Cara Menghapus File & Folder yang Tidak Bisa Dihapus (Windows & Android)

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 12 October 2020, 21:00
Begini cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di PC dan Android. Bisa juga menghapus folder yang tidak bisa dihapus! ⬇️

Butuh cara menghapus file/folder yang tidak bisa dihapus? Pas banget kamu datang ke sini, karena Jaka bakal bahas panduannya secara rinci dan lengkap.

Hal itu didasari pengalaman kita semua yang pernah menemukan file atau folder yang tidak bisa dihapus, baik di harddisk, flashdisk, atau bahkan memori internal smartphone Android. Pasti kesal banget!

Kebanyakan di antara kamu mungkin menyangka bahwa hal ini disebabkan oleh virus. Namun pada kenyataannya, nggak semua berasal dari situ, loh.

Nah, kali ini, Jaka bakal kasih beberapa tips cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, baik di Windows atau Android. Yuk, simak selengkapnya!

File Tidak Bisa Dihapus? Begini Solusinya

Dalam artikel ini, Jaka bakal jelaskan satu persatu secara rinci penyebab sekaligus cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di laptop, PC, maupun HP Android kamu.

Jaka juga akan jelaskan cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus, mengingat panduan ini juga cukup banyak dicari. Dijamin simpel dan gampang banget!

Mengapa Ada File yang Tidak Bisa Dihapus?

Seperti Jaka sudah sebutkan sebelumnya, nggak semua penyebab masalah ini adalah akibat ulah virus atau malware yang menyerang PC atau smartphone kamu.

ADVERTISEMENT

Nah, jika kamu cek dengan menggunakan berbagai aplikasi antivirus terbaik, mungkin saja tidak menemukan apa-apa alias PC, laptop atau smartphone kamu bersih.

Lalu kira-kira apa penyebab yang menjadikan file atau folder tidak bisa dihapus, ya?

Berikut Jaka sudah rangkum beberapa alasannya, sebelum kamu ikuti langkah-langkah yang bakal diulas lengkap di bawah ini, geng.

Lalu, bagaimana sih cara menghapus file yang tidak bisa di hapus ini? Penasaran? Kamu bisa simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, geng!

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

Salah satu cara termudah untuk menghapus file atau folder di Windows yang tidak bisa dihapus adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara menghapus file yang tidak bisa terhapus dengan CMD alias Command Prompt, walau cara ini terbilang agak cukup membingungkan sih.

1. Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus Via Software Unlocker

Pertama dan cara yang paling mudah, kamu bisa menggunakan software pihak ketiga bernama Unlocker untuk menghapus file atau folder membandel di PC atau laptop kamu.

Bagaimana caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Dijamin cara menghapus file di laptop ini efektif banget!

Langkah 1 - Download dan install Unlocker
Unlocker 1.9.2
Apps System Tuning Unlocker
DOWNLOAD
Langkah 2 - Install software

Sumber foto: JalanTikus (Di atas merupakan salah satu langkah cara menghapus file di komputer yang membandel menggunakan software Unlocker).

Langkah 3 - Pilih direktori penyimpanan
Langkah 4 - Pilih 'Install'
Langkah 5 - Klik 'Finish'
Langkah 6 - Pilih direktori tempat file berada

Sumber foto: JalanTikus (Kamu juga bisa pilih file di flashdisk untuk cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di flashdisk menggunakan software ini).

Langkah 7 - Pilih 'Delete'
Langkah 8 - Klik 'OK' untuk menyelesaikan

Perlu kamu tahu, langkah-langkah di atas bisa diterapkan di semua laptop atau PC dengan sistem operasi Windows, geng.

Jadi, kalau kamu mau tahu cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di Windows 7, 8, atau 10, kamu tinggal ikuti langkah dari Jaka di atas.

2. Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus dengan CMD

Kalau penggunaan software cleaner PC di atas masih belum ampuh untuk mengatasi cara menghapus file di komputer, Jaka punya alternatif lainnya yang bisa kamu coba nih.

Apalagi kalau bukan lewat program bawaan Windows yaitu Command Prompt (CMD).

Buat kamu yang malas install software tambahan dan lebih memilih cara menghapus file yang tidak bisa dihapus tanpa software, langkah-langkah berikut ini wajib kamu simak, ya!

Langkah 1 - Buka Command Prompt

Langkah 2 - Ubah direktori di CMD sesuai file berada

Langkah 3 - Buka folder tempat file berada

Langkah 4 - Hapus file

Sumber foto: JalanTikus (Jangan lupa tambahkan ekstensi file untuk cara menghapus file yang tidak bisa dihapus dengan CMD).

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Selain di PC atau laptop Windows, masalah ini juga terkadang kamu temui di smartphone Android kamu, geng. Tapi tenang, ada pula kok cara untuk mengatasinya.

Baik menggunakan aplikasi bawaan atau yang tersedia di Google Play Store, selengkapnya sudah Jaka ulas di bawah ini. Lalu, bagaimana cara menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus di Android? Berikut panduannya!

1. Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus Via Aplikasi Bawaan

Sistem operasi Android memang dibekali dengan berbagai fitur bermanfaat. Nah, di sini Jaka bakal menggunakan aplikasi bawaan untuk menghapus file di HP Android.

Oh ya, Jaka menggunakan smartphone berbasis Android One, alias sistem operasi murni, ya. Untuk kustomisasi Android lainnya (seperti MIUI, FunTouch OS, dll) tinggal mengikuti deh.

Langkah 1 - Buka menu 'Pengaturan'
Langkah 2 - Konfirmasi untuk kosongkan file sampah
Files Go by Google: Free Up Space On Your Phone 1.0.177260766
Apps Productivity Google LLC
DOWNLOAD

Sumber foto: JalanTikus (Jangan lupa tap 'Hapus' untuk menyelesaikan cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android menggunakan Files Go).

Langkah 3 - Tunggu hingga proses selesai

2. Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus Via SD Card Cleaner

Jika cara menggunakan Files GO masih kurang manjur untuk cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android, kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi cleaner Android lainnya bernama SD Card Cleaner.

Selain bisa membersihkan kartu microSD eksternal, aplikasi ini juga ampuh untuk menghapus file atau folder di penyimpanan internal loh.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Berikut selengkapnya sudah Jaka ulas, guys.

Langkah 1 - Install aplikasi SD Card Cleaner
SD Card Cleaner 3.1.1
Apps
DOWNLOAD
Langkah 2 - Pilih 'Start'
Langkah 3 - Berikan izin
Langkah 4 - Pilih file atau folder yang akan dihapus
Langkah 5 - Konfirmasi untuk menghapus file

Sumber foto: JalanTikus (Kamu bisa gunakan SD Card Cleaner untuk cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memory card Android).

Cara Menghapus File di Google Drive yang Tidak Bisa Dihapus

Dalam beberapa kasus, Jaka menemukan bukti bahwa file ataupun folder yang ditaruh di Google Drive tidak bisa dihapus.

Padahal, cara menghapus file di Drive jauh lebih simpel dan gampang untuk diikuti. Lalu kira-kira kenapa file atau folder di Google Drive nggak bisa dihapus? Ada beberapa faktor.

Pertama, kemungkinan besar file tersebut sedang kamu buka di tab atau folder lainnya. Kedua, file atau folder tersebut sedang dikaitkan dengan akun Google Drive lain. Mau nggak mau, permasalahan ini harus diselesaikan dulu.

Pastikan file atau foldermu tidak dibuka di tab lain, dan pastikan juga nggak dikaitkan dengan akun Drive orang lain. Kalau sudah, begini cara menghapusnya!

Langkah 1: Buka Google Drive, lalu pilih file atau folder yang hendak dihapus.

Langkah 2: Klik kanan file atau folder tersebut, kemudian pilih Remove/Hapus.

Selesai! File akan langsung kembali ke Bin atau tempat sampah di Google Drive. Harus diingat, file atau folder tersebut bakal terhapus selama-lamanya jika sudah berada di Drive Bin selama 30 hari.

Bonus: Rekomendasi Aplikasi Pembersih HP Android (Anti Lemot)

Nggak hanya SD Card Cleaner saja yang ampuh dalam membersihkan HP Android kamu, baik dari file atau folder sampah atau yang sulit terhapus sekalipun.

Ada pula beberapa rekomendasi aplikasi pembersih HP Android yang sudah tentu dapat membersihkan sekaligus meningkatkan performa, loh. Apa saja?

1. CCleaner

Selain tersedia untuk PC atau laptop Windows, CCleaner kini juga tersedia di smartphone Android.

Bukan hanya untuk membersihkan memori saja, CCleaner juga akan melakukan optimalisasi history pada aplikasi browser kesayangan kamu, geng.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk memantau sistem mulai dari penggunaan CPU, RAM, hingga baterai dan suhu. Dengan begitu, performa smartphone kamu pun akan selalu optimal.

Detail CCleaner
Developer Piriform
OS Minimal Android 4.1+
Ukuran 21MB
Rating (Google Play) 4.5/5.0

Download CCleaner pada tautan di bawah ini:

CCleaner for Android 1.18.69
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

2. Clean Master

Kemudian ada Clean Master yang menjamin HP Android terbebas dari cache, file sampah, history pencarian yang mengganggu hingga aplikasi yang sulit di-uninstall.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah History Eraser yang akan menghapus dan menghilangkan file residual dengan mudah, dengan sekali tap saja!

Kalau kamu mau doenload aplikasi ini, linknya sudah Jaka sediakan di bawah ya, geng!

Detail Clean Master
Developer Cheetah Mobile
OS Minimal Android 4.0.3+
Ukuran Bervariasi tiap perangkat
Rating (Google Play) 4.7/5.0

Download Clean Master pada tautan di bawah ini:

Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cleaning & Tweaking Cheetah Mobile Inc
DOWNLOAD

Aplikasi Pembersih Android Lainnya...

Nah, untuk daftar selengkapnya mengenai aplikasi pembersih HP Android, selain CCleaner dan Clean Master, kamu bisa baca selengkapnya pada artikel berikut:

10 Aplikasi Pembersih RAM Android Dan PC Terbaik, Anti Lag!
HP kamu mendadak lemot? Mungkin kamu butuh aplikasi pembersih RAM yang bisa membuat enteng kinerja HP kamu, Cek rekomendasi aplikasinya di artikel ini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah dia beberapa cara menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus baik di Windows atau Android, geng.

Jika kamu mengikutinya secara seksama, pasti kamu berhasil melakukannya, deh. Jika memang file atau folder masih sulit terhapus bisa jadi memang akibat virus.

Di sini kamu bisa langsung melakukan scanning dengan aplikasi antivirus yang paling update. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT

6 Cara Masuk WiFi Gratis Tanpa Password di HP Android, Langsung Konek!

Cara Merekam Video Call WhatsApp dengan Mudah | 100% Works!

11 Cara Download Video YouTube di Android, iPhone, & PC, Bisa Tanpa Aplikasi!

4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android, 100% Berhasil!

9 Cara Download Lagu di iPhone Terlengkap 2023, Dijamin Legal dan Aman!

Kembali Keatas