Jangan Sembarangan! Pria Ini Diciduk Polisi Gara-gara Upload Film ke Facebook

Default

Siapapun dapat dengan bebas mengunggah apa saja ke dalam akun Facebook miliknya. Tapi tunggu dulu, makin ketatnya aturan hukum terkait tindak cybercrime membuat kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan Internet, khususnya media sosial. Salah-salah, bukan tidak mungkin kita mendapat hujatan, bahkan tak sedikit yang sampai berurusan dengan hukum.

Seperti yang belum lama ini terjadi pada pemuda asal Amerika Serikat bernama lengkap Trevon Maurice Franklin. Ia terpaksa harus mendekam di penjara karena ulahnya mengunggah sebuah film pada akun Facebook pribadinya. Mengapa bisa sampai di penjara?

Pria Ini Diciduk Gara-gara Upload Film ke Facebook

Deadpool
Sumber foto: Sumber: variety.com

Dilansir dari Variety, akun Facebook bernama Tre-Von M. King" milik Franklin secara ilegal merekam dan mengunggah satu film Deadpool tepat delapan hari setelah rilis perdana di bioskop pada 12 Februari 2016 lalu. Setahun lebih berselang, film Deadpool di akun Franklin sudah ditonton lebih dari lima juta kali.

Hal tersebut sontak menarik perhatian pihak berwajib, dalam kasus ini FBI. Setelah melakukan investigasi mendalam, mereka akhirnya menahan Franklin terkait masalah copyright. Kini, Franklin harus bersiap menjalani masa hukuman selama tiga tahun di penjara federal.

Belajar dari kasus Franklin di atas, ada baiknya kita lebih berhati-hati lagi dalam beraktivitas di dunia maya, ya!

Baca juga artikel seputar Facebook atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal