Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android, iPhone, & PC Terlengkap

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 13 April 2022, 14:00
Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP dan laptop ternyata gak sesulit yang kamu bayangkan. Simak tutorial cara memulihkan foto yang terhapus di sini!

Cara mengembalikan foto yang terhapus pastinya jadi informasi penting buat kamu yang hobi foto-foto dan menyimpannya di galeri HP. Mengingat aktivitas menyimpan foto atau gambar di HP merupakan cara pengguna untuk mengabadikan kenangan indah.

Sayangnya, terkadang foto tersebut bisa saja nggak sengaja terhapus saat membersihkan galeri. Apalagi, nggak semua HP memiliki kapasitas memori yang jumbo. Lantaran itulah kita jadi menghapus foto-foto lama supaya nggak kepenuhan.

Meskipun begitu, menghapus foto terkadang bikin kita menyesal karena kenangan nggak akan bisa terulang. Hanya dengan melihat foto tersebut kita bisa mengobati rindu terhadap kegiatan yang terjadi di dalamnya.

Tapi, tenang saja, kamu masih bisa mengembalikan foto yang terhapus itu, lho, geng. Jaka bakalan bagikan cara mengembalikan foto yang terhapus di berbagai perangkat, mulai dari Android, iPhone, dan PC. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Mudah

Sumber foto: Makeuseof

Sebenarnya, foto yang kamu hapus dari galeri nggak akan langsung hilang dari HP maupun laptop/PC. Terdapat folder penyimpanan sementara yang bakal menampung foto yang telah kamu hapus itu.

Namun, jika kamu telah melakukan pembersihan memori sebanyak lebih dari 1 kali atau membersihkan Recycle Bin, foto bakalan hilang secara permanen.

Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mengembalikan foto yang terhapus itu. Daripada menunggu lama, langsung saja cari tahu caranya di bawah!

ADVERTISEMENT

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Sumber foto: Unplash

Pertama-tama, Jaka akan membagikan cara mengembalikan foto yang terhapus di Android. Cara ini tergolong simple dan mudah untuk kamu lakukan.

Tenang, kamu nggak perlu melakukan root pada Android-mu untuk mengembalikan foto yang telah terhapus.

Yang kamu butuhkan hanyalah aplikasi yang tersedia gratis di Play Store maupun di toko aplikasi lainnya. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan Google Photos, lho!

Nah, buat kamu yang penasaran cara mengembalikan foto yang terhapus di HP vivo, Xiaomi, Samsung, atau merek HP Android lainnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Menggunakan Aplikasi Pengembali Foto

Buat kamu yang suka menggunakan aplikasi galeri lain alias nggak menggunakan Google Photos, sejatinya banyak aplikasi alternatif untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Salah satunya adalah aplikasi Dumpster. Aplikasi mengembalikan foto yang terhapus ini kualitasnya cukup baik.

Lalu gimana cara mengembalikan foto yang terhapus menggunakan Dumpster? Cukup ikuti langkah demi langkah mudah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Dumpster
Restore Deleted Photos by Dumpster 2.33.348.3e64
Apps Productivity Baloota
DOWNLOAD
  1. Ketuk ikon tiga garis
  1. Pilih foto yang akan dikembalikan (restore)
  1. Pilih 'Restore to Gallery

Selain Dumpster dan aplikasi Android lain yang juga tersedia di Play Store, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi atau software lain di perangkat PC. Salah satunya adalah Wondershare Dr.Fone.

2. Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Menggunakan Google Photos

Google Photos adalah salah satu aplikasi bawaan dari Google yang berfungsi untuk manajemen file berupa foto dan video yang banyak digunakan pengguna smartphone Android.

Aplikasi yang satu ini punya berbagai keunggulan, salah satunya menyimpan ribuan foto dan juga bisa digunakan sebagai alternatif cara mengembalikan foto yang hilang di galeri.

Dengan kata lain, kamu bisa mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah di aplikasi ini. Caranya? Cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih ikon tiga garis
  1. Pilih menu 'Trash'
  1. Pilih foto yang akan di-restore
  1. Restore foto

Itu dia cara mengembalikan foto ke galeri dari Google Foto, geng.

Sayangnya, langkah-langkah di atas nggak berlaku buat kamu yang ingin cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di Google Foto (Google Photos), geng.

3. Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan Google Photos atau aplikasi tambahan, kamu juga tentunya bisa melakukan cara mengembalikan foto yang terhapus tanpa aplikasi di Android.

Pasalnya, saat ini hampir semua HP Android sudah dibekali dengan fitur Recycle Bin yang biasa kamu temukan di laptop.

Sebagai contoh, di sini Jaka akan melakukan cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi tanpa aplikasi. Kamu juga bisa mempraktikkannya di merek HP Android lain, ya!

  1. Buka Galeri
  1. Pilih foto yang akan direstore

Oh ya, kalau kamu mau tahu lebih lanjut tentang cara restore file di Android, kamu bisa baca artikel Jaka berikut: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android, 100% Berhasil!
Cara mengembalikan file yang terhapus di HP Android ternyata mudah loh! Ini cara mudah mengembalikan file yang terhapus permanen.
LIHAT ARTIKEL

4. Menggunakan Aplikasi Deleted Photo Recovery

Sumber foto: Play Store

Selain menggunakan aplikasi Dumpster di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain bernama Deleted Photo Recovery, geng. Jangan khawatir memori penyimpananmu jebol, aplikasi ini terbilang ringan dan ramah buat HP Android spek standar.

Cara menggunakannya juga mudah banget. Cuma instal di perangkat saja, maka aplikasi ini bisa kamu gunakannya buat mendapatkan foto-foto yang telah terhapus.

>>> Download Deleted Photo Recovery <<<

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Sumber foto: Liputan6

HP iPhone memang terkenal akan kualitas jepretan fotonya yang beresolusi tinggi, namun memiliki ukuran yang cukup memakan memori.

Nggak jarang, orang-orang banyak yang secara sengaja ataupun nggak sengaja menghapus foto-foto penting di iPhone supaya jadi lebih luas. Maka, kalau kamu pengen tahu cara mengembalikan foto yang terhapus di HP iPhone, ikuti caranya di bawah.

1. Menggunakan Fitur Recently Deleted

Seperti yang Jaka bilang sebelumnya, foto yang kau hapus nggak akan langsung hilang dari memori HP melainkan disimpan sementara di folder khusus.

iPhone memiliki folder bernama Recently Deleted yang menyimpan data-data yang dihapus tersebut. Kamu bisa memanfaatkan folder ini untuk mengembalikan foto.

Berikut adalah cara mengembalikan foto yang hilang di galeri iPhone:

  1. Buka folder 'Recently Deleted'
  1. Pilih foto yang akan dikembalikan

Nah, kalau kamu sedang mencari cara mengembalikan foto yang terhapus tanpa aplikasi di HP iPhone, kamu bisa coba langkah-langkah di atas, geng.

2. Menggunakan Software

Kalau foto yang ingin kamu kembalikan ternyata sudah terhapus secara permanen dari iPhone, kamu bisa memanfaatkan beberapa software di PC kamu.

Salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi iBackup Extractor.

Penggunaan aplikasi mengembalikan foto yang terhapus ini cukup mudah. Kamu bisa langsung download aplikasi tersebut melalui link berikut:

iBackup Extractor 3.17.0.0
Apps Utilities Wide Angle Software
DOWNLOAD

Perlu diingat, untuk menggunakan cara ini, kamu harus terlebih dahulu memiliki file backup yang berisikan foto yang telah kamu hapus sebelumnya.

Namun, metode ini bakal menimpa semua file di iPhone kamu. Semua file baru yang ada setelah backup tersebut bakalan hilang dari iPhone kamu.

Berikut ini adalah langkah-langkah terperinci yang harus kamu ikuti:

  1. Download dan install software
  1. Sambungkan iPhone
  1. Pilih tab 'Photos'

3. Melalui iTunes

Sama seperti cara di atas, kamu bakal mengandalkan backup dari iPhone kamu yang telah tersimpan di iTunes. Metode ini juga bakal menimpa data-data yang baru kamu simpan.

Di sini kamu bisa manfaatkan iTunes sebagai cara mengembalikan foto yang hilang di galeri, dan hasilnya pun cukup bisa diandalkan.

Berikut adalah cara mengembalikan foto yang sudah dihapus di iPhone melalui iTunes:

  1. Sambungkan iPhone ke laptop
  1. Pilih 'Restore Backup'
  1. Tungguu proses selesai

4. Melalui iCloud

Selain melalui iTunes, kamu juga bisa mengembalikan foto yang terhapus di iPhone dengan memanfaatkan fitur backup via akun iCloud.

Fitur yang terdapat di dalam iCloud ini memungkinkan kamu untuk mengambil kembali foto yang sempat terhapus baik disengaja ataupun nggak disengaja.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan foto yang sempat terhapus melalui iCloud.

    • Reset iPhone
  1. Pilih 'Restore from iCloud Backup'
  1. Pilih file foto yang ingin dikembalikan

5. Menggunakan Aplikasi EasesUS MobiSaver

Mau mendapatkan foto terhapus di iPhone menggunakan aplikasi tambahan? Kalau begitu, kamu bisa menggunakan aplikasi canggih buat mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP iPhone tersebut, geng.

Kamu dapat menggunakan aplikasi EasesUS MobiSaver dengan mengunduhnya di Apps Store. Aplikasi ini bisa membantumu memulihkan berbagai data, seperti foto, kontak telepon, video, film, dan pesan yang telah dihapus.

>>> Download EasesUS MobiSave <<<

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di PC/Laptop

Sumber foto: hippopx

Selain di HP, masalah kehilangan foto juga sering dialami pengguna yang menyimpan foto-fotonya di PC atau laptop. Tapi, nggak perlu khawatir karena Jaka juga akan kasih cara mudah mengembalikannya di PC/laptop.

Foto yang sudah terhapus masih bisa dikembalikan lagi asalkan masih memenuhi kriteria-kriteria tertentu.

Ada empat metode yang bisa kamu lakukan dan tergolong mudah untuk mengembalikan foto kesayanganmu. Seperti apa? Berikut adalah keempat caranya:

1. Memeriksa Recycle Bin

Cara pertama ini sudah pasti kamu ketahui. Tapi untuk lebih memastikan, hal pertama yang harus kamu periksa ketika ingin mengembalikan foto terhapus adalah Recycle Bin.

Ya, 'tempat sampah' yang ada di komputer atau laptop ini jadi tempat pembuangan sementara file yang pernah dihapus penggunanya.

Otomatis, foto-foto yang pernah atau nggak sengaja kamu hapus masih tersimpan di sini.

Dengan mengakses folder yang satu ini, kamu bisa mengembalikan foto terhapus agar muncul kembali ke ruang penyimpanan dan bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

Caranya adalah dengan memilih foto yang hendak dikembalikan, klik kanan pada mouse lalu pilih Restore. Foto kemudian akan otomatis kembali ke perangkat PC/laptop.

2. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Kamu sudah memeriksa dan nggak menemukan foto yang kamu maksud di Recycle Bin? Jangan khawatir! Masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menemukan foto yang kamu cari.

Kamu cukup tuju folder terakhir tempat foto berada sebelum dihapus. Klik kanan pada mouse lalu pilih Restore Previous Versions.

Akan muncul folder tempat di mana tempat foto terakhir berada dan bisa kamu restore untuk mengembalikannya.

3. Menggunakan Software Khusus

Jika fitur-fitur bawaan yang ada di atas belum cukup "nendang" untuk melakukan cara memulihkan foto yang terhapus , kamu bisa mencoba berbagai software khusus yang bisa membantu kamu mengembalikan foto.

Berikut Jaka kasih rekomendasi beberapa software yang bisa kamu coba:

Minitool Power Data Recovery 8.7
Apps Utilities Minitool
DOWNLOAD
Recuva 1.5.3
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD
Wise Data Recovery 5.1.3.331
Apps Productivity WiseCleaner.com
DOWNLOAD
PC Inspector File Recovery 4.0
Apps Cleaning & Tweaking Convar
DOWNLOAD

4. Melindungi Data (Foto)

Mencegah lebih baik dari mengobati. Ungkapan itu cocok untuk menggambarkan cara yang satu ini. Ya, jika nggak ingin kehilangan foto penting, lakukan back up data lebih dulu.

Salin foto-foto tersebut ke perangkat lain selain PC atau laptop yang kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan.

Dengan begitu, jika foto di PC/laptop hilang, kamu bisa menyalin kembali foto yang sudah kamu simpan di perangkat lain.

Akhir Kata

Itulah dia pembahasan lengkap mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus terlengkap 2022, baik di HP Android, iPhone, PC dari Jaka, geng. Berkat aplikasi ini, kamu pun bisa mengembalikan foto penting kapan aja tanpa harus root smartphone kesayangan atau melakukan coding tingkat dewa.

Semoga cara yang Jaka spill bermanfaat, ya. Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

22 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Terbaru 2022, Hasil Foto Bak Selebgram!

5 Aplikasi Edit Foto Kekinian Terbaik yang WAJIB Digunakan!

10 Aplikasi Bingkai Foto Terbaik 2021, Foto di IG Makin Keren!

25 Aplikasi Kamera yang Bisa Mengubah Android Secanggih DSLR

7 Aplikasi Keren untuk Membuat Foto 3D di Android

undefined
Kembali Keatas