu sedang berjalan-jalan, biasanya ada hal-hal unik yang tidak terduga dan justru malah bisa menjadi ide buat kamu menulis.

Nah, penyakit kebanyakan orang biasanya ketika sedang berjalan-jalan dan menemukan ide yang bagus hanya diingatnya saja di kepala, sewaktu ingin menuliskan ide tersebut ke dalam bentuk tulisan di laptop/PC malah lupa. Sebaiknya ketika kamu sudah menemukan ide, kamu bisa mencatat garis besar ide kamu tersebut di gadget kamu, setidaknya sewaktu kamu ingin mengubah ide itu menjadi tulisan, kamu tidak akan banyak lupa.

Demikian 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari ide sebagai bahan untuk kamu menulis. Caranya sederhana dan bahkan bisa dibilang menyenangkan bukan? Semoga dengan 3 cara ini kamu akan semakin bersemangat untuk menulis karena banyak menemukan ide-ide baru. Bagus lagi kalau kamu ikutan jadi kontributor di JalanTikus. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Menghilangkan Adware Di Windows Banner

Cara Menghilangkan Iklan Spyware, Adware dan Popup di Komputer

Video Room 1000 Banner

SEREM! Ini Akibatnya Kalo Kamu Upload Video yang Sama Ke YouTube Berulang Kali!

Karakter Naruto Unik Banner

LUCU! 10 Karakter NARUTO Ini Dibuat Dari Benda di Sekitar Kita

Otg

Cara Meningkatkan Memori Internal Android menggunakan Flashdisk

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Marbel Belajar Menulis Icon Icon
Marbel Belajar Menulis 1.2
Apps Educa Studio
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Letterfx Icon
LetterFX - Word frames 1.2
Apps No Big Deal Apps
Hifont
HiFont 6.5.3
Apps HiFont
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal