4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android, 100% Berhasil!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 30 November 2020, 07:00
Cara mengembalikan file yang terhapus di HP Android ternyata mudah loh! Ini cara mudah mengembalikan file yang terhapus permanen.

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android bukan lagi suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Dengan beberapa langkah saja, file penting ini bisa kembali ke HP kamu.

Smartphone kini sudah jadi tempat penyimpanan file yang sangat bisa diandalkan. Mulai dari foto, video, hingga dokumen bisa disimpan dalam perangkat ini.

Sayangnya, file yang disimpan di HP bisa saja terhapus secara nggak sengaja karena kelalaian diri sendiri. Kalau sampai terhapus, kamu pun akan kesal sendiri.

Tapi, nggak usah khawatir, geng, sebab Jaka punya solusinya. Selain cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP, kamu juga bisa mengembalikan foto dan lain-lain, lho.

Kumpulan Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android (Update 2020)

Ketika suatu file di Android terhapus dari sistem penyimpanan, sebetulnya masih ada jejak-jejak berhubungan dengan file tersebut yang bisa ditarik kembali.

Dengan bantuan program khusus data-data ini bisa dikembalikan lagi ke handphone kamu dalam keadaan sama persis seperti sebelum dihapus.

Terdapat beberapa alternatif cara mengembalikan file yang terhapus di HP yang bisa kamu lakukan, dan setiap cara ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

ADVERTISEMENT

Berikut Jaka bagikan tips mengenai cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android. Tentunya, cara ini bisa dilakukan tanpa root.

1. Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Recuva File Recovery

Pertama, Jaka akan menjelaskan cara mengembalikan data yang terhapus di Android dengan PC. Di sini, kamu akan membutuhkan software bernama Recuva File Recovery.

Software yang satu ini bisa dikenal sebagai salah satu software recovery terbaik yang bisa kamu dapatkan saat ini, dan software ini pun bisa digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di Android.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di HP Android dengan Recuva.

Recuva 1.5.3
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

Gimana? Mudah, kan? Cara ini terbilang simple karena kamu hanya membutuhkan beberapa klik saja. Kamu juga bisa memilih jenis file yang terhapus dan ingin dikembalikan.

Kerennya lagi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop atau PC. Bermanfaat banget, kan, geng?

2. Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Wondershare Dr.Fone

Cara mengembalikan file yang terhapus di HP juga bisa kamu lakukan dengan mudah melalui PC atau laptop menggunakan software Wondershare Dr.Fone.

Software yang satu ini dirancang khusus untuk mengorganisasikan data yang ada di handphone kamu, termasuk untuk mengembalikan data yang terhapus secara permanen.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti dalam cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android menggunakan Wondershare Dr.Fone.

dr.fone - Recovery & Transfer wirelessly & Backup Terbaru
Apps Utilities
DOWNLOAD

Selain untuk mengembalikan file yang terhapus di Android, Wondershare MobileTrans juga merupakan salah satu aplikasi backup data Android terbaik, geng.

Wondershare Dr.Fone berguna ketika kamu akan mengganti HP dengan yang baru. Kamu pun bisa melakukan backup dan restore data melalui aplikasi ini.

3. Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan MobiKin Doctor

Selanjutnya ada cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal Android melalui PC dengan menggunakan software bernama MobiKin Doctor.

Program yang satu ini dirancang khusus untuk menjaga keamanan data yang ada di dalam handphone kamu, dan salah satunya dengan menyajikan opsi recovery data.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk bisa mengembalikan data terhapus dari HP Android dalam keadaan semula dengan MobiKin Doctor.

Mobikin Doctor Android - FIle Recovery 2019
Apps Utilities Mobikin
DOWNLOAD

Penggunaan aplikasi ini terbilang sangat mudah dan proses pengembalian datanya pun cukup cepat. Selain itu, file yang dikembalikan pun dijamin aman dan nggak rusak.

Cara ini juga memungkinkanmu untuk mengembalikan foto yang terhapus dari HP tanpa perlu ribet atau bahkan melakukan root. Praktis, kan?

4. Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Aplikasi Recycle Bin

Selain melalui PC, ada juga cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa PC maupun laptop. Di sini, kamu akan membutuhkan aplikasi pengelolaan sampah atau recycle bin.

Dengan adanya recycle bin rekaan di dalam handphone kamu, resiko kehilangan data akan menjadi sangat kecil dan apabila hilang kemungkinan untuk dikembalikannya lagi menjadi lebih besar.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi recycle bin yang bisa kamu install dan gunakan secara gratis di HP Android, geng.

1. Dumpster - Recycle Bin, Cara mengembalikan File yang Terhapus di HP dengan Recycle Bin

Dumpster adalah aplikasi yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store secara gratis. Aplikasi ini berguna untuk membuat semacam recycle bin seperti yang biasanya ada di komputer.

Jadi, kapanpun kamu nggak sengaja menghapus foto, video, atau file berharga lainnya, kamu bisa langsung mengembailkannya karena file itu masih tertampung di aplikasi ini.

Bukan hanya foto dan video saja, Dumpster bahkan memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan aplikasi yang pernah terinstal di HP tersebut jika masih ada di rycle bin buatannya.

Keterangan Dumpster - Recycle Bin
Developer Baloota
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.1 (340.610)
Ukuran 15MB
Instal 10.000.000+
Android Minimum 4.1

Download Dumpster - Recycle Bin melalui tautan di bawah ini!

Restore Deleted Photos by Dumpster 2.33.348.3e64
Apps Productivity Baloota
DOWNLOAD

2. ES File Explorer

Sedikit berbeda dari Dumpster, ES File Explorer sejatinya adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengatur dan merapikan file di HP Android milikmu, geng.

Tapi, aplikasi ini juga punya salah satu fitur serupa recycle bin sehingga memungkinkan file yang terhapus untuk bisa dikembalikan dengan cepat dan mudah.

Hasil dari file yang dikembalikan dari program ini pun terbilang cukup baik, dan masih bisa kamu gunakan seperti sedia kala lagi.

Keterangan ES File Explorer
Developer Intro Maker Stone
Ulasan (Jumlah Pengulas) 3.0 (1.479)
Ukuran 11MB
Instal 1.000.000+
Android Minimum 4.1

Download ES File Explorer melalui tautan di bawah ini!

ES File Explorer File Manager 4.2.1.9
Apps Productivity ES APP Group
DOWNLOAD

Rekomendasi Aplikasi Recycle Bin untuk Android

Selain dua aplikasi tadi, Jaka juga masih punya beberapa rekomendasi aplikasi recycle bin untuk HP Android. Kamu bisa cek selengkapnya di artikel berikut ini.

7 Aplikasi Recycle Bin Terbaik Untuk Android | Gratis Tanpa Root!
Lagi cari aplikasi recycle bin terbaik untuk HP Android? Berikut adalah rekomendasi 7 aplikasi recycle bin Android terbaik 2019.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu tadi cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root. File berharga yang nggak sengaja terhapus secara permanen bisa kamu miliki kembali dengan cara tadi.

Dengan begitu, kamu nggak perlu panik saat file tersebut nggak sengaja terhapus karena kamu bisa mengembalikannya dengan sangat mudah dan cepat, geng.

Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android, iPhone, & PC Terlengkap

Cara Backup Data Paling Mudah dan Cepat untuk Android & PC | Aman dan Gratis!

Inilah 6 Situs Penyedia Fitur Backup Data Terbaik Gratis 2019 | Data Tetap Aman!

10 Software Recovery Data Terbaik 2021 | Bisa Kembalikan Data yang Terhapus!

15 Aplikasi Game Booster Terbaik Android 2021, Gaming Anti Ngelag Lancar Jaya!

3 Cara Mengenkripsi File di Memori Eksternal, Dijamin Aman!

undefined
Kembali Keatas