Perbandingan Android KitKat dan Android M

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 09 June 2015, 08:45
Android M lebih baik dibanding Android KitKat mulai dari daya tahan baterai, keamanan, serta dukungan fitur-fitur terbaru.

Android M yang hingga saat ini belum diketahui nama aslinya memang menjadi perbincangan hangat apalagi di kalangan developer dimana Google menyediakan Android M developer preview. Pada versi tersebut tidak hanya developer saja, tetapi banyak yang bisa mencoba Android M pada perangkat Nexus. Android M juga disebut sebagai versi Android lanjutan dan versi yang lebih baik dari sebelumnya yaitu Android 5 Lollipop dan Android 4.4 KitKat. Kalau sebelumnya JalanTikus pernah mengulas mengenai perbedaan Android KitKat dan Lollipop, berikut ini perbandingan Android KitKat dan Android M.

Android KitKat vs Android M

1. Desain

Dalam hal desain sebenarnya tidak jauh beda dengan Android Lollipop ketika memperkenalkan Material Design. Pada Android M diperlihatkan Material Design yang disempurnakan agar terihat lebih flat dan modern.

2. Fitur

Android M memperkenalkan beberapa fitur terbaru yang tentunya pada sistem yang mendukung seperti Android Pay, versi terbaru dari Google Wallet dengan menggunakan NFC.

Android M juga membawakan versi terbaru dari Google Now dengan menghadirkan pencarian yang lebih akurat dan relevan. Selain itu penyempurnaan dibagian app permission juga memudahkan pengguna mengatur secara bebas untuk mengijikan fitur apa saja yang bisa digunakan aplikasi tersebut.

3. Hardware

Android M mendukung sensor fingerprint, prosesor 64-bit, dan juga USB tipe C.

4. Baterai

Pada Android M, Google menyempurnakan Dalvik serta optimalisasi dari versi Lollipop dimana pada Android M diperkenalkan fitur Doze. Doze merupakan sistem penghematan baterai ketika Android dalam keadaan idle atau tidak sedang digunakan. Hal ini tentu saja dapat menghemat baterai dengan maksimal.

Kesimpulannya adalah Android M lebih baik dibanding Android KitKat mulai dari daya tahan baterai, keamanan, serta dukungan fitur-fitur terbaru yang mungkin tidak akan kamu temui di Android KitKat.

Artikel Menarik Lainnya

Kembali Keatas