J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah Kesalahan Android yang Buat iPhone Laris Di Pasaran

Inilah Kesalahan Android yang Buat iPhone Laris Di Pasaran

Jumat, 24 Mar 2017, 11:30 WIB
Setiap sistem operasi memiliki ciri khas, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Kali ini, Jaka hanya akan membahas kelebihan dari sistem operasi iOS. SImak yuk!

Berbagai macam sistem operasi (operating system) smartphone yang beredar dan umum digunakan oleh masyarakat, yakni Android, iOS, hingga Windows pernah Jaka gunakan dan pastinya kawan-kawan sudah tidak asing lagi. iOs dengan kesan premiumnya, Android dengan kebebasan modifikasi dan pengaturannya, hingga Windows yang klasik dan satu ekosistem dengan sistem operasi komputer kebanyakan.

Ketiga sistem operasi tersebut memiliki ciri khas, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Namun dalam postingan kali ini Jaka hanya akan membahas kelebihan dari sistem operasi iOS yang dapat menjadi bahan pembelajaran bagi sistem operasi lainnya. Simak selengkapnya ya.

BACA JUGA
  • 7 Cara Menghemat Kuota Data iPhone dengan Beberapa Langkah
  • 7 Cara Menghemat Baterai iPhone dengan iOS 10
  • 9 Langkah Mudah untuk Hasilkan Foto Keren Menggunakan iPhone

Inilah 'Kesalahan' Android yang Buat iPhone Laris di Pasaran

Perbandingan Spesifikasi Hardware Dengan Ukuran Layar

Dia natra kamu pasti ada yang menyukai penggunaan smartphone dengan layar berukuran kecil (diagonal 4 - 4,6 inci) dibanding layar berukuran besar. Namun, kamu yang pemakai Android mungkin agak kesulitan mencari smartphone Android dengan layar yang kecil tapi diimbangi dengan spesifikasi hardware yang besar.

Spesifikasi yang Jaka maksud di sini adalah RAM (Random Acces Memmory), CPU (Central Processing Unit) baik pada jumlah inti maupun clock speed-nya, jumlah megapiksel kamera, dan kapasitas memori penyimpanan (internal memmory). Untuk iPhone, terdapat iphone 5s dengan spesifikasi yang kita tahu sudah lebih dari cukup untuk pemakaian sehari-hari. Kamera yang terkenal unggul di kelasnya, hingga pilihan memori internal yang mencapai 64 GB. Bahkan juga tersedia iPhone SE yang memiliki jeroan milik iPhone 6S, namun tetap dengan layar kecil 4 inci.

7167ffb1135c8bb197b66af2d95f0e05

Kita bandingkan dengan Android, tidak ada vendor yang memproduksi smartphone layar kecil dengan spesifikasi yang dapat mengungguli produk iPhone di atas, kecuali Sony Xperia X Compact. Layarnya 4,6 inci dan dibekali RAM 3 GB, prosesor hexa-core 1,4 GHz dan 1,8 GHz, serta kamera belakangnya yang beresolusi 23 MP. Sangat mumpuni dan terbaik di kelasnya, tapi dengan harga yang relatif mahal, yakni di kisaran Rp 5,7 juta.

D1dc3ad874ac4004984732d54f06f32c

Kerapian dan Ukuran Ikon Aplikasi

Siapa yang tidak suka dengan tampilan yang rapi? Soal kerapian tampilan home screen, menurut Jaka yang terbaik adalah iOS. Sejak dahulu hingga sekarang, iOS memiliki bentuk dan ukuran ikon aplikasi yang standar, tidak bermacam-macam. Bentuk yang selalu kotak melengkung di tepiannya, serta ukurannya yang serasi. Sangat rapi dan enak dilihat.

467f585bd6fc1deb04f2f14756dd2e6e

Sementara itu, tampilan Android terlalu bermacam-macam dan tidak simetris bentuknya. Dan ukurannya pun berbeda-beda, jadinya terkesan berantakan. Hingga pada Android Nougat pun soal ketidakrapian ikon ini belum juga mendapat perubahan.

3c72a492292af71d860ff799ae42644c

Pada Android ZenFone 4C ini, terlihat ada ikon yang berbentuk kotak, agak melengkung, ada yang kotak hampir bersudut, ada yang bulat, ada yang berbentuk tidak beraturan. Tentunya kesan yang ditimbulkan sangat berbeda kalau kamu perhatikan tampilan iPhone yang selalu rapi, kan?

7 Masalah Fatal Di Ios 10 Dan Cara Mengatasinya
7 Masalah iPhone dengan iOS 10 dan Cara Mengatasinya
Masalah yang sering di alami iphone dengan iOS 10 sering kali membuat geram para penggunanya. Beberapa cara mengatasinya akan jaka kasih tau di artikel ini, namun simak bug
LIHAT ARTIKEL

Notification Screen

Pada Android, layar pemberitahuan sangat minim fitur dan setiap notifikasi dari aplikasi hanya ditampilkan beberapa saja, seperti misalnya chat dari Line, like dari Instagram, email dari Gmail, dan lain-lain. Lihat gambar di bawah:

40f58ada02e146c42678ed10252fd58f

Untuk notifikasi Line, hanya menampilkan chat terakhir saja, bahkan tidak ada notifikasi yang detail tentang berapa pesan yang masuk, dari siapa saja, dan lain-lain.

Sedangkan di iOS, semua chat dari setiap aplikasi ditampilkan satu per satu dengan rapi dan berurutan sehingga enak dipandang. Kita juga jadi dapat mengintip isi pesan tersebut tanpa harus membaca chat dan menimbulkan tanda read . Lihat gambar di bawah:

672f99c5fb8d32658c29e6246c2b34d0

Gestur Navigasi Dalam Aplikasi

Android terlalu mengandalkan tombol navigasi yang ada di bawah layar untuk berbagai navigasi seperti home, back, dan recent apps. Walaupun ada in-app button untuk back seperti misalnya Whatsapp, tetapi tentu itu menyulitkan untuk penggunaan smartphone atau tablet yang layarnya sangat besar.

D0d6eb00ce1183d2bcd6148a91209367

Sangat sulit menggunakan tablet 7 inci (contoh di atas: Samsung Galaxy Tab 3) yang posisi tombol "back"-nya berada di ujung kiri atas layar.

Beberapa kelebihan iOS dalam navigasi antar tampilan dalam aplikasi adalah cubit 5 jari untuk kembali ke home screen, lalu swipe bagian kiri layar ke arah kanan untuk back , hingga swipe bagian bawah layar ke atas untuk menampilkan control panel. Fitur-fitur sepele tersebut terasa sangat penting dan memudahkan kita dalam penggunaan gadget sehari-hari.

E83df9910ffdeb27fc325c60bcb8abe2

iOS menaruh control panel agar bisa diakses dari bagian bawah layar sehingga walaupun kita menggunakan iPhone 7 berlayar lebar, tetap tidak sulit untuk mengakses control panel tersebut (cukup dengan ibu jari 1 tangan).

Nah, demikianlah pengalaman dan pengamatan Jaka dalam menggunakan kedua sistem operasi di atas. Semoga ulasan Jaka ini bisa bermanfaat bagi kamu ya. Oh iya, untuk kamu yang punya opini lain, boleh loh share di kolom komentar, siapa tahu ada OS lain yang menurut kamu lebih baik dari iOS?

ARTIKEL TERKAIT
Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Asus Zenbook 3

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih ASUS ZenBook 3

Jangan Asal Ini Cara Menggunakan Smartphone Dengan Bijak

Jangan Asal, Ini Cara Menggunakan Smartphone dengan Bijak!

Cara Install Update Android Nougat Pada Asus Zenfone 3 Secara Ota Manual

Cara Install Update Android Nougat ASUS Zenfone 3 Secara OTA dan Manual

Cara Main Mobile Legends Tanpa Lag Ed96a

Auto Win! Ini 7 Cara Mengatasi Lag di Mobile Legend

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
4 Fitur iPhone yang Selalu Diinginkan Oleh Pengguna Android

4 Fitur iPhone yang Selalu Diinginkan Oleh Pengguna Android

8 Alasan Kenapa Smartphone Android Lebih Baik dari iOS

8 Alasan Kenapa Smartphone Android Lebih Baik dari iOS

Walau Mahal, Ini 8 Alasan Orang Pilih iPhone Daripada Android!

Walau Mahal, Ini 8 Alasan Orang Pilih iPhone Daripada Android!

Ternyata iPhone Lebih Gampang Rusak Dari Android, Masih Mau Pakai iPhone?

Ternyata iPhone Lebih Gampang Rusak Dari Android, Masih Mau Pakai iPhone?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal