4 Cara Mengembalikan DM Instagram yang Terhapus | Terbaru dan Paling Mudah!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 29 September 2021, 15:00
Cara mengembalikan DM Instagram yang terhapus bisa kamu lakukan loh. Baca selengkapnya di sini untuk mengembalikan DM Instagram yang penting buat kamu.

Salah satu fitur menarik dari Instagram adalah adanya Direct Message (DM) yang membuat kita bisa bertukar pesan dengan pengguna lain. Namun, adakah cara mengembalikan DM Instagram yang terhapus? Apalagi kalau DM itu penting.

Mungkin karena suatu hal kamu nggak sengaja menghapus chat DM Instagram dan langsung berusaha mencari cara untuk mengembalikan chat tersebut.

Sebelumnya, Jaka pernah membahas tentang cara mengetahui password Instagram. Kali ini, Jaka bakal memberitahu cara mengembalikan DM Instagram yang terhapus.

1. Mengembalikan DM yang Terhapus Melalui Data Instagram

Saat kamu menghapus pesan di Instagram, pesan itu dihapus dari perangkat kamu. Namun, datanya masih disimpan di server Instagram.

Jadi, Instagram menawarkan fitur di mana kamu dapat mengunduh semua data di Instagram langsung ke penyimpanan lokal smartphone kamu.

Data ini termasuk pesan, foto, video, dll. Setelah itu, kamu dapat menggunakan data ini untuk memulihkan pesan yang dihapus. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi browser kamu dan kunjungi halaman web Instagram. Jangan menggunakan aplikasi Instagram di sini karena cara ini hanya berhasil jika lewat web.

    ADVERTISEMENT
  2. Klik pada ikon Profile di sudut kanan atas layar kamu. Selanjutnya, klik ikon Settings.

  3. Pilih Privacy and Security dari jendela pop-up. Selanjutnya, gulir ke bawah sedikit untuk menemukan Download Data.

  4. Pilih Request Download. Instagram akan meminta kamu untuk memverifikasi identitas, jadi klik Login in Again dan masukkan password kamu.

  5. Masukkan alamat email dan kamu akan menerima tautan link ke file dengan foto, komentar, informasi profil, dan data lainnya di Instagram. Klik Next.

  6. Masukkan password kamu dan klik Request Download sekali lagi. Instagram sekarang akan mengirimkan email yang berisi data-data akun kamu.

  7. Buka inbox email dan kamu akan menemukan email dengan subjek Your Instagram Data. Buka email tersebut dan klik tombol Download Data. Data kamu kemudian akan di-download sebagai file ZIP ke penyimpanan kamu.

  8. Ekstrak file hasil download tadi. Buka folder yang sudah di ekstrak dan kamu akan menemukan file messages.json. Untuk melihat file .JSON kamu harus menggunakan text editor.

  9. Sekarang kamu dapat melihat semua pesan yang kamu kirim atau terima di Instagram. Pulihkan pesan yang kamu inginkan dari file tersebut.

2. Mengembalikan DM Instagram yang Terhapus Melalui Akun Facebook yang Terhubung

Ketika Facebook membeli Instagram pada tahun 2012, menjadikan Instagram bagian dari Facebook sehingga akun Instagram juga terhubung dengan akun Facebook kamu.

Jadi, ketika kamu secara gak sengaja menghapus atau kehilangan beberapa pesan Instagram yang penting, kamu bisa mengembalikannya dengan bantuan dari Facebook. Untuk itu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka browser kamu dan kunjungi halaman web Facebook. Jangan gunakan aplikasi Facebook atau aplikasi Facebook lite di sini. Kamu harus menggunakan situs web Facebook.

  2. Masuk dengan akun kamu yang terhubung dengan akun Instagram kamu.

  3. Sekarang pergi ke kotak masuk Facebook kamu.

  4. Klik ikon Instagram Direct.

  5. Buka tab tersebut dan kamu dapat melihat semua DM Instagram kamu di sini.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memulihkan DM Instagram

Ada banyak aplikasi mengembalikan DM IG yang terhapus yang dapat membantu kamu memulihkan pesan Instagram yang dihapus dengan mudah.

Alat ini menggunakan file cache dari perangkat Android atau iPhone kamu untuk mendapatkan kembali pesan yang terhapus.

Menggunakan aplikasi ini juga sangat sederhana. Kamu hanya harus mengikuti instruksi dibawah yang mudah dimengerti. Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik untuk mengembalikan DM Instagram yang terhapus.

1. Fonelab untuk Android (Cara Mengembalikan DM Instagram yang Dihapus di Android)

Fonelab adalah perangkat lunak pemulihan data android yang luar biasa dan tersedia untuk komputer Windows dan Mac.

Kamu bisa menggunakan alat ini untuk memulihkan pesan yang dihapus dari Instagram. Gak hanya itu, kamu juga dapat memulihkan pesan yang dihapus dari beberapa aplikasi lain juga.

Kamu juga bisa memulihkan foto, video, file audio, kontak, pesan, riwayat panggilan, WhatsApp, dokumen dari perangkat kamu.

Kelebihan Fonelab:

Kekurangan Fonelab:

Detail Fonelab
Developer Fonelab Studio
OS Minimal Android 4.0.3 ke atas
Ukuran Beragam Berdasarkan Perangkat

>>> Download Fonelab resmi versi terbaru di sini<<<

2. U.Fone untuk iPhone (Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus di iPhone)

U.Fone untuk iPhone adalah perangkat lunak pemulihan data iPhone yang terkenal dan tersedia untuk digunakan pada Windows dan Mac.

Alat ini dapat memulihkan semua data berharga kamu dari iPhone atau iPad. Kamu bisa dengan mudah menggunakannya untuk mengembalikan pesan Instagram yang terhapus.

Dan juga kamu bisa mengembalikan file lainnya seperti foto, video, kontak, pesan teks, catatan, WhatsApp, dan lainnya dari perangkat iOS.

Kelebihan U.Fone:

Kekurangan U.Fone:

Detail U.Fone
Developer U.Fone Studio
OS Minimal iPhone 3S ke atas
Ukuran Beragam Berdasarkan Perangkat

>>> Download U.Fone resmi versi terbaru di sini <<<

3. Dr. Fone by Wondershare untuk Android

Dr. Fone oleh Wondershare adalah salah satu aplikasi yang populer recovery data Android. Kamu dapat menggunakannya di Windows dan Mac.

Kompatibel dengan Android 10 dan Android 9, dan semua versi Android di bawahnya. Aplikasi ini sangat membantu untuk memulihkan data yang hilang karena penghapusan yang gak disengaja, kesalahan rooting, pemformatan, pengaturan ulang pabrik, kerusakan sistem, serangan virus, dll.

Kamu bisa menggunakannya untuk mengembalikan foto, video, kontak, pesan teks, riwayat panggilan, WhatsApp, dan dokumen yang terhapus dari perangkat Android.

Kelebihan Dr. Fone oleh Wondershare:

Kekurangan Dr. Fone oleh Wondershare:

Detail Dr. Fone
Developer WONDERSHARE TECHNOLOGY CO., LIMITED
OS Minimal Android 8.0 ke atas
Ukuran 8.0MB

>>> Download Dr. Fone via Play Store di sini <<<

>>> Download Dr. Fone oleh Wondershare untuk PC atau laptop di sini <<<

4. iMyFone D-Back untuk iPhone

iMyFone D-Back adalah aplikasi yang sangat berguna untuk mendapatkan kembali data kamu yang hilang dari perangkat iOS.

Kamu bisa menggunakannya memulihkan pesan DM Instagram kamu yang terhapus dengan mudah. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac.

Kamu juga bisa memulihkan foto, video, pesan, kontak, log panggilan, WhatsApp, Viber, WeChat, Kik, Line, dan lainnya dari iPhone/ iPad/iPod.

Kelebihan iMyFone D-Back:

Kekurangan iMyFone D-Back:

Detail iMyFone D-Back
Developer U.Fone Studio
OS Minimal iOS 9 ke atas
Ukuran Beragam Berdasarkan Perangkat

>>> Download iMyFone D-Back resmi versi terbaru di sini <<<

4. Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Metode ini merupakan yang paling mudah dan sederhana untuk mendapatkan kembali obrolan dengan siapa pun, yakni dengan meminta lawan bicara mengirim ulang DM yang terkirim.

Kamu bisa meminta pengirimnya memoto atau men-screenshot chat dan mengirimkannnya kepada kamu. Kamu harus menjelaskan kepada mereka alasan mengapa kamu kehilangan chat DM tersebut.

Ketika gak ada metode di atas yang berfungsi, cara terakhir ini yang akan mennyelesaikan masalah kamu.

Akhir Kata

Itu dia cara mengembalikan DM Instagram yang terhapus dengan mudah yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi atau tanpa aplikasi, geng.

Kamu gak perlu lagi bingung bagaimana mengembalikan DM Instagram yang terhapus. Selamat mencoba, geng!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mengubah Font Instagram Terbaru 2020 | Bio, Caption, & Story!

13 Fitur Instagram Terbaru 2023, Wajib Coba Biar Makin Hits!

87 Bio Instagram Keren, Singkat, dan Berkelas 2024, Followers Auto Nambah!

3 Cara Download Live Instagram Orang Lain & Sendiri Paling Mudah

Kembali Keatas