5 Efek Negatif dari Penggunaan Internet Sehari-hari

7 June 2017

Hampir setiap orang kini menggunakan internet. Melalui teknologi tersebut, kita bisa dengan mudah berbagi dan mengakses ribuan informasi yang tersedia.

Bisa disimpulkan bahwa teknologi internet sangat memudahkan kehidupan manusia saat ini. Namun, di balik sisi positif manfaat internet, rupanya ada efek negatif dari internet yang ditimbulkan karenanya. Apa saja itu? Yuk simak uraian berikut ini.

Efek Negatif Internet

Internet merupakan penemuan paling spektakuler sejak pertengahan abad ke-20. Sejak kemunculannya, teknologi tersebut terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

Sekarang kita bisa merasakan jika internet telah menjadi penghubung di setiap lini kehidupan. Teknologi tersebut juga mampu menghubungkan setiap orang di mana pun mereka berada.

Ada berbagai macam informasi yang bisa kita dapatkan, mulai dari bahan penelitian, pendidikan, ekonomi, dan lainnya.

Selain itu ada berbagai macam bentuk informasi seperti teks, audio, video, dan gambar juga bisa didapat dengan mudah.

Segi politik

Efek Negatif dari Penggunaan Internet

Efek negatif internet pertama datang dari segi politik. Internet rupanya mampu memengaruhi kehidupan seseorang terutama dari segi politik dan sosial. Mengapa demikian?

Karena internet merupakan ladang informasi yang luas, maka di dalamnya tak sedikit pula yang mengajarkan budaya konsumtif dan nilai-nilai yang berasal dari Barat.

Pengaruh mengenai pandangan politik seseorang juga biasanya sering disalahartikan dan akhirnya menciptakan perpecahan antar sesama.

Segi Budaya

Efek Negatif dari Penggunaan Internet

Efek negatif internet selanjutny adalah Segi Budaya. Internet telah banyak mengajarkan nilai-nilai dan gaya hidup negara-negara Barat sebagai sesuatu yang lebih unggul dibandingkan lainnya.

Kehidupan Barat juga digambarkan dengan kebebasan yang tidak terbatas tanpa ada penjelasan dari sisi perspektif yang ada.

Akibat pengaruh internet pula, banyak orang yang pada akhirnya tidak menghargai budaya dan nilai-nilai kehidupan mereka sendiri dan menganggap kehidupan di luar diri mereka selalu lebih baik.

Oleh karena itu, internet berpotensi mampu memengaruhi seseorang baik dari perspektif moral dan nilai-nilai etika yang ada.

Ancaman Keamanan

Efek Negatif dari Penggunaan Internet

Karena internet sudah masuk ke dalam setiap aspek kehidupan, contohnya pada bidang ekonomi, politik, sosial, dan lainnya, oleh karena itu ancaman keamanan juga bisa muncul kapan saja.

Kita mungkin belum menyadari jika jaringan internet sangat rentan terhadap serangan hacker.

Para hacker mampu mencuri informasi berharga yang berseliweran di internet, ia juga mampu menyusupkan virus untuk merusak data atau hardware komputer.

Akibat mudahnya mengakses internet, sebuah informasi jadi lebih mudah bocor dan selain itu setiap informasi yang ada bisa dimanipulasi menjadi berita yang menyesatkan.

Membuang Sumber Daya dan Waktu

Efek Negatif dari Penggunaan Internet

Internat berfungsi sebagai ladang informasi, maka tak sedikit pula orang yang mengaksesnya. Hal ini dimanfaatkan oleh pebisnis untuk membanjiri internet dengan barang dagangan.

Kita sering melihat ada berbagai macam iklan yang berlebihan dalam hal promosi dan tak sedikit pembeli yang merasa tertipu dengan penawaran tersebut.

Karena banyaknya informasi yang tersedia, hal ini justru membuat pengguna sulit membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Akibatnya adalah pengguna akan kesulitan membuat keputusan yang tepat.

Ketergantungan dan Kecanduan

Efek Negatif dari Penggunaan Internet

Surfing di internet sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Mereka lebih memilih mengasingkan diri dari kehidupan nyata dan memilih berinteraksi lewat dunia maya.

Padahal penggunaan internet yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas bagi anak usia remaja.

Selain itu, akibat kecanduan internet, anak-anak dan remaja justru banyak menghabiskan waktu mereka di depan komputer. Akibatnya, mereka akan mengabaikan aktivitas fisik dan hal itu akan mengganggu perkembangan dan kondisi tubuh mereka.

Itulah efek negatif yang dapat timbul akibat penggunaan internet. Yuk, mulai sekarang cerdas dan bijak dalam memanfaatkan penggunaan teknologi tersebut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar