5 Kejadian Heboh Soal Pilpres 2019 di Media Sosial, Kubu 01 Banyak Melakukan Kecurangan?

Default

Setelah 5 tahun berlalu, pada 2019 ini kembali dilakukan Pilpres untuk presiden baru Indonesia. Topik tentang Pilpres ini sangat ramai diperbincangkan.

Entah itu di sosial media ataupun media cetak, pembahasan mengenai Pilpres seperti tak ada habisnya. Begitu pula dengan berita bohong atau hoaks.

Apalagi di internet, hoaks menyebar dengan bebas dan cepat, serta memakan banyak korban. Tiap ada unggahan yang berbau hoaks pasti saja jadi heboh di media sosial.

Lalu, apa saja kejadian paling heboh mengenai Pilpres 2019 di media sosial? Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Kejadian Paling Heboh Pilpress 2019 di Internet

Pilpres atau Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2019 sudah menjadi topik pembahasan sejak tahun lalu dan terus memanas.

Kominfo pun mencatat setidaknya ada 22 hoaks yang beredar terkait Pilpres 2019. sama seperti berita hoaks yang muncul tahun sebelumnya berita hoaks tahun ini juga terjadi.

Nampak seperti warga Indonesia mudah untuk termakan berita hoaks yang memicu perdebatan. Apakah kamu salah satunya. geng?

Nah, dari semua informasi dari kejadian yang heboh dibicarakan di sosial media. Di antaranya menjadi perdebatan yang ramai.

Untuk kamu yang tidak ingin menghindari dan melacak hoaks, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mengunjungi situs Turn back Hoax.

Apa saja kejadian paling heboh di media sosial saat Pilpres 2019? Ini dia 5 kejadian heboh saat Pilpres 2019!

1. Hasil Akhir Pilpres Telah Diumumkan Pilpres

Kejadian Paling Heboh Pilpres 2019 Kpu A552e

Sumber foto: Turn Back Hoax

Belakangan ini muncul sebuah unggahan dari sebuah media sosial, Facebook, yang menampilkan informasi mengenai perhitungan akhir dari KPU.

Dalam unggahan itu, tertulis bahwa pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua unggul dengan perolehan angka 53,15%.

Unggahan ini mendapat puluhan ribu share serta ribuan komentar. Sang pengunggah pun memberikan deskripsi dalam unggahannya.

Ia menyebutkan 'kami pendukung fanatik Jokowi ikhlas menerimanya', seakan perhitungan Pilpres 2019 sudah usai dan sah.

Namun, nyatanya jika kamu lihat lebih teliti, data Pilpres ini merupakan data tahun 2014, geng. Di mana pasangan nomor urut 02 adalah Jokowi dan Jusuf Kalla.

Untuk kamu yang sudah tak sabar melihat hasil akhir, proses rekapitulasi perhitungan suara berlangsung hingga 22 Mei 2019.

Jadi, bersabar ya!

2. Kemenangan Prabowo Melalui Data Resmi TNI

Kejadian Paling Heboh Pilpres 2019 Tni 90f7c

Selanjutnya adalah klaim kemenangan Prabowo sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh TNI. Ya, namanya juga unggahan akun tak dikenal ditambah berita dari blogspot.

Unggahan ini patut untuk dicurigai ya, geng. Dikutip melalui media Viva, informasi yang disebarkan oleh sebuah akun Umi Jamilah adalah hoaks.

Diperkuat juga dengan pernyataan Mayor Inf Dahlan yang menegaskan berita terkait klaim kemenangan Prabowo oleh TNI adalah tidak benar.

Semua berita yang dimuat tidak benar oleh oknum yang menggunakan Pettrok.blogspot, dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan foto yang di-upload berita yang tidak benar tersebut - Mayor Inf Dahlan

3. Video Truk Bergambar Jokowi-Ma'ruf

Kejadian Paling Heboh Pilpres 2019 Truk A9643

Ada-ada saja hiasan yang ditempel pada truk, entah itu berbagai tulisan berbau motivasi, komedi, hingga dukungan kepada Capres dan Cawapres.

Contohnya seperti unggah satu ini di Twitter oleh akun @AndiArief__ yang memperlihatkan sebuah video berdurasi 1.50 menit.

Dalam unggahan ini terlihat sejumlah 7 kontainer dengan gambar Jokowi-Ma'ruf yang sedang melaju di jalan secara beriringan.

Dalam unggahan ini pula dikicaukan deskripsi yang berisi 'Truk semi kontainer Paslon 01 ini kira-kira membawa apa (demikian seorang kawan kirim DM dan minta di-upload)'.

Seakan mencurigai isi truk ini yang berkaitan dengan Pilpres 2019. Unggahan dan video ini memang benar dan bukan bentuk dari sebuah editan.

Dikutip dari Turn Back Hoax, truk kontainer tersebut merupakan truk untuk ekspor produk kayu dan mebel ke luar negeri.

Truk ini berjalan secara beriringan karena diinisiasi oleh Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi.

Hal ini pun dilakukan sebagai bentuk kampanye (memang tidak dilarang). Bagaimana menurut kamu, geng?

4. Ustaz Abdul Somad 'Mendukung 01'

Kejadian Paling Heboh Pilpres 2019 Ustaz 1 94d3f

Akhir-akhir ini, beredar foto Ustaz Abdul Somad yang mengacungkan satu jari di media sosial, khususnya Facebook.

Seakan menandakan bahwa ada dukungan akan pasangan nomor urut satu untuk Pilpres 2019, dalam unggahan oleh sejumlah akun.

Foto ini ternyata pernah diunggah sebelumnya dan tidak ada hubungan dengan Pilpres 2019.

Kejadian Paling Heboh Pilpres 2019 Ustaz 2 7d55b

Dikutip dari Turn Back Hoax, foto ini pertama kali diunggah pada 2018 lalu oleh akun @Umar_Hasibuan_ dalam konteks foto terkait Pilgub Sumut 2018.

Informasi yang keliru seperti ini memang banyak beredar di media sosial, geng. Walau fotonya asli tanpa editan, terkadang deskripsi yang dicantumkan tidak benar.

5. TKA Tiongkok yang Bisa Nyoblos di Pilpres

Kejadian Paling Heboh Pilpres 2019 Tka 4125b

Terakhir adalah foto TKA (Tenaga Kerja Asing) asal Tiongkok yang memiliki e-KTP dan memiliki kesempatan untuk hak pilih saat Pilpres 2019.

Kenyataannya, saat diulik lebih dalam oleh Turn Back Hoax, NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang ada pada KTP tersebut merupakan milik seorang warga atas nama Bahar.

Dari berbagai informasi yang tercantum pada e-KTP pada unggahan ini, beberapa berbeda dengan data yang dicantumkan pada data pemilih di situs infopemilu.

Inti permasalahan ternyata terdapat pada perbedaan NIK Bahar di e-KTP dengan DPT yang bersumber dari DP4 Pilkada 2018.

Serta dinyatakan bahwa Bahar dapat mencoblos, sedangkan warga China tidak bisa. Informasi yang diunggah ini pun dinyatakan keliru.

Akhir Kata

Itu dia kejadian paling heboh seputar Pilpres 2019 yang terjadi di media sosial. Kebanyakan di antaranya adalah sebuah berita hoaks.

Kamu boleh saja membaca, tapi jangan sampai terkecoh oleh berita palsu atau keliru, ya. Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar hoax atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Melacak Paket J T A2f3a
4 Cara Melacak Paket J&T Terbaru 2023, dengan & Tanpa Resi!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal