Hebat! Peneliti Temukan Cara Olah Limbah Nuklir Jadi Baterai Tahan Lama

Default

Mungkin kamu pernah dengar pembangkit listrik yang menggunakan tenaga nuklir. Tapi pernah terpikirkan tidak oleh kamu, kemana limbah nuklir itu dibuang? Kamu tahu kan limbah nuklir berbahaya dan sangat beresiko bagi lingkungan.

Baru-baru ini, para peneliti temukan cara mengolah limbah nuklir menjadi sumber energi yang aman dan berguna. Dengan bantuan berlian buatan, limbah nuklir mampu diubah menjadi baterai yang memiliki daya tahan super lama. Gak percaya?

Limbah Nuklir Diubah Jadi Baterai Tahan Lama

Nuklir Pict

Dilansir dari Popular Mechanics, para peneliti dari University of Bristol telah mengembangkan cara baru dalam mengolah limbah dari pembangkit listrik tenaga nuklir. Dengan bantuan berlian buatan, baterai hasil olahan ini mampu menciptakan daya listrik yang memiliki daya tahan super lama. Bahkan sampai 50% daya tersisa butuh waktu 5730 tahun!

Reaktor nuklir akan menghasilkan panas dari batangan uranium radioaktif. Batang uranium diletakkan pada blok grafit untuk mengontrol aliran panas dan reaksi nuklir. Setelah bertahun-tahun menyerap radiasi nuklir, blok grafit juga menjadi sangat radioaktif. Hal inilah menjadi limbah dan harus dibuang.

Walaupun memiliki daya tahan yang lama, namun baterai ini hanya memiliki arus listrik yang sangat kecil. Ke depannya, baterai berlian nuklir ini akan digunakan pada pesawat ruang angkasa, alat pacu jantung, dan perangkat lain yang membutuhkan baterai dengan daya tahan lama.

Sayangnya baterai ini tidak mampu digunakan untuk menyalakan smartphone karena arus listriknya yang kecil. Jangan khawatir, saat ini sudah ada kok smartphone yang memiliki daya tahan baterai cukup lama. Bagaimana dengan teknologi terbaru ini? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya.

ARTIKEL TERKAIT
700 X 350 1
Modal YouTube dan Buku Doang, Pria Ini Bisa Bikin Pesawat Sendiri!
Tipe Bacotan Gamer Yang Manakah Kamu Banner
Bacot Dulu Kalah Belakangan, Ini Dia Bermacam Tipe Bacotan Gamer
Oneplus Banner
Ekstrem! Unboxing OnePlus 3T di Jet Tempur Berkecepatan 1.200 Km/Jam
APPS TERKAIT
Battery Calibration
Battery Calibration 1.2
Apps NéMa
Dbs Icon
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
Unnamedresult Icon
CurrentWidget: Battery Monitor 0.4
Apps RmDroider
Easy Battery Saver
Easy Battery Saver for Android 3.4.1
Apps 2Easy Team
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal