Baru Terkena Bencana, Katedral Notre Dame 'Diselamatkan' Oleh Game Ini!

Default

Sebuah gereja bersejarah, Notre Dame de Paris, mengalami kebakaran hebat pada 15 April 2019 lalu. Bencana ini menyebabkan sebagian bangunan dari gereja hancur.

Katedral kini tutup sementara dan berencana untuk dibangun kembali. Namun, untuk membangun gedung yang sudah berumur ratusan tahun ini, membutuhkan perhatian khusus.

Salah satu game dari Ubisoft, Assassin's Creed Unity, dapat menjadi salah satu sumber untuk membantu restorasi Katedral Notre Dame de Paris.

Bagaimana bisa sebuah game membantu pembangunan gedung bersejarah? Simak penjelasannya berikut ini!

Game Ini Jadi 'Penyelamat' Katedral Notre Dame!

Restorasi Gereja Notre Dame Burn 1 F755e

Sumber foto: Insider

Katedral Notre Dame de Paris merupakan salah satu monumen paling bersejarah di Paris. Gedung ini dibangun pada 1160 dan hampir rampung pada 1260.

Pada 1790-an, di tengah Revolusi Perancis, gedung ini dirusak sehingga sebagian keseniannya hilang. Namun, dilakukan pembetulan dan restorasi gedung di bawah pengawasan Eugene Emmanuel Viollet-le-Duc.

Setiap tahunnya, para wisatawan menghampiri katedral ini untuk melihat arsitektur abad pertengahan ataupun untuk aktivitas keagamaan.

Tragis, sore hari pada 15 April 2019 lalu, Katedral Notre Dame de Paris terbakar dan api menjalar hingga atap katedral.

Dikutip dari BBC, kebakaran ini menyebabkan sebagian interior kayu dan sebagian kaca menjadi rusak. Sebanyak 500 pemadam kebakaran berusaha keras untuk memadamkan api agar tidak membakar seluruh gedung.

Untungnya, kobaran api dapat diatasi dan menyelamatkan kerangka utama gedung, serta dua menara bel masih berdiri dengan kokoh.

Restorasi Gereja Notre Dame Burn 8f0b1

Sumber foto: IndyStar

Penyebab kebakaran pun belum diketahui secara pasti. Dikutip dari CNN, sumber api diperkirakan bermula dari elevator untuk konstruksi.

Dalam kejadian ini pun, alarm api nampak tidak berfungsi dengan baik. Para penjaga Katedral baru menyadari adanya kebakaran pada saat api sudah menjalar setinggi 3 meter.

Kini Katedral Notre Dame de Paris ditutup dan berencana untuk mengadakan restorasi. Untuk bisa mencapai tahap restorasi gedung, dibutuhkan arsitektur terbaik dengan bentuk gedung yang seakurat mungkin.

Dikutip dari The Focal, restorasi katedral ini membutuhkan waktu hingga beberapa dekade hingga akhirnya dapat berdiri seperti sebelumnya.

Eric Fischer, orang dibalik restorasi katedral Strasbourg, menyebutkan bahwa restorasi membutuhkan sejarah lengkap, diagram, dan material lainnya untuk para arsitek.

a maximum of historical data or more recent data gathered with modern technology such as 3D scans - Eric Fischer

Menanggapi kejadian yang mengerikan ini, pihak Ubisoft menggratiskan game Assassin's Creed Unity dengan tujuan agar orang dapat menikmati keindahan Katedral Notre Dame de Paris dari dalam game.

Restorasi Gereja Notre Dame Assassin Creed 556d9

Game ini gratis melalui Uplay dari 17 hingga 25 April 2019.

Banyak pemain pun memberikan komentar positif seperti berterima kasih kepada Ubisoft serta game Assassin's Creed Unity yang telah membuat bentuk grafis dari Katedral Notre Dame.

Selain itu, dikutip dari BBC, dikabarkan pihak pengembang akan mendonasikan uang sebanyak 565 ribu USD atau setara dengan Rp7,9 miliar untuk restorasi katedral.

Pihak pengembang game juga terbuka untuk memberikan model replika Katedral Notre Dame de Paris dalam bentuk digital untuk kebutuhan restorasi.

Desain digital ini dibuat oleh Andrew Tallon, sayangnya ia meninggal pada 2018 lalu.

Restorasi Gereja Notre Dame Unity 3d 3c166

Sumber foto: Andrew Tallon/Vassar

Model digital dari katedral ini cukup akurat dengan menggunakan laser scan dari 50 lokasi di sekitar gedung untuk menangkap bentuk arsitekturnya.

Menarik bukan? Sebuah game yang bertema sejarah dapat membantu untuk pembangunan monumen bersejarah. Serta dapat memberikan edukasi sejarah bagi pemainnya.

Selain Assassin's Creed Unity, ternyata ada game lain yang juga memiliki tema bersejarah dan mengambil lokasi penting di dunia.

Game ini juga nantinya dapat membantu pemain untuk menjelajahi lokasi bersejarah yang pernah dibangun.

Apa saja gamenya? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Call of Duty Series

Restorasi Gereja Notre Dame Cod 2bed1

Pertama adalah game perang Call of Duty, game ini sebagian besar memiliki latar di lokasi nyata di dunia.

Contohnya, seri Call of Duty: Modern Warfare 1 dan 2 mengambil latar Chernobyl di Ukraina dan kawasan Eiffel Tower.

Kamu dapat menjelajahi kawasan terlarang yang tidak dapat kamu kunjungi sembari menikmati serunya bermain game.

Battlefield

Restorasi Gereja Notre Dame Battlefield E23df

Selanjutnya adalah Battlefield, khususnya pada seri Battlefield 1 yang mengambil lokasi di berbagai tempat bersejarah dunia.

Lokasi nyata yang masih bisa kamu kunjungi sekarang adalah Katedral Trinity, Cape Helles, dan lainnya. Lokasi ini didesain secara terperinci hingga mirip dengan aslinya.

Menurut kamu, apakah game yang bertema sejarah seperti ini penting atau tidak?

Akhir Kata

Kebakaran yang terjadi pada Katedral Notre Dame de Paris merupakan salah satu kejadian yang buruk sekaligus menyedihkan.

Sedikit demi sedikit, peninggalan bersejarah mulai hilang dan termakan oleh waktu. Membuat berbagai lokasi bersejarah di dalam game ternyata berguna di waktu yang akan datang.

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar game atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT
Pubg Ditinggal Penciptanya Banner 10a59
PUBG Ditinggal Penciptanya, Game Battle Royale Sudah Gak Laku?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal