Teror Ransomware WannaCry Benar-Benar Sudah Berakhir?

Default

Dari kemarin, kita sudah dihebohkan dengan virus komputer baru bernama WannaCry. Keberadaan virus ini menunjukan betapa banyaknya pengguna yang tidak peduli dengan keamanan.

Pada kemarin malam, kabar baik datang. Dikatakan bahwa terror virus ini sudah berakhir. Semua versi WannaCry yang ada di internet sudah dilumpuhkan. Siapa saja yang melumpuhkannya? Yuk simak selengkapnya!

Teror Ransomware WannaCry Sudah Berakhir, Benarkah?

Foto Techrecipe Wannacrystop
Sumber foto: Gambar: TechRecipe

Saat ini terdapat tiga varian WannaCry di internet, dan ketiganya sudah dilumpuhkan. Berikut detil varian WannaCry di internet:

Varian WannaCry di Internet

  • Varian pertama 5/13/2017, merupakan virus WannaCry yang berhasil dihentikan oleh MalwareTech. Sekaligus pertama kalinya ditemukan Kill Switch yang mampu menghentikan penyebaran virus ini di Internet.
  • Varian kedua 5/14/2017, merupakan versi 2.0 yang pertama keluar. Bisa dikatakan ini adalah virus gagal. Karena tidak bekerja sebagai mana mestinya, ia tidak mengenkripsi file korbannya. Ini juga merupakan varian pertama tanpa Kill Switch.
  • Varian ketiga 5/14/2017, tidak ada ubahnya dengan varian pertama. Hanya saja Kill Switch sudah berubah. Berhasil dihentikan oleh Matthieu Suiche dari Microsoft.

Akhir Kata

Sekarang kamu bisa internetan dengan tenang, di satu sisi bug juga sudah di-patch Microsoft. Meski begitu, sampai per detik ini tidak ada cara menyelamatkan data yang terenkripsi. Oh iya, pastikan juga kamu membaca artikel terkait Ransomware atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Banner: ShutterStock

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Line For Android Icon2 Icon
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal