Android M Bikin Baterai HP jadi Lebih Irit

Default

Smartphone Android terkenal dengan konsumsi baterainya yang begitu boros. Tak heran memang, karena selain dari sistem operasinya itu sendiri yang butuh banyak resource, kebanyakan aplikasi Android dirancang untuk multi-platform. Contohnya seperti tablet, smartphone, maupun gadget lainnya dengan beragam spesifikasi.

Namun hal tersebut kini sudah sedikit teratasi. Melalui upgrade sistem operasi Android M, Google meningkatkan efisiensi konsumsi baterai menjadi hampir dua kali lebih baik. Saat diujicoba menggunakan perangkat Google Nexus 5, baterai perangkat yang menggunakan OS Android Lollipop 5.1 lebih boros dibanding perangkat yang sama dengan OS Android M.

Doze

Penyebabnya tak lain adalah fitur baru bernama Doze. Fitur ini dapat membuat perangkat "tertidur" atau dikenal dengan istilah deep sleep. Jadi, ketika tidak digunakan dalam waktu yang lama, perangkat dengan OS Android M bisa menghemat daya jauh lebih baik.

Dari pengujian yang dilakukan oleh PhoneArena, Google Nexus 5 dengan Android 5.1 memiliki ketahanan baterai hanya sekitar 200 jam saja dalam mode standby. Namun perangkat yang sama dengan OS Android M memiliki ketahanan baterai hingga 533 jam, hampir tiga kali lipat lebih lama.

Artikel Menarik Lainnya

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal