J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Padahal Canggih, Tapi 4 Teknologi Ini Paling Sering Jadi Sasaran Serangan Hacker

Padahal Canggih, Tapi 4 Teknologi Ini Paling Sering Jadi Sasaran Serangan Hacker

Jumat, 20 Okt 2017, 17:00 WIB
Kini kita bisa melihat sekaligus merasakannya bagaimana teknologi terus mengalami peningkatan, khususnya di bidang teknologi informasi. Nah, saking banyaknya inovasi teknologi informasi yang bermunculan rupanya menimbulkan berbagai ancaman

Kini kita bisa melihat sekaligus merasakannya bagaimana teknologi terus mengalami peningkatan, khususnya di bidang teknologi informasi. Nah, saking banyaknya inovasi teknologi informasi yang bermunculan rupanya menimbulkan berbagai ancaman, khususnya menyangkut keamanan siber.

Keamanan siber berperan sangat penting dalam melindungi kepentingan konsumen. Namun di balik itu ada ancaman yang menyertainya, yakni para kelompok hacker yang berusaha membobolnya. Motif mereka bermacam-macam, mulai dari pencurian data hingga yang paling parah adalah pencurian uang. Kali ini Jaka ingin membahas beberapa teknologi tersebut yang kerap jadi sasaran empuk serangan hacker. Apa sajakah itu? Yuk simak berikut ini.

BACA JUGA
  • 7 Alasan Kenapa Wajib Beli Starlight Mobile Legends Sekali Seumur Hidup
  • Murah! Cara Beli Starlight Member Mobile Legends Pakai Pulsa All Operator Terlengkap
  • 7 Hero Assassin Terkuat Mobile Legends Untuk Mencetak Savage

1. Mobile Banking dan Fintech

D5ef7b1b1b824bc9d722e436042c0103
Menurut Kepala Tim Riset Analisis Keamanan Kaspersky, Yury Namestnikov, mengatakan jika Mobile Banking dan Fintech adalah teknologi yang kerap menjadi sasaran sporadis serangan hacker. Hal ini karena keduanya merupakan sebuah teknologi yang tergolong baru. Sehingga belum memiliki sistem keamanan yang begitu mapan. Dan kebanyakan, industri perbankan-lah yang banyak menggunakan kedua teknologi ini.

Kemudian, ia menambahkan lagi bahwa industri perbankan khususnya di Asia masih sangat rentan sistem keamanan sibernya dan perhatian untuk kejahatan ini masih sangat rendah. Menurutnya, kerugian yang dapat ditaksir akibat serangan hacker ini dapat mencapai hingga lebih dari 10 juta Dollar Amerika, atau sekitar Rp 130 milyar.

2. Operator Seluler

E87a2885fbf212e8fc1e362a6081d68a
Semakin banyaknya orang yang mulai bergantung dengan aktivitas digital membuat para hacker juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengambil keuntungan. Sehingga tak hanya perbankan saja yang kini menjadi incaran, bahkan operator seluler juga turut mereka serang.

Hal ini ternyata diakui sendiri oleh Direktur dan SMO XL Axiata, Yessy Yoseta. Dia menuturkan bahwa setiap harinya terdapat lebih dari 500 serangan yang berasal dari pihak Anonim. Serangan itu selain menyerang touch point, mereka juga menyasar aplikasi yang langsung berhubungan dengan konsumen.

3. Akun Media Sosial

D81dd4f8c9ad0b7172b537dad5f35449
Selain dua teknologi yang telah disebut di atas, rupanya akun media sosial juga perlu diwaspadai dari serangan sporadis para hacker. Misalnya pada kasus serangan hacker di situs Yahoo yang sempat memuncaki populer post di beberapa media cetak dan digital.

Seperti yang dikutip dari situs Ubergizmo, situs tersebut mengatakan bahwa sebanyak tiga miliar akun Yahoo telah diretas oleh sekelompok hacker. Ada pula diberitakan jika terdapat lebih dari 500 akun selebritas Hollywod yang berhasil diretas dan dijual di dark web. Akibat serangan sporadis tersebut, kini para perusahaan pemilik layanan sosial media berbondong-bondong meningkatkan sistem keamanan siber mereka.

4. Situs Web Perusahaan

67382130eea5b269ab695c4a1ff2f579
Daftar teknologi terakhir yang kerap dijadikan aksi sporadis serangan hacker adalah situs web perusahaan. Meski ada banyak sekali situs web perusahaan yang bisa disebutkan di sini akibat ulah hacker, namun yang paling harus kita soroti adalah kasus serangan hacker yang menimpa perusahaan stasiun TV Kabel HBO.

Rupanya perusahaan tersebut mengalami aksi sporadis serangan hacker yang berhasil meretas situs web dan server perusahaan. Diketahui para kelompok hacker yang menyerang tersebut berhasil mencuri data hingga 1,5 TB.

Para hacker meminta tebusan sebesar 7,5 juta dollar Amerika atau mereka akan membocorkan data dan informasi yang berhasil mereka ambil ke internet. Namun karena tuntutan mereka tak dipenuhi, mereka akhirnya membocorkan sejumlah data penting, selain serial lengkap dari Game of Thrones, mereka juga membocorkan sejumlah data penting para pegawai termasuk data kesehatan dan perbankan mereka. Serem!

ARTIKEL TERKAIT
Charge Android

Waduh! 7 Hal Ini 90% Bisa Bikin Baterai Smartphone Meledak

Mozilla

5 Smartphone Gaming Murah Terbaik Mulai 900 Ribuan

Megaman1

Devil May Cry Adalah Kegagalan! 7 Fakta Menarik Tentang Game Ini Pasti Belum Kamu Ketahui

Whxnftitovpriwdw6ag6

Meski Keren dan Canggih, 8 Inovasi Unik Smartphone Ini Gagal Sukses di Pasaran

8dcabca99df3b314f40d36df280def6a

5 Video Game Terbaik Ini WAJIB Kamu Mainkan Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Ada Indonesia! 6 Negara Ini Punya Hacker Paling Ditakuti di Dunia

Ada Indonesia! 6 Negara Ini Punya Hacker Paling Ditakuti di Dunia

Nggak Keren Dan Bahaya! Ini Keuntungan Dan Kerugian Menjadi Hacker

Nggak Keren Dan Bahaya! Ini Keuntungan Dan Kerugian Menjadi Hacker

Inilah 5 Negara dengan Hacker Terkuat di Dunia!

Inilah 5 Negara dengan Hacker Terkuat di Dunia!

Inilah Tipe-Tipe Hacker di Dunia, Nomor 7 Paling Berbahaya!

Inilah Tipe-Tipe Hacker di Dunia, Nomor 7 Paling Berbahaya!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal