Memasuki Tahun Ke-5, AliExpress Tampak Semakin Terdepan

Default

AliExpress, online marketplace yang beroperasi secara global dari Alibaba, saat ini merayakan beberapa pencapaian penting. Perayaan ulang tahun yang dimulai pada tanggal 10 April ini (lihat video di bawah), menunjukan peran AliExpress selama 5 tahun dalam membantu produsen manufaktur dari China untuk mengembangkan produk dan memasarkannya dalam volume besar kepada konsumen di seluruh dunia. Pencapaian lainnya dirayakan dalam bentuk pergantian logo yang akan membawa AliExpress lima tahun ke depan.

Perayaan ulang tahun memang sebuah momentum yang tepat untuk memaknai sebuah perjalanan dan pencapaian. Jika dilihat lebih jauh lagi, belanja online lintas negara (cross-boarder) memang sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. AliExpress sendiri telah membukukan pertumbuhan rata-rata sepuluh kali dari debut pertamanya di tahun 2010. Pasar global dan selera konsumen berubah dengan sangat cepat. AliExpress selalu berusaha untuk mengadopsi perubahan ini dengan menjadikannya sebagai prioritas utama dalam mengembangkan perdagangan B2C Internasional secara lebih efektif dan efisien untuk para penjual serta memberikan kepuasan terhadap para pembeli online yang berbelanja di AliExpress. Berikut ini adalah beberapa inisiatif yang dilakukan:

Membantu Produsen dari China Memperluas Pasar

Sebagai pusat pabrik dunia, sektor manufaktur China sudah sejak lama didominasi oleh banyak perusahaan, dimana para tenaga kerjanya tidak mengerti produk yang mereka buat. Dan pada akhirnya terkuak bahwa ini merupakan produk yang didesain oleh brand dari luar China, seperti Apple dan Samsung. Melalui AliExpress para produsen peralatan asli (OEM) dan produsen desain asli (ODM) dapat menjual desainnya bahkan memasarkan brand mereka langsung kepada pembeli di seluruh dunia, selain itu mereka juga berkesempatan untuk memasuki market global dengan memanfaatkan banyaknya jumlah konsumen yang dimiliki AliExpress di seluruh dunia terutama di negara berkembang yang sangat peka terhadap harga seperti Brazil dan Russia.

Contoh terbaik brand asli China yang sukses mencuri perhatian pasar pada bulan Februari lalu adalah ZTE Blade S6 Smartphone yang diluncurkan hanya di AliExpress. Saat promosi ini berlangsung pada 10 Februari, tercatat 11.380 pesanan melalui AliExpress yang berasal dari konsumen di 105 negara termasuk Russia, Spanyol, Jerman, Perancis dan Italia. Lebih dari 80% pembeli produk ini adalah member yang baru pertama kali melakukan pembelian di AliExpress. Ini adalah bukti nyata kapabilitas platform AliExpress untuk memperkenalkan brand dari China yang kurang terkenal tetapi memiliki kualitas yang tinggi kepada konsumen yang mencari alternatif produk elektronik dengan harga yang terjangkau.

Kerjasama seperti ini dapat membuahkan manfaat tambahan untuk produsen. Dengan menjual produk langsung kepada konsumen AliExpress, produsen berkesempatan untuk mendapatkan masukan dari seluruh pembeli di seluruh dunia. ZTE sangat memperhatikan pendapat konsumen, apa yang disukai dan tidak disukai dari produk ZTE S6. Informasi ini dapat membantu ZTE untuk mengembangkan produknya lebih lanjut bahkan dapat menciptakan produk baru spesifik sesuai kebutuhan negara tertentu.

Interaksi antara pembeli dan produsen yang dikenal dengan istilah C2B (Consumer-to-Business) dapat menjadi cikal bakal tumbuhnya produk baru yang mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya oleh produsen manapun karena adanya kecenderungan menebak selera pasar asing yang mungkin kurang familiar untuk mereka.

Contohnya, seorang produsen yang menjual rambut palsu (wig) di AliExpress, produsen ini meluncurkan produk baru yaitu rambut palsu anti air (water-proof wig) berdasarkan masukan dari salah satu konsumen di Amerika yang rambut palsunya lepas saat digunakan untuk berenang. Konsumen ini melayangkan keluhan ke produsen, dan ditanggapi dengan cepat oleh produsen dengan membuat produk baru untuk memenuhi kepuasan konsumen. Tidak hanya itu, dengan adanya masukan dari konsumen, produsen dari China dapat menghemat pengeluaran inventaris produk dengan mengurangi stok barang yang kurang popular dari segi penjualan.

Mempercepat Pengiriman Barang

Bukan rahasia umum bahwa pengiriman dari China kepada konsumen individual yang berada di luar negeri akan memakan waktu yang panjang. Untuk mempercepat pengiriman, AliExpress menggandeng beberapa perusahaan logistik di China untuk mengoperasikan gudang (warehouses) di luar negeri. Kami berharap dapat menghubungkan penjual grosir internasional (wholesalers) yang berpengalaman dengan produsen domestik yang belum mempunyai infrastruktur atau keahlian dalam melakukan penjualan ke luar negeri. Para penjual grosir ini dapat menyimpan inventori di gudang yang ada di luar negeri dan mengirimkan produk langsung ke konsumen AliExpress. Ini adalah salah satu bentuk solusi yang menguntungkan kedua belah pihak, karena konsumen akan mendapatkan barang lebih cepat sedangkan penjual berkesempatan untuk memasuki market B2C yang baru.

Belanja Melalui Mobile Devices

Pada tanggal 2 April, AliExpress meluncurkan versi baru aplikasi mobile yang tersedia dalam bahasa lokal dan memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara. Aplikasi versi 4.0 ini memiliki user interface yang lebih baik dengan visual yang lebih menarik dan dapat digunakan oleh negara manapun.

Selain itu, AliExpress milik Alibaba Group akan melakukan partnership dengan anak perusahaan Alibaba lainnya, UCWeb untuk membuat program yang diharapkan dapat meningkatkan penggunaan aplikasi AliExpress melalui platform affiliate marketing internasional. UCWeb, adalah anak perusahaan Alibaba yang memproduksi mobile web browser terbesar di China dan mengoperasikan UC Union, mobile traffic network yang dapat mengirimkan pesan kepada 500 juta pengguna melalui smartphone dan mobile devices lainnya. Kerjasama antara AliExpress dan UCWeb bertujuan untuk mempromosikan aplikasi AliExpress di pasar yang potensial seperti U.S, Rusia, Indonesia dan Amerika Latin.

Hal-hal tersebut adalah contoh inisiatif yang telah dilakukan oleh AliExpress selama lima tahun beroperasi. Kami percaya bahwa pengembangan internet yang kami lakukan dapat membawa kembali ke era Silk Road, dimana dapat membawa banyak pilihan barang produksi China yang berkualitas tinggi ke dalam pasar asing dengan lebih mudah dan pastinya dengan biaya yang lebih efisien dibanding sebelumnya. Mungkin perayaan ulang tahun AliExpress ke-10 nanti akan disebut sebagai The e-Silk Road.

Artikel Menarik Lainnya

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal