J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Sepaham Apa Kamu Tentang Layar Smartphone? Coba Buktikan di Sini!

              Sepaham Apa Kamu Tentang Layar Smartphone? Coba Buktikan di Sini!

              00
              Selasa, 7 Feb 2017, 19:00 WIB
              Jaka akan memberikan pemahaman layar smartphone. Nah, kamu buktikan ya sehebat apa pengetahuanmu atau pemahaman kamu tentang layar smartphone.

              Semakin ke berkembangnya zaman, maka semakin banyak orang yang menggunakan smartphone. Bahkan, tidak sedikit orang yang beli smartphone flagship dengan banderol harga yang mahal. Tapi, apakah kamu benar-benar tahu soal smartphone?

              Mungkin jika diberikan pertanyaan seperti itu, banyak yang akan sok tahu. Maka dari itu, melalui artikel ini Jaka akan memberikan pemahaman layar smartphone. Nah, kamu buktikan ya sehebat apa pengetahuanmu atau pemahaman kamu tentang layar smartphone.

              BACA JUGA
              • Berapa Besar Kapasitas Baterai Smartphone yang Kita Butuhkan?
              • Seberapa Besar Sih Memori Internal yang Kamu Butuhkan Untuk Sebuah Smartphone?
              • Pilih Mana, Android dengan Baterai Removable atau Non-removable?

              Tentang Pemahaman Layar Smartphone

              1. Resolusi

              Layar Smartphone 1

              Sumber foto: Foto: AndroidPIT

              Kamu sering banget berdebat soal layar, apalagi soal resolusi layaknya orang benar. Memangnya kamu tahu perbedaan masing-masing resolusi? Begini brader, betul sekali jika semakin besar angka resolusi, maka kualitas semakin baik. Tapi, kamu juga harus mengerti apa maksud dari itu semua.

              Resolusi dan ukuran layar akan mempengaruhi seberapa besar kepadatan piksel atau Pixels Per Inch (PPI). Nah, jadi kalau smartphone kalian itu layarnya lebar tapi resolusinya rendah, dapat dipastikan kalau warna yang ditampilkan pada layar tersebut kurang bagus.

              2. Tren Resolusi

              Layar Smartphone 2

              Sumber foto: Foto: AndroidPIT

              Masih banyak smartphone murah dengan platform Android yang memiliki resolusi HD, bahkan jauh di bawah resolusi HD. Padahal, sudah banyak vendor yang menanamkan resolusi tinggi untuk membuat konsumen puas saat menatap layar.

              Dilihat dari data di poin pertama, resolusi 4K memang menjadi senjata utama jika ingin terlihat canggih. Tapi, baru ada Sony Xperia Z5 Premium saja yang punya resolusi layar seperti itu. Tapi untuk kualitas 2K, sudah banyak kok smartphone yang menyematkan itu, termasuk Samsung. Dan, 2K kini menjadi tren resolusi di beberapa vendor.

              3. Tipe Panel Layar

              Layar Smartphone 3

              Sumber foto: Foto: AndroidPIT

              Meski ukurannya sama, terus bentuknya banyak yang mirip, setiap smarpthone khususnya setiap vendor pasti menyematkan jenis atau tipe panel layar yang berbeda-beda. Misalkan, Samsung Galaxy S7 pakai Super AMOLED dan iPhone 7 pakai IPS LCD.

              Tipe panel sendiri ada LCD, OLED, AMOLED, Super AMOLED, TFT, IPS, dan ada yang menggabungkan kedua jenis panel ini seperti IPS-LCD. Nah, yang paling sering terdengar adalah IPS-LCD, OLED, AMOLED, dan Super AMOLED. Apa perbedaannya?

              4. Perbedaan OLED, AMOLED, dan Super AMOLED

              Layar Smartphone 4

              Sumber foto: Foto: AndroidPIT

              Brader, OLED sendiri singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Layar ini terdiri dari lembaran electroluminescent yang tipis. Manfaat utama dari bahan tersebut adalah menghasilkan cahaya sendiri, jadi tidak perlu backlight yang mana menghemat daya baterai.

              Kalau AMOLED, merupakan singkatan dari Active Matrix ditambah kepanjangan OLED. Layar OLED ini lebih sering disebut AMOLED jika ditanamkan pada smartphone atau TV. Sedangkan, Super AMOLED sendiri adalah nama yang diberikan oleh Samsung untuk disematkan pada model high-end saja.

              Super AMOLED sendiri merupakan inovasi dari AMOLED yang mengintegrasikan lapisan respon layar sentuh. Maka, Super AMOLED jauh lebih baik dalam menangani sinar matahari. Intinya, Super AMOLED itu versi yang lebih baik dari AMOLED.

              5. Jadi, Jenis Layar Apa yang Baik?

              Layar Smartphone 5

              Sumber foto: Foto: AndroidPIT

              AMOLED merupakan tipe layar yang diproduksi oleh Samsung, dan IPS LCD itu dibuat oleh LG. Jika mau membandingkan, mana yang lebih baik antara AMOLED dan IPS, apa jawabannya?

              Kedua jenis itu bagus brader, cuma beda fungsi saja. Kalau kamu itu merupakan orang yang aktif di luar ruangan, tampaknya jenis LCD itu cocok buat kamu. Tapi, kalau kamu orang yang suka banget sama kekayaan warna dan kontras yang tajam, maka AMOLED lah jawaban paling tepat untuk itu.

              Bagaimana, apakah kamu paham dengan artikel Jaka ini? Jangan lupa baca artikel seputar Smartphone dan tulisan menarik lainnya dari Jofinno Herian ya.

              APPS TERKAIT
              Noozxoide Eizo Rewire Pro Icon
              Noozxoide EIZO-rewire PRO 2.0.1.18
              Apps dogsbark
              Pdf Icon Icon
              Template Hologram 1
              Apps JalanTikus
              Ampere Icon Icon
              Ampere 2.13
              Apps Braintrapp
              Lcdretrolauncher Icon
              LCD Retro Theme 1.0.0
              Apps MyColorScreen
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal