5 Akibat Mengerikan Jika Terlalu Lama Memakai Smartphone

13 August 2017

Chatting, foto-foto, eksis di media sosial, hingga bermain game keren bisa dilakukan di smartphone. Tak heran jika akhirnya banyak orang yang kecanduan banget sama smartphone miliknya. Apalagi sekarang banyak smartphone semakin canggih.

Meski demikian, bukan berarti kamu boleh sembarangan aja pake smartphone hingga lupa waktu. Soalnya kalo kamu kelamaan menggunakan smartphone bisa berbahaya loh! Nggak percaya? Berikut akibat memakai smartphone.

Akibat Memakai Smartphone

Emang sih smartphone itu udah diuji sedemikian rupa agar aman selama digunakan. Tapi segala yang berlebihan itu tidak baik, kan? Nah, jika kamu berlebihan menggunakan smartphone, bisa-bisa mengalami:

1. Mata Tegang

bahaya-terlalu-lama-menggunakan-smartphone

Saat keasyikan main game atau chatting, mata kamu pasti tidak terlepas dari layar smartphone. Nah, jika terus menerus menatap layar smartphone dalam waktu yang lama, mata kamu akan menjadi cepat lelah dan tegang. Bisa berakibat mengurangnya daya pandang kamu loh!

2. Insomnia

Tahukah kamu, cahaya dari layar smartphone mengeluarkan radiasi sinar biru yang berbahaya bagi mata? Selain membuat mata cepat lelah, dampak radiasi sinar biru ini juga membuat kamu jadi sering merasa gelisah.

bahaya-terlalu-lama-menggunakan-smartphone-2

Dampak lanjutan dari rasa gelisah ini bisa membuat kamu insomnia. Karena itu sebaiknya lindungi kesehatan kamu dengan tidak menggunakan smartphone terlalu lama di brightness yang tinggi.

3. Gangguan Tulang Belakang

Tahukah kamu, berat kepala manusia rata-rata adalag 4-5kg. Nah, jika kamu menggunakan smartphone dalam waktu yang lama sambil menunduk, tentu akan membuat tulang leher dan punggung kaku.

bahaya-terlalu-lama-menggunakan-smartphone-5

Nah, agar tulang belakang kamu gak kaku dan bungkuk, ada baiknya jangan terlalu menunduk saat menggunakan smartphone. Dan juga jangan terlalu lama menggunakan smartphone-nya ya!

Awas, Smartphone Bisa Bikin Bungkuk! Kok Bisa?
Jangan Jadi Generasi Nunduk!
Awas, Smartphone Bisa Bikin Bungkuk! Kok Bisa?
Baca

4. Penuaan Dini

bahaya-terlalu-lama-menggunakan-smartphone-3

Selain asap rokok, ahli ilmu penyakit kulit menyebutkan bahwa terlalu lama menunduk melihat smartphone juga menyebabkan penuaan dini. Alasannya kegiatan ini akan membuat kulit leher, bagian atas tulang leher dan rahang melorot hingga muncul kerutan dini.

5. Merasa Kesepian

Gak cuma memberikan dampak negatif bagi tubuh, terlalu lama menggunakan smartphone juga bisa memberikan dampak psikologis. Orang yang terlalu sering tenggelam dalam dunia maya di smartphone akan lebih mudah merasa kesepian.

bahaya-terlalu-lama-menggunakan-smartphone-4

Kenapa begitu? Soalnya penggunaan smartphone yang berlebihan ini akan membuat kamu mengacuhkan lingkungan sekitar. Dampaknya kamu bisa saja dijauhi teman-teman, hingga akhirnya sering mengalihkan perhatian ke media sosial.

Itulah akibat memakai smartphone yang berlebihan. Serem, kan? Makanya jangan keseringan tenggelam dalam dunia yang disajikan smartphone. Gunakan smartphone sesuai kebutuhan untuk membalas pesan, mencari informasi dan menghibur diri secara wajar aja.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar