Cara Mengamankan Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 26 December 2015, 00:01
Menyebalkan bukan jika ada yang memainkan Android kamu? Apalagi jika dipegang oleh orang yang iseng atau jahat. Maka dari itu, Jaka akan memberikan tips untuk mengamankan Android kamu tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Siapa di sini yang tidak takut data-data di Androidnya diketahui oleh orang lain? Semua orang pasti punya data pribadi yang ingin dilindungi. Untuk itulah membuat Android seaman mungkin sangatlah penting. Setelah sebelumnya Jaka memberitahukan cara membuat kunci pola Android yang aman, sekarang giliran Jaka memberikan cara mengamankan Android tanpa aplikasi tambahan.

BACA JUGA

    Selain mengunci Android kamu menggunakan password, PIN, ataupun kunci pola, kamu harus menambahkan perlindungan lain agar untuk membuat Android kamu super aman. Beruntunglah jika kamu menggunakan Android Lollipop, karena Google telah meningkatkan kualitas keamanan demi melindungi privasi pengguna Android, sehingga kamu tidak perlu repot-repot menambahkan aplikasi tambahan.

    Amankan Data di Android Kamu Tanpa Aplikasi Tambahan

    Selain memperkenalkan material desain, pada Android Lollipop 5.0, Google juga memperkenalkan sistem keamanan yang disebut Smart Lock. Smart Lock merupakan tingkat keamanan lanjutan dari Google yang didesain lebih pintar dan memudahkan pengguna mengakses Android miliknya. Nah, Smart Lock inilah yang akan mengamankan Android kamu tanpa aplikasi tambahan.

    Smart Lock, Lebih Pintar dan Lebih Aman

    Smart Lock hanya tersedia bagi perangkat Android Lollipop, itu artinya kamu yang menggunakan Android KitKat atau sebelumnya tidak akan mendapati fitur ini. Jaka jamin fitur Android Lollipop lebih baik dan lebih lengkap deh dari Android KitKat. Jadi buat kamu yang masih belum update ke Android Lollipop, ayo buruan update biar bisa mencoba fitur Smart Lock.

    Fitur Smart Lock bisa ditemukan di menu Settings - Security - Smart Lock. Hanya saja karena merupakan sistem keamanan lanjutan, ada langkah dasar yang harus diperhatikan untuk mengaktifkan fitur Smart Lock Ini. Untuk bisa menggunakan Smart Lock, kamu harus mengatur kunci Android kamu antara kunci pola, PIN, atau password. Setelah memilih salah satu kunci tersebut, maka fitur unlock secara otomatis akan aktif.

    Jika Smart Lock juga aktif, selanjutnya adalah memberikan akses terpercaya pada Smart Lock. Pemberian akses ini diberikan lewat menu Settings - Security - Trusted Agent. Lalu buat enable pada bagian Smart Lock (Google). Jika sudah, maka tahap persiapan sudah selesai, dan kamu siap mengamankan Android kamu.

    Cara Menggunakan Smart Lock

    Karena semua tahap persiapan sudah selesai, selanjutnya tinggal mengunakan fitur Smart Lock untuk mengamankan Android milikmu. Silakan buka menu Smart Lock, lalu masukan password atau PIN atau kunci pola yang kamu gunakan. Di sana kamu akan melihat beberapa Trusted Agents yang bisa kamu gunakan unuk membuka Android kamu. Apa saja yang ditawarkan Smart Lock?

    Trusted devices adalah salah fitur Smart Lock yang akan membuat Android kamu tetap terbukan selama terhubung dengan perangkat lain yang kamu percaya lewat Bluetooth atau NFC. Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang menggunakan perangkat smartwatch, sehingga selama smartphone terhubung dengan smartwatch, maka Android kamu tidak akan terkunci. Tapi saat jauh dari perangkat yang terhubung tersebut, maka Android kamu akan otomatis terkunci.

    Dengan menggunakan akun Google kamu sebagai penyimpan riwayat lokasi, Google dengan cermat menggunakan suatu tempat sebagai lokasi terpercaya, sehingga akan membuat Android kamu tidak terkunci selama ada di lokasi yang terpercaya. Tapi saat jauh dari lokasi tersebut, maka Android kamu akan secara otomatis terkunci. Ini tentu sangat bermanfaat bagi kamu yang sering jalan dan nongkrong bareng teman, sehingga saat nongkrong data kamu akan aman dari keisengan teman kamu. Pun juga sekaligus mengamankan data jika sewaktu-waktu Android kamu dicuri.

    Untuk menggunakan fitur Trusted Places, kamu harus mengatur di lokasi mana saja yang kamu akan atur sebagai lokasi terpercaya. Di sini Jaka menggunakan alamat rumah dan kantor sebagai lokasi terpercaya. Maka selama di rumah dan di kantor, Jaka tidak perlu repot-repot membuka kunci saat akan menggunakan Android milik Jaka.

    Dengan menggunakan kamera depan, perangkat Android kamu akan tetap terbuka selama mengenali wajah kamu. Jika ternyata tidak mengenali wajah kamu, maka kamu diharuskan untuk memasukan kunci jika ingin membuka perangkat Android milikmu. Menariknya, kamu bisa mendaftarkan banyak pose dan bentuk wajah kamu (saat botak, berkumis, berjenggot, kondisi gelap, cahaya terang, dan lainnya) agar smartphone kamu tetap aman hanya jika sedang bersama kamu.

    Google dengan cermat memfungsikan Google Now sebagai salah satu keamanan tingkat lanjut untuk melindungi Android kamu. Saat mengaktifkan Trusted Voice, maka Android kamu akan secara otomatis terbuka jika kamu mengucapkan "OK Google". Menariknya, Trusted Voice hanya akan merespon terhadap suara yang dikenali saat mendaftarkannya saja.

    Untuk mendaftarkan suara kamu di Trusted Voice, kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur "OK Google" detection from any screen. Perlu dicatat, fitur ini hanya akan aktif jika kamu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama di Google.

    Menurut jaka, fitur Smart Lock yang ini merupakan fitur yang paling rentan. Gimana nggak, fitur ini memungkinkan Android kamu tetap terbuka selama sedang digenggam dan bergerak. Bahayanya adalah jika kebetulan Android kamu dipinjam teman saat sedang tidak terkunci, maka selama dia terus gunakan Android kamu tidak akan pernah terkunci. Berabe kan?

    Setelah mengenal bagaimana fungsi dan cara kerja Smart Lock, maka Jaka sarankan kamu untuk menggunakan fitur Trusted Devce dan Trusted Place saja demi keamanan kamu. Tapi jika kamu mau, kamu bisa mencoba fitur Trusted Voice. Cukup akurat pada perangkat yang memiliki ROM ringan dan RAM yang besar.

    Dengan Smart Lock, maka melindungi keamanan smartphone kamu pun semakin seru dan nyaman. Selamat mencoba!

    ARTIKEL TERKAIT

    Sssst, Begini Cara Menyadap Android Pacar Tanpa Root!

    Cara Dapat Akses Root Tanpa Perlu Nge-Root Android Kamu

    APPS TERKAIT
    Locket Lock Screen 2.1.21
    Apps Locket
    CyanLockScreen 1.2
    Apps xastey
    Lock Screen IOS 9 - iPhone 7 2.6
    Apps AppPro IOS Studio
    ES App Locker 1.0
    Apps ES APP Group
    Kembali Keatas