5 Penemuan Menakjubkan yang Diciptakan oleh Anak-Anak, Gak Nyangka!

Default

Seringkali kita berpikir bahwa kehidupan anak-anak tidak jauh dari bermain dan bersenang-senang. Tapi tahukah kamu bahwa di balik permainannya, sang anak sedang mengembangkan rasa ingin tahunya akan hal-hal baru?

Lewat permainan itu pula, sang anak mulai berkreasi dan mengeksplorasi hal-hal yang ia temui. Tak jarang, mereka berhasil menciptakan berbagai macam penemuan modern dan menakjubkan yang dipakai sampai sekarang.

Yap! Mungkin kita selalu berpikir bahwa penemuan-penemuan modern hanya bisa diciptakan oleh ilmuwan hebat. Namun ternyata, anak-anak juga bisa, loh!

Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut, Jaka sudah mengumpulkan deretan penemuan mutakhir dan modern yang berhasil diciptakan anak-anak. Selamat membaca!

1. Es lilin - Frank Epperson (11 tahun)

Penemuan Diciptakan Anak Anak 1 0fdfb

Siapa sih yang nggak familier dengan es lilin atau es loli? Rasanya yang enak dan segar selalu jadi camilan yang paling dinanti saat kita pulang sekolah. Namun siapa sangka, pencipta es loli adalah seorang anak-anak?

Es lilin diciptakan oleh seorang anak berusia 11 tahun bernama Frank Epperson. Pada tahun 1906, ia tak sengaja meninggalkan sebuah gelas yang berisi campuran air soda bubuk, air, dan pengaduk di halaman rumahnya semalaman.

Secara kebetulan, suhu udara yang dingin membuat cairan yang ada di dalam gelas tersebut membeku. Ketika Frank menemukannya, ia antusias karena berhasil menciptakan makanan baru.

Namun, ia sendiri baru mematenkan temuannya ini pada tahun 1922 dengan nama Eppsicle . Namun, ia memutuskan mengubah namanya setelah anak-anak kebanyakan menyebutnya dengan nama "Popsicle" atau es lilin.

2. Huruf Braille - Louis Braille (15 tahun)

Penemuan Diciptakan Anak Anak 2 8cd75

Seperti yang kamu tahu, huruf Braille merupakan sistem tulisan sentuh yang diciptakan untuk para disabilitas netra. Dengan menggunakan huruf ini, mereka bisa membaca dan menulis karena didasarkan pada pola timbul yang khas tiap hurufnya.

Namun, tidak ada yang menduga bahwa huruf Braille diciptakan dan ditemukan secara tak terduga oleh Louis Braille saat ia masih berusia 15 tahun.

Dilansir PopMama, Braille mengalami kebutaan akibat infeksi mata saat ia masih berusia 3 tahun. Nah selama bertahun-tahun, ia berusaha mencari cara membaca dan menulis lewat kombinasi huruf-huruf timbul.

Akhirnya pada tahun 1924, ia berhasil menciptakan sekaligus menyempurnakan huruf-huruf tersebut yang terinspirasi dari kode rahasia militer Prancis. Huruf itu kita kenal dengan sebutan huruf Braille.

3. Penutup Telinga - Chester Greenwood (15 tahun)

Penemuan Diciptakan Anak Anak 3 Aaace

Siapa sangka penutup telinga juga diciptakan oleh seorang anak-anak? Ceritanya pada tahun 1873, Chester Greenwood yang masih berusia 15 tahun berhasil menciptakan earmuffs atau penutup telinga.

Usut punya usut, penutup telinga ia ciptakan karena merasa telinganya sangat dingin saat sedang bermain seluncur es, sementara syal biasa tidak 100% membantu menutup kupingnya.

Greenwood pun mencoba merancang serta merangkai kawat-kawat khusus yang bisa ditaruh di telinga, sekaligus mencari bahan terbaik untuk melindungi kuping dari dingin.

Ia pun meminta tolong sang nenek pun memasangkan serta menjahit kulit berang-berang pada rangkaian kawat. Setelah itu, terciptalah penutup telinga pertama di dunia. Greenwood pun mematenkan temuannya ini pada tahun 1919.

4. Lampu Natal - Albert Sadacca (15 tahun)

Penemuan Diciptakan Anak Anak 4 92ac8

Dilansir Mental Floss, sebelum adanya lampu listrik, orang-orang biasa menghias pohon Natal dengan lilin sungguhan yang dinyalakan tiap malam secara manual.

Nah, saat listrik secara resmi ditemukan dan dipatenkan secara massal, orang-orang pun masih menggunakan lilin karena takut jika listrik tersebut tidak stabil dan menyebabkan kebakaran.

Karena itulah pada tahun 1917, Albert Sadacca yang saat itu masih berusia 15 tahun berusaha menciptakan lampu Natal yang aman digunakan dengan harga terjangkau.

Tentu saja, ia pun juga berusaha menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat sekitar bahwa lampu Natal buatannya tidak akan menyebabkan kebakaran. Inilah cikal bakal lampu Natal modern.

5. Trampolin - George Nissen (16 tahun)

Penemuan Diciptakan Anak Anak 5 E2e5e

Ketika kita mendengar kata 'trampolin', tentu yang terlintas di pikiran adalah aktivitas lompat-lompat di yang bisa membuat tubuh terbang di udara.

Nah, nggak banyak yang tahu bahwa pencipta trampolin adalah seorang anak berusia 16 tahun bernama George Nissen pada tahun 1930.

Saat itu, ia mendapatkan ide mengenai trampolin setelah melihat pemain sirkus menampilkan aksinya dengan cara jatuh ke sebuah jaring yang ada di bawahnya.

Ia berpikir, nampaknya akan lebih menarik jika pemain tersebut ketika jatuh bisa terus melompat secara berulang. Dari sanalah, ia berhasil menemukan rangkai baja bulat beserta kain kencang lentur yang dinamakan trampolin.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai penemuan-penemuan modern dan menakjubkan yang ternyata diciptakan oleh anak-anak. Bagaimana menurutmu? Keren banget bukan?

Siapa sangka, ternyata penemuan-penemuan ini diciptakan oleh orang-orang yang masih muda banget.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

Bukan Ulah Alien, Misteri Segitiga Bermuda Akhirnya Berhasil Dipecahkan!

Dari Raisa Hingga Marion Jola, Ini Foto 13 Artis Cantik Ternama Saat Masih Sekolah!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal