J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Smartphone Plastik vs Aluminium, Mana yang Lebih Tahan Panas?

Smartphone Plastik vs Aluminium, Mana yang Lebih Tahan Panas?

Kamis, 20 Agt 2015, 15:04 WIB
Beragam bahan dan material yang bisa bikin HP terasa panas. Cek di sini, apakah HP yang kamu gunakan menggunakan bahan yang bisa bikin cepat panas.

Masih terkait dengan seringnya pengguna smartphone yang mengeluhkan seputar smartphone-nya yang panas, kali ini kami akan menjabarkan informasi seputar bahan atau material smartphone. Seperti yang kita ketahui, produsen smartphone memiliki kebijakan masing-masing dalam pemilihan bahan apa yang akan digunakannya. Yuk, kenali beragam jenis bahan yang biasa digunakan pada smartphone dan bahan apa saja yang bisa menyebabkan smartphone jadi terasa panas. Berikut urutannya dari yang paling adem hingga paling panas di tangan.

1. Plastik

Galaxy V

Kebanyakan smartphone kelas entry atau menengah ke bawah menggunakan bahan plastik di sekujur bodinya. Bahan plastik selain murah juga lebih gampang diproduksi karena jumlahnya yang tidak terbatas dan mudah didapatkan. Risikonya, smartphone dengan bahan plastik jadi terlihat pasaran dan tidak mewah. Namun untuk urusan panas, smartphone dengan bahan plastik rata-rata tidak terlalu membuat tangan terasa panas karena material plastik itu sendiri bukan penghantar panas yang baik, sehingga panas dari dalam smartphone tidak seluruhnya tersalurkan dengan baik ke luar.

BACA JUGA
  • VIDEO: Apakah iPhone Dapat Digunakan Sebagai Bantalan Rem Mobil?

2. Polycarbonate

Polycarbonate

Banyak yang salah mengira dan membedakan antara plastik dan polycarbonate. Ya, keduanya memang mirip, terasa dan terlihat sama. Namun sebenarnya ada perbedaan cukup mencolok antara plastik dan polycarbonate. Bahan polycarbonate sejatinya terlihat lebih mengkilat (glossy) dan menarik. Polycarbonate juga lebih tahan terhadap goresan atau bahkan "percikan" api. Untuk urusan panas, bahan polycarbonate juga tidak terlalu baik dalam menghantarkan panas sehingga tangan kamu tak akan terlalu merasakan panas. Contoh hape yang menggunakan adalah:

[gadget]1516[/gadget] [gadget]1114[/gadget]

3. Kaca

Glass

Setelah plastik dan polycarbonate, selanjutnya ada bahan glass atau kaca. Dibanding plastik dan polycarbonate, bahan kaca lebih bisa menghantarkan panas. Beberapa smartphone yang kerap menggunakan material kaca adalah Sony Xperia Z Series. Maka tidak heran, smartphone tersebut bisa dengan mudah terasa panas di tangan karena memang dapat menghantarkan panas (membuang panas keluar bodi) lebih baik dibanding plastik dan polycarbonate.

4. Aluminium

Aluminum

Nah, di antara plastik, polycarbonate, kaca, dan aluminium, bahan yang paling mudah menghantarkan hawa panas adalah aluminium. Bahan ini lebih banyak digunakan oleh smartphone premium, seperti HTC One Series, Samsung Galaxy S6, Apple iPhone 6, dan yang lainnya. Maka dari itu, tak heran apabila smartphone-smartphone kelas atas tersebut terasa cepat panas di tangan. Bahan aluminium memang sengaja digunakan untuk bisa membuang panas dari dalam smartphone. Pasalnya, smartphone kelas atas pasti memiliki hardware kelas atas yang kencang dan mengeluarkan suhu panas lebih tinggi.

Artikel Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal