J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

Jumat, 23 Jun 2017, 07:00 WIB
Selain saling memaafkan, momen lebaran juga erat kaitannya dengan berbagi rejeki berupa THR. Jika hendak menggunakan uang THR lebaran untuk membeli smartphone baru, baca dulu tipsnya yuk!

Lebaran sbenetar lagi nih. Dapat uang THR berapa nih lebaran tahun ini? IKnagt, angan dipake jajan semua, kamu tabung sebagian dan sisanya pake buat beli baju atau smartphone baru.

Kenapa harus smartphone baru? Soalnya biar bisa kelihatan keren pas hari lebaran. Maka dari itu, JalanTikus akan berikan kamu tips penting untuk membali smartphone baru dengan uang THR agar lebaran kamu semakin keren!

BACA JUGA
  • 10 Tips Membeli iPhone Bekas Mulus dan Berkualitas, Biar Gak Kena Tipu!
  • Bukan Harga Murah, Ini yang Lebih Penting Saat Membeli Smartphone!
  • 10 Rekomendasi Smartphone China Terbaru dengan Kualitas Terbaik

Tips Membeli Smartphone Baru

Jika memang smartphone kamu udah sering ngadat, itu pertanda banget minta diganti baru. Nah, sebelum membeli smartphone baru dengan uang THR, jangan lupa perhatikan beberapa hal berikut ya!

1. Pilih OS yang Tepat

Dewasa ini sistem operasi Android sudah mendominasi penjualan smartphone. Meski demikian, kamu bisa mempertimbangkan iOS yang memang terkenal matang dan ringan. Pilihlah yang sesuai kebutuhan. Kamu yang suka ngoprek smartphone, akan lebih bijak jika memilih sistem operasi Android.

Tips Membeli Smartphone Baru 7

Oh iya, belilah smartphone Android yang out of the box sudah mendukung sistem operasi Android Lollipop. Selain telah memiliki banyak fitur baru, smartphone dengan Android Lollipop memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan update ke sistem operasi Android Marshmallow atau Android N.

2. Brand atau Merk

Tips Membeli Smartphone Baru 4

Smartphone China memang sudah mulai meraja di ranah smartphone global. Meski brand tidak menentukan kualitas smartphone, tapi brand yang memiliki reputasi kuat biasanya diserta jaminan after sales (garansi, service center) yang baik. Sehingga kamu jadi tidak repot jika sewaktu-waktu smartphone kamu bermasalah.

Yang Penting Saat Beli Smartphone Baru
Garansi Itu Penting!
Ada banyak pilihan smartphone baru yang dibekali spesifikasi canggih. Bahkan harganya pun murah. Tapi jangan hanya melihat harga smartphone yang murah, ada hal lain yang penting saat membeli smartphone baru lho!
LIHAT ARTIKEL

3. Harga

Tips Membeli Smartphone Baru 11

Ngaku deh, kamu pasti berharap bisa mendapatkan smartphone bagus dengan uang lebaran yang kamu dapatkan, bukan? Jika pun harus nambah, kamu pasti inginnya supaya nambah tapi tidak terlalu banyak. Biar gampang, kamu bisa membandingkan harga smartphone yang akan kamu beli di beberapa situs belanja online sebelum belanja di toko smartphone langganan kamu.

4. Prosesor

Tips membeli smartphone baru yang selanjutnya adalah memperhatikan chipset atau prosesor yang digunakan. Smartphone yang dibekali chipset keluaran Qualcomm biasanya selalu lebih mahal dibanding yang menggunakan chipset Mediatek. Tapi akhir-akhir ini banyak kok smartphone murah yang sudah menggunakan chipset Snapdragon, karena memang Snapdragon sendiri menyediakan chipset untuk berbagai kelas smartphone.

Tips Membeli Smartphone Baru 5

Selama kamu tidak alergi terhadap merek, banyak pilihan smartphone China terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah tapi telah menggunakan chipset Snapdragon. Carilah smartphone baru yang setidaknya telah menggunakan chipset Snapdragon 615 untuk mendapatkan performa dan hasil kamera yang memuaskan.

5. Besar RAM

Tips Membeli Smartphone Baru 9

Meski prosesor kencang sekali pun, jika RAM-nya kecil pasti kinerjanya akan lemot. Untuk itu coba pilih smartphone yang dibekali dengan RAM besar. Saat ini, pilihlah smartphone yang dibekali RAM minimal 2GB agar kamu lebih leluasa bermain game atau mengkases banyak sosial media.

6. Memori

Apakah kamu tipe orang yang gemar meng-install banyak aplikasi dan game terbaru di smartphone? Jika iya, perhatikan memori internal smartphone pilihan kamu sebelum membelinya. Smartphone yang hanya dibekali memori internal 16GB tanpa dukungan memori eksternal bukanlah pilihan bijak.

Tips Membeli Smartphone Baru 2

Minimal, carilah smartphone yang dibekali memori internal 16GB dan mendukung memori eksternal, sehingga kamu lebih leluasa untuk menyimpan file multimedia dan aplikasi. Gak mau kan mati gaya gara-gara kehabisa ruang penyimpanan?

7. Layar

Layar kapasitif dengan teknologi IPS akan membuat mata kamu lebih nyaman selama menggunakannya, dibanding dengan layar kapasitif tanpa teknologi IPS. Makanya, usahakan mininal pilih smartphone yang telah mendukung teknologi IPS.

Tips Membeli Smartphone Baru 6

Selain jenis layar, perhatikan juga ukuran layar smartphone yang akan kamu beli. Jika kamu suka main game dan banyak menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan kerja atau personal, layar smartphone 5,5 inci adalah ukuran yang ideal. Tapi jika kamu adalah pengguna mobile yang suka menyimpan smartphone di saku dan sering ngetik dengan satu tangan, kenapa tidak pilih smartphone dengan ukuran layar 5 inci ke bawah?

8. Kamera

Diakui atau tidak, kamera smartphone sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan jaman sekarang. Bahkan pelaku fotografi profesional pun sudah banyak yang menggunakan smartphone untuk mengabadikan berbagai moment menarik di sekitarnya.

Tips Membeli Smartphone Baru 10

Meski resolusi kamera bukanlah patokan kualitas foto, tapi setidaknya jika memiliki kamera dengan resolusi besar kamu pun akan semakin percaya diri, bukan? Jika kamu suka selfie, coba tengok artikel Smartphone Selfie Terbaik dan Smartphone Selfie Sejutaan sebagai rekomendasi dari JalanTikus.

9. Kapasitas Baterai

Tips Membeli Smartphone Baru

Meski di JalanTikus kamu bisa menemukan banyak aplikasi penghemat baterai smartphone terbaik, tapi dalam tips membeli smartphone baru ini Jaka menegaskan agar kamu memperhatikan kapasitas baterai smartphone. Gak mau kan kalo lagi asyik-asyik main game tiba-tiba nongol alert battery low? Dan gak mau juga kan kalo kemana-mana harus nenteng power bank?

Aplikasi Penghemat Baterai Banner F824a
Biar Hemat Baterai!
Tanpa baterai, maka smartphone kamu tidak bisa digunakan apa-apa. Nah, untuk itu Jaka akan rekomendasikan 12 aplikasi penghemat baterai Android terbaik.
LIHAT ARTIKEL

10. Desain dan Material Body

Tips Membeli Smartphone Baru 3

Ingat, smartphone dengan bodi metal akan lebih nyaman dan kokoh dalam genggaman, serta lebih cepat dalam menghantarkan panas permukaan. Jangan asal pilih smartphone murah jika bodinya masih menggunakan material plastik yang ringkih ya!

11. Beli di Toko Terpercaya

Tips Membeli Smartphone Baru 8

Beberapa toko online biasanya masih memiliki promo bkhusus lebaran. Kamu bisa menggunakan momentum tersebut untuk mencari smartphone baru yang kamu idamkan. Tapi pastikan untuk membeli di toko yang memiliki reputasi baik. Jika mentok butuh cepat dan gak mau nunggu lama dengan belanja online, belilah di toko offline yang menyediakan jaminan dan terpercaya.

Itu dia 11 hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli smartphone baru dengan uang THR. Semoga tips membeli smartphone baru ini bisa memudahkan kamu dalam menemukan smartphone idaman ya.

Ingat, selalu sesuaikan dengan kebutuhan kamu jika hendak membeli smartphone baru!

ARTIKEL TERKAIT
Yang Penting Saat Beli Smartphone Baru

Bukan Harga Murah, Ini yang Lebih Penting Saat Membeli Smartphone!

Cara Membedakan Charger Asli Dan Palsu

5 Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Asli dan Palsu

5 Fakta Mengejutkan Tentang Bahaya Usb Type C

5 Fakta Mengejutkan Tentang Bahaya USB Type-C

Password Terlarang

Ini 7 Password yang Harus Dihindari Menurut Bill Gates

Alasan Harga Smartphone Samsung Mahal Banner

6 Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Selalu Mahal

APPS TERKAIT
Antutu Benchmark
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
Cpu Ram Device Identifier Icon1
CPU / RAM / DEVICE Identifier 8.5.0
Apps Davy Bartoloni
Aida64 Icon
AIDA64 1.45
Apps Devi
Geekbench Icon
Geekbench 3 3.4.1
Apps Primate Labs Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal